fbpx

8 Makanan Ibu Menyusui agar BAB Bayi Lancar & Cegah Sembelit

8 Makanan Ibu Menyusui agar BAB Bayi Lancar & Cegah Sembelit

Bayi yang mengalami BAB tidak lancar tentu akan membuat perutnya terasa tidak nyaman. Kondisi tersebut bisa terjadi karena mengalami dehidrasi atau kurangnya asupan ASI. Maka dari itu, mengonsumsi makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar bisa membantu mendukung kelancaran ASI.

Sebab, pada bayi yang baru lahir, ASI adalah sumber makanan utama bagi si kecil. Oleh sebab itu, ibu perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar, simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Penyebab Sembelit pada Bayi

Sembelit atau BAB tidak lancar bukan hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa menyerang bayi. Kondisi ini tentu akan membuat si kecil merasa tidak nyaman, hingga lemas.

Adapun beberapa penyebab sembelit pada bayi adalah sebagai berikut:

  • Si kecil kekurangan cairan dalam tubuh.
  • Bayi mengonsumsi susu formula. Pasalnya, bayi yang baru lahir dan mengonsumsi ASI secara rutin jarang mengalami sembelit atau tidak lancar BAB. Maka dari itu, si kecil yang mengonsumsi susu formula cenderung rentan mengalami sembelit.
  • Proses perubahan asupan makanan, dari ASI menjadi makanan yang lebih padat. Hal ini membuat si kecil butuh menyesuaikan pengolahan dalam sistem pencernaannya.
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan.

Bayi yang mengalami sembelit atau tidak lancar buang air besar umumnya akan menunjukkan gejala tertentu, seperti terus menangis, frekuensi BAB berkurang dan feses mengeras, hingga perutnya terasa keras. Maka dari itu, ketika si kecil mengalami sembelit ibu perlu segera mengatasinya.

Makanan Ibu Menyusui agar BAB Bayi Lancar

Salah satu cara yang bisa ibu lakukan untuk mencegah bayi mengalami sembelit adalah memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Sebab, makanan yang ibu konsumsi bisa memberikan nutrisi pada ASI. Adapun sejumlah makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Tanda Denyut Jantung Janin Normal Berdasarkan Usia Kehamilan

1. Pepaya

Salah satu rekomendasi makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar adalah pepaya. Buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah sembelit pada bayi, hingga mengatasi perut kembung. Untuk mengonsumsi pepaya, ibu bisa memakannya langsung, membuat salad buah, maupun menjadikannya jus.

2. Apel

Apel adalah jenis buah yang kaya kandungan serat larut maupun tidak larut, sehingga bermanfaat untuk melunakkan tinja serta mencegah konstipasi. Di samping mengandung serat, apel juga memiliki kandungan vitamin C.

Nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu maupun si kecil. Untuk memperoleh manfaat tersebut, ibu bisa menyantap apel langsung, membuat salad, menambahkan dalam oatmeal, maupun menjadikannya sebagai jus.

3. Oatmeal

Rekomendasi makanan busui agar bayi lancar buang air besar lainnya adalah oatmeal. Makanan tersebut mengandung serat larut yang bermanfaat untuk membantu melunakkan tekstur tinja, membuat kotoran dalam tubuh lebih mudah keluar, hingga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Untuk mengonsumsi oatmeal, ibu bisa memadukannya dengan makanan lainnya, seperti granola, buah-buahan, yoghurt, hingga kacang almond.

4. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang bisa membantu melancarkan BAB bayi. Pasalnya, sayuran hijau memiliki kandungan serat tinggi, sehingga kinerja organ pencernaan lebih optimal dan mendukung kelancaran sistem ekskresi.

Di samping mengandung serat, brokoli juga memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar air dalam usus serta mendukung pergerakan usus. Brokoli juga bisa ibu konsumsi dalam bentuk sayur olahan maupun smoothies bersama buah-buahan.

5. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI dan melancarkan buang air besar pada bayi. Sebab, telur memiliki kandungan protein yang bisa mendorong kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga  Ciri Janin Berkembang Menandakan Pertumbuhan yang Sehat

Namun, pastikan agar ibu mengonsumsi telur yang benar-benar matang, karena telur yang belum matang berisiko mengandung bakteri, sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh.

6. Kacang Almond

Rekomendasi makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar lainnya adalah kacang almond. Makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan busui maupun bayi, salah satunya adalah serat.

Nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang berfungsi untuk mendukung kesehatan usus, melunakkan tekstur tinja, hingga meningkatkan pergerakan usus. Dengan begitu, bayi akan lebih lancar BAB. Itulah mengapa, kacang almond bisa menjadi camilan sehat bagi busui.

7. Ikan Salmon

makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar selanjutnya adalah ikan salmon. Jenis ikan satu ini juga mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk meningkatkan kualitas ASI dan mencegah sembelit pada si kecil. Pasalnya, serat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan kinerja usus, sehingga dapat melunakkan feses serta melancarkan buang air besar.

8. Yoghurt

Jenis makanan ibu menyusui agar bayi lancar buang air besar yang terakhir adalah yoghurt. Makanan ini adalah hasil fermentasi dari susu yang mengandung probiotik untuk membantu melancarkan buang air besar. Pasalnya, probiotik dapat berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri dalam sistem pencernaan, sehingga kinerja organ pencernaan lebih maksimal.

Penutup

Demikian informasi lengkap seputar makanan ibu menyusui agar BAB bayi lancar yang bisa dikonsumsi. Pada dasarnya, bayi bisa mengalami sembelit apabila dehidrasi maupun kekurangan asupan ASI.

Maka dari itu, asupan makanan ibu sangat penting untuk mendukung kelancaran buang air besar bayi. Di samping itu, ibu juga bisa memeriksakan si kecil ke dokter untuk memperoleh asupan yang tepat. Jadi, yuk cegah bayi mengalami sembelit bersama  New Life!

Baca Juga  3 Dampak Baby Blues Terhadap Kesehatan Bayi dan Ciri-cirinya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?