fbpx

8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui Agar Lancar

8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui agar Lancar

Proses melahirkan adalah momen yang ditunggu oleh ibu hamil. Tak jarang pula para ibu merasa tegang menjelang melahirkan. Itulah sebabnya, mengetahui tips melahirkan normal adalah hal penting bagi setiap ibu.

Hal itu bertujuan agar ibu dapat mempersiapkan diri sejak masa kehamilan awal demi menjaga kesehatan dirinya dan sang buah hati dalam kandungan.

Nah, untuk mengetahui beberapa tips melahirkan normal, baca artikel ini sampai habis!

Tanda-Tanda akan Melahirkan

tips melahirkan normal

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai tips melahirkan normal, sebaiknya pahami dulu tanda-tanda menjelang persalinan. Berikut ini adalah beberapa tanda akan melahirkan yang perlu ibu perhatikan.

  • Munculnya Braxton Hicks atau kontraksi palsu yang berlangsung selama 30-120 detik.
  • Timbulnya rasa nyeri pada punggung, kram, dan sakit perut.
  • Ibu sulit tidur di malam hari.
  • Pecahnya air ketuban.
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Tips Melahirkan Normal untuk Ibu Hamil

Menjelang momen persalinan, ibu tentu ingin melahirkan secara normal dengan lancar dan terhindar dari berbagai risiko. Itulah sebabnya, ibu perlu menjaga kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa tips melahirkan normal untuk ibu hamil agar persalinan lancar.

1. Menstimulasi Produksi Hormon

Salah satu tips melahirkan normal agar lancar adalah dengan menstimulasi produksi hormon. Cara ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara, antara lain.

  • Mengonsumsi makanan gurih dan pedas untuk merangsang sistem pencernaan. Akan tetapi, jangan makan berlebihan agar tidak terjadi gangguan pencernaan.
  • Mengonsumsi teh raspberry pada trimester terakhir untuk membantu memperkuat rahim. 

Sebagai catatan, saat hendak mengonsumsi makanan dan minuman di atas, sebaiknya konsultasi terlebih dulu ke dokter terkait keamanannya. Hal ini dilakukan demi menghindari efek samping atau risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga  Korset Terbaik untuk Kurus, Mana Pilihanmu?

2. Memperbanyak Jalan Kaki

tips melahirkan normal

Tips melahirkan normal agar lancar berikutnya adalah ibu perlu memperbanyak berjalan kaki dengan santai. Jalan kaki bermanfaat untuk merangsang posisi bayi agar segera masuk ke jalan lahir.

Ibu bisa berjalan santai dengan perlahan-lahan dan minta ditemani orang terdekat agar lebih aman. Selain itu, jangan berjalan kaki terlalu jauh, untuk menghindari terjadinya kontraksi yang tiba-tiba.

3. Melatih Relaksasi

tips melahirkan normal

Tips melahirkan normal untuk ibu hamil selanjutnya adalah melatih relaksasi dan pernapasan. Ibu bisa berlatih dengan posisi duduk di atas balon karet besar. 

Selain itu, ibu juga dapat mengayun perlahan-lahan untuk membantu pergerakan bayi ke jalan lahir secara alami. Sebagai catatan, pastikan ibu melakukannya bersama instruktur agar proses relaksasi lebih aman.

4. Melakukan Pijat Perineum

tips melahirkan normal

Pijat perineum juga tergolong sebagai tips yang bermanfaat untuk melancarkan proses melahirkan normal. Pijat ini bisa dilakukan saat memasuki minggu ke-34. Proses pemijatan sendiri dilakukan di antara pembukaan vagina dan anus menggunakan minyak almond manis atau minyak gandum.

Tujuan pijat perineum adalah membantu mencegah rasa sakit saat proses melahirkan, meningkatkan kepercayaan diri ibu hamil, dan membuat ibu lebih rileks saat mendorong bayi keluar.

5. Mandi Air Hangat

tips melahirkan normal

Tips menjelang persalinan normal agar lancar lainnya adalah mandi air hangat. Cara ini bermanfaat untuk membuat tubuh ibu lebih rileks. Di samping itu, ibu juga dapat mandi air hangat menjelang istirahat agar tidur lebih nyenyak dan memperbaiki kualitasnya.

6. Menggunakan Aromaterapi atau Minyak Jarak

Tips menjelang melahirkan normal untuk ibu hamil juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aromaterapi atau minyak jarak. Cara ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh, mengurangi rasa cemas, sakit, mual, dan membuat tubuh ibu lebih rileks.

Baca Juga  Cara Mempercepat Proses Persalinan dengan Aman Tanpa Obat

Adapun beberapa rekomendasi minyak aromaterapi yang bisa merilekskan tubuh ibu adalah aroma bunga lavender serta chamomile. Selain itu, ibu juga dapat menggunakan minyak jarak.

7. Berolahraga Khusus Ibu Hamil

tips melahirkan normal

Tips persalinan normal agar lancar selanjutnya adalah melakukan olahraga khusus ibu hamil. Hal ini berfungsi untuk melatih beberapa gerakan agar proses melahirkan lebih lancar. Adapun beberapa rekomendasi olahraga khusus ibu hamil adalah.

  • Senam ibu hamil untuk memperkuat otot panggul, melenturkan area uterus, membantu kontraksi rahim lebih efektif, hingga memberikan simulasi seputar proses melahirkan.
  • Latihan kegel untuk membantu memperkuat otot dasar panggul dan meningkatkan elastisitas beberapa organ, seperti usus, kandung kemih, dan rahim.
  • Melakukan yoga untuk membantu meredakan rasa tegang dan melatih pernapasan.

8. Melakukan Hipnosis

Tips melahirkan normal yang terakhir adalah melakukan hipnosis atau relaksasi. Hipnosis sendiri termasuk sebagai salah satu jenis terapi relaksasi mendalam yang bisa dilakukan oleh ibu hamil.

Tujuan hipnosis adalah membantu ibu agar merasa lebih nyaman, mengurangi rasa cemas, serta membuat proses persalinan semakin lancar.

Penutup

Itulah sederet informasi mengenai tips melahirkan normal untuk ibu hamil agar proses persalinan lancar. Dengan melakukan beberapa tips di atas, ibu bisa mempersiapkan diri secara lebih matang sebelum persalinan dan menjaga tubuh agar tetap rileks.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi tentang kehamilan dan persalinan, kamu bisa membacanya di blog New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?