fbpx

Tanda-tanda Kehamilan Yang Perlu di Ketahui Oleh Calon Ibu

Tanda-tanda Kehamilan Yang Perlu di Ketahui Oleh Calon Ibu

Tanda-tanda kehamilan yang terjadi di tubuh seorang wanita tentunya berbeda-beda  dan beragam satu sama lain. Ada banyak tanda-tanda kehamilan yang harus dipahami dan diperhatikan. Seperti yang kita ketahui bahwa kehamilan adalah menjadi sebuah momen yang ditunggu oleh keluarga yang baru saja menikah ataupun yang ingin merencanakan untuk memiliki calon buah hati. Namun, bagi seorang perempuan yang baru pertama kali merasakannya, ia biasanya tidak sadar bahwa dia sedang mengandung atau hamil.

Maka dari itu penting bagi seorang wanita untuk mengenalinya tanda umum yang akan terjadi supaya dapat segera memeriksa kondisi kehamilan dan memastikan janin yang ada di kandungan sehat.

Tanda-tanda Kehamilan Umum Yang Terjadi

Tidak hanya dapat dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan seperti test pack, tanda-tanda kehamilan juga bisa diidentifikasi melalui perubahan fisik dan emosi yang dialami. Setiap tanda memiliki penjelasan yang berbeda-beda dan penting untuk diperhatikan. 

Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai setiap tanda-tanda kehamilan tersebut, diantaranya:

1. Terlambat Menstruasi

tanda-tanda kehamilan

Hal yang umum terjadi sebagai salah satu tanda kehamilan yaitu terlambat menstruasi. Apabila awalnya memiliki siklus menstruasi yang teratur dan seketika tidak menstruasi ataupun telat datang bulan maka itu bisa menjadi pertanda awal bahwa kamu sedang hamil. 

Namun, terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi selain kehamilan, seperti stres, diet yang buruk, atau masalah kesehatan tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Oleh karena itu, jika mengalami terlambat menstruasi atau ada hal yang mencurigai, maka segera periksa diri anda ke dokter.

2. Sering Buang Air Kecil

tanda-tanda kehamilan

Yang kedua yaitu sering buang air kecil adalah tanda-tanda kehamilan yang tanpa disadari oleh kebanyakan orang. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan, yaitu hormon human chorionic gonadotropin (hCG), mempengaruhi kerja kandung kemih.

Baca Juga  Penyakit Tiroid pada Kehamilan: Apa yang Harus Dilakukan?

Selain itu, rahim yang semakin membesar selama kehamilan juga dapat menekan kandung kemih dan menyebabkan rasa ingin buang air kecil yang lebih sering. Terutama pada trimester pertama kehamilan, ketika kandungan masih kecil dan berada di bawah kandung kemih.

3. Payudara Membesar

Perubahan yang paling kelihatan di tubuh yaitu payudara semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Hal ini terjadi karena selama kehamilan, tubuh mempersiapkan diri untuk menyusui bayi yang akan lahir. Kelenjar susu akan semakin berkembang dan memproduksi ASI (air susu ibu) dalam jumlah yang lebih banyak.

4. Mual dan Muntah

tanda-tanda kehamilan

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya ada mual dan muntah, situasi ini terjadi selama trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness), tetapi bisa terjadi juga pada siang atau malam hari. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

5. Perubahan Mood

Mood yang dialami oleh wanita hamil berbeda-beda. Beberapa wanita hamil dapat merasa lebih sensitif atau mudah tersinggung, mudah merasa lelah, cemas, stres, atau depresi. Beberapa wanita mungkin juga mengalami perubahan mood yang lebih serius seperti gangguan bipolar atau depresi klinis. Perubahan mood yang terjadi selama kehamilan biasanya akan mereda seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan setelah melahirkan.

6. Sensitif Terhadap Penciuman

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami peningkatan sensitivitas indra penciuman mereka. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh, terutama peningkatan kadar hormon estrogen. Hormon ini dapat meningkatkan aliran darah ke selaput lendir hidung, sehingga meningkatkan sensitivitas penciuman dan membuat bau terasa lebih kuat dan tajam.

Kesimpulan

Mengenali tanda-tanda kehamilan yang muncul dapat membantu calon ibu untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk menghadapi perubahan besar dalam hidupnya. Namun, perlu diingat bahwa tanda-tanda kehamilan tidak selalu sama pada setiap wanita, dan tidak semua wanita mengalami semua tanda tersebut. Jika kamu mengalami gejala yang mencurigakan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan memastikan kesehatan janin serta kesehatan ibu selama kehamilan.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Minggu Pertama yang Terlihat

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?