fbpx

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Ini Cara Menghilangkannya

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Ini Cara Menghilangkannya

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh wanita adalah munculnya stretch mark. Kondisi ini memang tidak berbahaya, tetapi sejumlah wanita tentu akan merasa terganggu dengan kemunculannya. Lantas, apakah stretch mark bisa hilang?

Pada dasarnya, stretch mark tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi dapat memudar. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apakah stretch mark bisa hilang dan cara mengatasinya, baca artikel berikut ini!

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang?

Pada umumnya, kulit adalah bagian dari tubuh manusia yang memiliki keelastisitasan tertentu. Hal ini terjadi karena adanya kolagen pada kulit. Jadi, jika kadar kolagen menurun,  kulit bisa terasa kencang dan muncul kerutan halus.

Hal ini kerap terjadi pada beberapa area tubuh, seperti pantat, perut, maupun paha. Penyebabnya pun beragam, seperti kehamilan, naiknya berat badan, hingga kekurangan kolagen. Lantas, apakah stretch mark bisa hilang? Umumnya, stretch mark yang muncul pada tubuh, baik berwarna putih maupun merah tak dapat 100% hilang.

Meski begitu, guratan halus ini bisa disamarkan dengan sejumlah cara, baik secara alami maupun bantuan medis. Selain itu, perubahan gaya hidup juga dapat membantu memudarkan stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Meski tak dapat hilang sepenuhnya, kamu tak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menyamarkan stretch mark. Adapun beberapa cara menghilangkan stretch mark adalah sebagai berikut.

1. Laser

Salah satu cara menghilangkan guratan halus pada kulit adalah menggunakan terapi laser. Prosedur ini berfungsi dalam berbagai perawatan kulit untuk meningkatkan kadar elastin dan kolagen, memperbaiki struktur kulit, serta melakukan regenerasi sel kulit.

2. Mikrodermabrasi

Cara menyamarkan stretch mark juga dapat kamu lakukan lewat prosedur mikrodermabrasi. Tujuan dari prosedur ini, yaitu untuk eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati, sehingga dapat merangsang pertumbuhan lapisan kulit baru. Selain untuk mengatasi stretch mark, prosedur ini juga bisa digunakan sebagai perawatan wajah.

Baca Juga  Bayi Terlilit Tali Pusar Pertanda Bayi Kembar?

3. Microneedling

Cara menyamarkan stretch mark lainnya adalah menggunakan metode microneedling. Metode ini dilakukan dengan memanfaatkan alat dermaroller dan jarum-jarum kecil. Tujuannya adalah untuk memunculkan titik-titik luka halus pada permukaan kulit. Selain itu, metode ini juga berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit, serta merangsang produksi elastin dan kolagen.

4. Menggunakan Krim Asam Hialuronat

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya adalah memanfaatkan krim Asam Hialuronat (HA). Pada dasarnya, asam hialuronat berperan dalam mendorong produksi kolagen dalam tubuh, sehingga bisa membantu memudarkan stretch mark. Akan tetapi, saat hendak menggunakan krim ini, sebaiknya konsultasi terlebih dulu ke dokter untuk memastikan keamanannya, termasuk ketika sedang hamil maupun menyusui.

5. Menggunakan Krim Retinoid

Cara menyamarkan stretch mark selanjutnya adalah menggunakan krim retinoid. Krim tersebut mengandung vitamin A yang berperan dalam menjaga kulit agar tetap halus dan meningkatkan produksi kolagen. Akan tetapi, bagi wanita yang tengah hamil maupun menyusui, sebaiknya hindari penggunaan krim ini karena dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

Selain itu, saat berencana untuk menggunakan krim retinoid, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu dokter kulit agar memperoleh resep obat yang tepat, sehingga kamu dapat menghindari berbagai risiko.

6. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon juga bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang stretch mark alami. Sebab, kandungan asam dalam lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melembapkannya. Untuk mengaplikasikannya, kamu dapat merendam kapas ke dalam air perasan lemon, lalu tempelkan ke kulit selama 10 menit.

7. Pasta Kunyit

Selain berguna sebagai bumbu penyedap, kunyit ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hal ini karena bumbu dapur ini mengandung kurkumin yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami penghilang stretch mark.

Baca Juga  Rekomendasi Korset Terbaik untuk Perut Buncit, Yuk Simak!

Sebelum menggunakannya, kamu dapat mencampurkan bubuk kunyit dan air secukupnya sampai mendapat kekentalan sesuai keinginan. Setelah itu, balurkan pada kulit dan tunggu terlebih dulu paling tidak selama 15 menit, kemudian bilas.

8. Gula

Gula juga termasuk sebagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai scrub untuk menghilangkan kerutan halus pada kulit. Bahan dapur ini dikenal cukup efektif untuk dijasikan scrub atau eksfoliasi kulit. Tujuannya adalah untuk membantu mengatasi kulit kusam dan memudarkan garis-garis halus yang muncul di permukaan kulit.

Adapun cara membuat scrub gula adalah mencampurkan ½ cangkir gula dan minyak kelapa secukupnya, lalu aduk sampai rata. Setelah itu, oleskan pada kulit sembari memijatnya lembut. Untuk hasil maksimal, kamu dapat menggunakannya sebanyak 2 hingga 3 kali per minggu.

Penutup

Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan, apakah stretch mark bisa hilang sepenuhnya atau tidak, Anda tentu bisa memahami cara menanganinya dengan benar. Selain menerapkan sejumlah tips di atas, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk membantu mengatasi stretch mark.

Selain itu, masalah tersebut juga bisa kamu atasi dengan bantuan korset New Life karena terbuat dari bahan berkualitas sehingga nyaman digunakan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperolehnya dengan mudah lewat laman New Life Official Store!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?