fbpx

6 Cara Memperbanyak ASI saat Masih Hamil, Jaga Pola Makan!

6 Cara Memperbanyak ASI saat Masih Hamil, Jaga Pola Makan!

Pada saat masih hamil, moms bukan hanya perlu menyiapkan diri untuk melahirkan, tetapi juga harus mengupayakan perbanyak ASI. Pasalnya, ASI atau Air Susu Ibu sudah mulai diproduksi sejak trimester ketiga kehamilan. Itulah mengapa, mengetahui cara memperbanyak ASI saat masih hamil adalah hal penting.

Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produksi ASI dan menjaga kualitasnya agar dapat menunjang kebutuhan bayi nantinya. Nah, untuk memahami lebih lanjut seputar cara memperbanyak ASI saat masih hamil, yuk simak artikel berikut ini!

Cara Memperbanyak ASI saat Masih Hamil

ASI adalah sumber nutrisi utama bagi bayi setelah lahir. Nah, ASI ini telah bisa Bunda produksi semenjak masih hamil, yaitu pada trimester ketiga. Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, Bunda perlu melakukan sejumlah cara. Adapun beberapa cara memperbanyak ASI saat masih hamil adalah sebagai berikut:

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu cara memperbanyak ASI saat hamil adalah dengan minum air putih yang cukup. Cara ini berfungsi untuk menghidrasi tubuh Bunda, sehingga bisa terhindar dari risiko dehidrasi. Nah, selama pasokan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka produksi ASI pun juga semakin lancar.

2. Memperbanyak Informasi tentang Laktasi

Bunda juga bisa memperbanyak informasi mengenai laktasi dari berbagai sumber, seperti buku, internet, maupun dari ibu menyusui lainnya. Di sisi lain, Bunda juga perlu berkonsultasi pada dokter maupun konsultan sebagai seorang ahli. Pasalnya, dokter dan konsultan akan bisa memberikan informasi yang tepat mengenai program laktasi selama masa kehamilan.

3. Memperkaya Asupan Protein

Cara memperbanyak ASI saat masih hamil juga bisa Bunda lakukan dengan memperkaya asupan protein. Pada dasarnya, nutrisi ini memang Bunda butuhkan selama masa kehamilan untuk mendukung kesehatan tubuh maupun janin dalam kandungan. Di sisi lain, asupan protein yang cukup ternyata juga bisa membantu merangsang produksi ASI.

Baca Juga  Hiperlaktasi, Kenali Tanda dan Gejalanya

Untuk itu, Bunda bisa mengonsumsi beberapa sumber protein, seperti daging sapi, daging ayam bagian dada, putih telur, ikan, tahu, tempe, dan lainnya. Selain itu, perhatikan dalam proses memasaknya. Sebab, protein mudah rusak saat pengolahannya dengan suhu di atas 70 derajat Celcius. Di samping itu, hindari pula pengolahan dengan menggoreng, karena bisa merusak kandungan protein dan meningkatkan kadar lemak jahat.

4. Menggunakan Bra yang Tidak Sempit

Cara memperbanyak ASI saat masih hamil lainnya adalah dengan menggunakan bra yang longgar atau tidak sempit. Pasalnya, penggunaan bra sempit bisa memengaruhi penyimpanan ASI dalam payudara. Alhasil, produksi ASI menjadi terhambat akibat tekanan pada payudara. Maka dari itu, sebaiknya Bunda menggunakan bra longgar selama masa produksi ASI.

5. Membersihkan Puting dengan Rajin

Cara memperbanyak ASI saat hamil berikutnya adalah dengan membersihkan puting secara rajin. Untuk membersihkannya, sebaiknya Bunda melakukannya secara halus agar tidak melukai puting. Selain itu, gunakan handuk yang lembut untuk membantu proses pembersihannya. 

6. Terapi Pijat Payudara

Cara memperbanyak ASI saat masih hamil yang terakhir adalah melakukan terapi pijat payudara. Cara ini bisa Bunda lakukan saat memasuki trimester ketiga kehamilan. Bunda dapat memanfaatkan baby oil untuk memijat payudara selama kurang lebih 3-5 menit. Berikan pijatan yang lembut dengan gerakan dari bawah menuju atas dan lakukan secara memutar.

Selain itu, Bunda juga bisa melakukan teknik relaksasi untuk membantu mengelola stres. Pasalnya, stres berlebihan bisa menghambat produksi ASI untuk bayi. Teknik relaksasi ini dapat Bunda lakukan dengan mengatur pernapasan atau meditasi.

Makanan untuk Memperbanyak ASI saat Hamil

Selain menerapkan beberapa langkah di atas, Bunda juga perlu menjaga asupan makanan selama masa kehamilan untuk menunjang produksi ASI. Adapun beberapa rekomendasi makanan untuk memperbanyak ASI saat hamil adalah sebagai berikut:

Baca Juga  8 Tanda-Tanda Persalinan Normal yang Perlu Disadari, Catat!

1. Bayam

Salah satu makanan untuk memperbanyak ASI saat hamil adalah bayam. Jenis sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk menunjang kesehatan Bunda, seperti kalsium, vitamin A, dan zat besi. Kalsium memiliki peran untuk menunjang kesehatan gigi dan tulang, sedangkan zat besi bisa membantu mencegah anemia. Sementara itu, kombinasi dari berbagai nutrisi tersebut dapat merangsang produksi ASI agar lebih berkualitas.

2. Kacang Almond

Almond adalah jenis kacang-kacangan yang kaya akan kandungan serat, protein, lemak sehat, kalsium, serta vitamin E. Berbagai kandungan tersebut berperan untuk meningkatkan produksi ASI selama hamil. Bukan hanya itu, makan kacang almond juga membantu menjaga kesehatan Bunda serta bayi dalam kandungan.

3. Ikan Salmon

Makanan untuk meningkatkan ASI saat hamil lainnya adalah ikan salmon. Jenis ikan laut ini dikenal mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi dan DHA. Nah, DHA ini adalah nutrisi yang bisa membantu mendukung perkembangan mata dan otak bayi. Bukan hanya itu, mengonsumsi salmon juga mendukung produksi ASI dan tumbuh kembang bayi.

4. Beras Merah

Rekomendasi makanan untuk memperbanyak ASI saat hamil yang terakhir adalah beras merah. Makanan satu ini kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin, serta, serta mineral yang baik untuk menunjang produksi ASI selama masa kehamilan. Karbohidrat sendiri berperan dalam menambah energi yang bisa menunjang kekuatan tubuh Bunda selama hamil. Di sisi lain, serat bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus mencegah sembelit.

Penutup

Itulah sederet informasi seputar cara memperbanyak ASI saat masih hamil yang bisa Bunda terapkan. Pada dasarnya, memperbanyak ASI bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga asupan makanan dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Nah, untuk mengetahui tips menjaga kesehatan saat hamil lainnya, moms juga bisa cek langsung di kanal New Life!

Baca Juga  Sering Mimisan saat Hamil? Ini Penyebabnya yang Umum Terjadi
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?