fbpx

8 Cara Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui, Pompa ASI!

8 Cara Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui, Pompa ASI!

Saat menyusui, payudara bisa mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat terjadi ketika terdapat masalah di salah satu jaringan utama payudara. Alhasil, proses menyusui pun berisiko terhambat karena rasa nyeri yang timbul di area payudara. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui adalah hal penting.

Sebab, bayi membutuhkan nutrisi dari ASI yang tersimpan dalam saluran susu. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan cara mengobati payudara bengkak saat menyusui, yuk simak selengkapnya dalam bacaan berikut ini!

Penyebab Payudara Bengkak saat Menyusui

Payudara bengkak adalah kondisi yang rentan terjadi pada wanita, utamanya saat memasuki masa menyusui. Kondisi pembengkakan payudara ini dapat terjadi karena sejumlah faktor. Adapun beberapa penyebab payudara bengkak saat menyusui adalah sebagai berikut.

  • Adanya infeksi jaringan payudara atau mastitis laktasi. Kondisi ini terjadi ketika adanya bakteri yang masuk ke dalam saluran susu melalui puting yang terluka.
  • Sesi menyusui cenderung tidak teratur.
  • Produksi ASI yang melebihi kapasitas asupan makanan bayi, sehingga memicu penumpukan susu dalam payudara.
  • Terdapat sisa-sisa ASI di area payudara. Kondisi ini bisa terjadi karena posisi bayi yang kurang tepat saat sedang menyusu.
  • Mengalami inflamasi.

Nah, ketika mengalami pembengkakan payudara, ibu mungkin akan merasakan sejumlah gejala. Misalnya adalah payudara yang terasa kencang dan keras, cenderung sensitif dan hangat saat disentuh, hingga payudara terasa berat dan penuh. Saat mengalami beberapa kondisi ini, sebaiknya lekas periksakan diri ke dokter untuk membantu menangani pembengkakan payudara.

Cara Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui

Saat ibu baru melahirkan anak pertama, menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru, seperti menyusui mungkin adalah hal yang sulit dan membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini tak jarang bisa memicu gangguan pada payudara, seperti pembengkakan. Sayangnya, pembengkakan payudara justru dapat mengganggu proses menyusui. Maka dari itu, agar lekas mereda, ibu pun perlu segera mengobatinya.

Baca Juga  6 Cara Memperbanyak ASI saat Masih Hamil, Jaga Pola Makan!

Adapun beberapa cara mengobati payudara bengkak saat menyusui adalah sebagai berikut.

1. Rajin Menyusui dan Memompa ASI

Salah satu cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui adalah dengan mengosongkannya. Cara ini bisa ibu lakukan dengan rajin menyusui bayi maupun memompa ASI. Adapun aturan menyusui pada bayi adalah sekitar 8-12 kali per hari. Di sisi lain, ibu juga dapat mengeluarkan ASI secara teratur menggunakan pompa ASI manual maupun listrik, lalu menyimpannya ke dalam freezer.

2. Memastikan Posisi Bayi saat Menyusu Sudah Tepat

Cara mengatasi payudara bengkak pada busui juga bisa ibu terapkan dengan memosisikan bayi dengan tepat saat menyusu. Cara ini bertujuan untuk memastikan bahwa ASI bisa tersalurkan dengan baik pada bayi. Selain itu, ibu juga perlu mengganti posisi menyusui si kecil untuk mengurangi pembengkakan payudara.

3. Menyapih Perlahan-lahan

Apabila sudah memasuki masa MPASI atau berhenti menyusu, ibu juga bisa mulai menyapih si kecil secara perlahan-lahan. Cara ini bisa ibu lakukan dengan mengurangi pemberian ASI sedikit demi sedikit. Hal ini bisa membantu mengurangi produksi ASI dan menghindari pembengkakan payudara.

4. Kompres Payudara

Cara mengatasi payudara bengkak pada busui berikutnya adalah memberikan kompres pada payudara. Ibu bisa menggunakan handuk yang direndam ke dalam air hangat. Fungsinya adalah untuk membantu meredakan rasa nyeri serta mengendurkan ketegangan otot. Ibu juga dapat menggunakan air hangat ini untuk berendam maupun mandi.

Selain menggunakan air hangat, ibu juga bisa memanfaatkan air dingin maupun es batu yang dibungkus dengan handuk. Ibu bisa menempelkannya di area payudara yang bengkak. Apabila ibu memiliki tas ASI, ice gel di dalamnya juga bisa membantu meredakan pembengkakan payudara.

Baca Juga  5 Tanda Air Ketuban Pecah dan Cara Menanganinya yang Tepat

5. Pijat Payudara

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui juga bisa ibu lakukan dengan memijat payudara. Ibu dapat melakukan pijatan payudara selama menyusui untuk membantu mendorong keluarnya ASI. Pijatan ini juga berperan untuk mengurangi penyumbatan saluran susu. Ibu juga bisa memanfaatkan minyak esensial untuk memberikan kenyamanan pada payudara dan mengurangi pembengkakannya.

6. Menggunakan Bra yang Nyaman

Cara mengobati payudara bengkak saat menyusui selanjutnya adalah menggunakan bra yang nyaman. Cara ini dapat membantu mengurangi tekanan dan rasa nyeri di area payudara. Ibu bisa menghindari penggunaan bra berkawat. Selain itu, pilih bra yang terasa nyaman saat tidur untuk membantu menyangga payudara. 

Di samping itu, ibu juga bisa memakai bra khusus olahraga. Pasalnya, jenis bra ini dapat membantu mengurangi tekanan serta memberikan topangan pada payudara. Pastikan pula bahwa bra yang ibu kenakan memiliki ukuran pas.

7. Menjaga Pola Makan dan Minum

Asupan makanan dan minuman sehari-hari juga bisa memengaruhi pembengkakan di area payudara, lho. Itulah sebabnya, untuk membantu meredakannya, ibu perlu menjaga pola makan dan minuman sehari-hari. Pastikan ibu menghindari asupan makanan yang tinggi lemak dan tinggi garam, misalnya adalah gorengan. Di sisi lain, ganti dengan asupan sayuran dan buah-buahan. Sementara itu, kurangi pula minuman yang mengandung kafein, seperti cokelat, teh, maupun kopi.

8. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Ibu bisa memeriksakan diri ke dokter terlebih dulu untuk mengetahui penyebabnya. Setelah itu, dokter umumnya akan memberikan sejumlah resep obat, termasuk obat pereda nyeri. Obat ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri di area payudara. Dengan begitu, ibu bisa menyusui bayi secara nyaman.

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui, Kompres Hangat!

Penutup

Itulah berbagai penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Hal ini bisa terjadi ketika adanya penumpukan ASI dalam payudara, sehingga memicu pembengkakan. Nah, selain melakukan perawatan rumahan, ibu juga perlu memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Maka dari itu, yuk selalu pastikan kondisi kesehatan ibu menyusui bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?