fbpx

7 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ibu Ketahui, Simak!

7 Perawatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Ibu Ketahui, Simak!

Salah satu hal yang perlu ibu perhatikan pasca melahirkan adalah perawatan bayi baru lahir, terlebih lagi ketika baru pertama kali memiliki anak. Hal ini perlu ibu dan pasangan pelajari sebelum melahirkan. Dengan mengetahui cara merawat bayi dengan tepat, si kecil pun bisa tumbuh secara optimal.

Terlebih lagi, saat baru lahir, tubuh bayi masih cenderung rentan terserang penyakit. Itulah sebabnya, ibu perlu memperhatikan cara perawatannya. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai perawatan bayi baru lahir, yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Perawatan Bayi Baru Lahir

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, bayi yang baru lahir memiliki tubuh yang masih rentan. Maka dari itu, perawatannya harus lebih hati-hati.

Adapun beberapa cara merawat bayi baru lahir adalah sebagai berikut:

1. Memandikan Bayi

Salah satu perawatan bayi baru lahir yang bisa ibu lakukan adalah memandikannya dengan tepat. Biasanya, bayi yang baru lahir bisa ibu mandikan sebanyak 2-3 kali per minggu. Sebab, terlalu sering mandi saat bayi baru lahir bisa membuat kulitnya menjadi kering.

Di samping itu, sebelum mandi, ibu perlu menyiapkan beberapa hal, misalnya adalah sampo dan sabun lembut serta tidak berbau, kain lap bersih dan lembut, handuk maupun selimut, sikat lembut, pakaian, hingga popok. Ibu perlu memastikan bahwa beberapa peralatan tersebut sudah bersih dan bebas pewangi. Sebab, kulit bayi baru lahir cenderung lebih sensitif.

2. Menjaga Kebersihan dan Keamanan Bayi

Perawatan bayi baru lahir lainnya adalah dengan menjaga kebersihan serta keamanan. Ibu perlu rajin mencuci tangan setiap kali hendak menyentuh maupun menggendong bayi. Sebab, saat baru lahir, daya tahan tubuh si kecil cenderung masih lemah, sehingga rentan terinfeksi kuman. Di samping itu, ibu juga perlu berhati-hati saat hendak menggendong tubuhnya, terlebih lagi ketika mengangkat bagian leher dan kepalanya.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Minggu Pertama yang Terlihat

3. Menyusui

Cara merawat bayi baru lahir berikutnya adalah dengan menyusui si kecil dengan tepat. Sebab, ASI adalah sumber nutrisi utama bagi bayi yang baru lahir. Ibu juga disarankan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi, terlebih lagi pada 6 bulan usia pertamanya.

Di samping itu, menyusui bayi bisa memberikan berbagai manfaat, seperti membangun bonding antara busui dan si kecil, hingga melindungi tubuhnya dari risiko serangan penyakit.

4. Mengganti Popok

Mengganti popok juga termasuk sebagai perawatan bayi baru lahir yang perlu ibu perhatikan. Pada dasarnya, ibu perlu mengganti popok si kecil sebanyak 10 kali per hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya ruam kulit pada bayi dan menjaga kebersihan tubuhnya. Di samping itu, saat mengganti popok, ibu perlu melakukannya dengan hati-hati. Sebab, paparan udara bisa memicu bayi buang air kecil.

5. Memberikan MPASI di Usia 6 Bulan ke Atas

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan ke atas, salah satu hal yang perlu ibu persiapkan adalah MPASI atau makanan pendamping ASI. Ibu bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu mengenai waktu yang tepat dalam pemberian MPASI.

Pada umumnya, MPASI yang bisa ibu berikan kepada si kecil adalah makanan lembut. Bukan hanya itu, dokter umumnya juga akan menyarankan ibu untuk mengenalkan alergen pada bayi agar bisa mengetahui kemungkinan adanya alergi pada makanan.

6. Menghindari Mengguncang Tubuh Bayi

Perawatan bayi baru lahir selanjutnya adalah menghindari mengguncang tubuh bayi. Pasalnya, getaran kuat yang bayi rasakan bisa berdampak pada pendarahan otak. Maka dari itu, ibu bisa mengajak bayi bermain maupun menghiburnya agar lebih aman.

Bukan hanya itu, ketika sedang menggendong atau mengajak bayi bermain, ibu perlu berhati-hati dengan bagian kepala serta lehernya. Terlebih lagi ketika hendak menggendong maupun menurunkan bayi dari gendongan.

Baca Juga  Posisi Tidur Bayi agar Tidak Gumoh dan Tips Pencegahannya

7. Menggunakan Stroller dan Car Seat dengan Benar

Cara merawat bayi baru lahir yang terakhir adalah menggunakan stroller dan car seat dengan benar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan bayi.

Ibu perlu membatasi pergerakan atau alat apa pun yang dapat melukai maupun membahayakan kondisi si kecil. Penggunaan stroller dan car seat yang tepat akan membantu bayi bepergian dengan lebih aman.

Anjuran Penting bagi Orang Tua

Selain mengetahui cara merawat bayi baru lahir, orang tua juga perlu memperhatikan beberapa hal selama mengasuh si kecil, terlebih lagi saat baru memiliki anak pertama. Sebab, beberapa orang tua cenderung lupa merawat diri sendiri karena kesibukan sehari-hari dan harus merawat bayi.

Adapun beberapa anjuran penting bagi orang tua adalah sebagai berikut:

  • Ibu perlu menjaga kondisi fisik pada awal pasca melahirkan. Sebab, beberapa orang tua cenderung kurang tidur karena bayi yang sering rewel. Adapun cara menjaga kondisi fisik ibu adalah dengan bergantian saat mengasuh bayi, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara rajin, hingga mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.
  • Tidak perlu takut untuk merawat bayi. Ibu dan pasangan bisa membekali diri dengan pengetahuan yang cukup mengenai cara merawat bayi yang tepat.
  • Menunda pekerjaan lain terlebih dulu agar ibu bisa merawat bayi secara maksimal dan menghindari kelelahan.
  • Meminta bantuan kepada pasangan atau keluarga ketika mengalami kesulitan dan kelelahan. Hal ini bertujuan untuk menghemat tenaga.

Di samping melakukan beberapa hal di atas, ibu juga perlu menjaga kesehatan diri. Pasalnya, setelah melahirkan, ibu membutuhkan waktu yang cukup untuk memulihkan diri. Dengan menjaga kesehatan diri, ibu pun bisa merawat bayi secara optimal.

Baca Juga  Penyebab ASI Keluar saat Hamil dan Cara Mengatasinya, Simak!

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar perawatan bayi baru lahir dan anjuran penting bagi orang tua. Pada dasarnya, bayi yang baru lahir harus mendapatkan perawatan teratur, karena tubuhnya cenderung masih sensitif dan membutuhkan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Orang tua juga perlu rajin mengunjungi dokter untuk memantau pertumbuhan bayi. Nah, untuk mengetahui informasi lain seputar kehamilan atau kesehatan bayi lainnya, simak selengkapnya dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?