fbpx

7 Cara Mengobati Ambeien pada Ibu Hamil, Yuk Aktif Bergerak!

7 Cara Mengobati Ambeien pada Ibu Hamil, Yuk Aktif Bergerak!

Selama masa kehamilan, wanita rentan mengalami berbagai masalah, termasuk ambeien. Kondisi tersebut terjadi ketika ada pembengkakan pembuluh darah vena di area anus. Hal itu tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman. Itulah sebabnya, mengetahui cara mengobati ambeien pada ibu hamil adalah hal penting.

Nah, saat mengalami ambeien, ibu akan merasakan gatal, nyeri, keluar darah dari anus, hingga merasa sakit ketika sedang buang air besar. Untuk memahami lebih lanjut mengenai cara mengobati ambeien pada ibu hamil, simak selengkapnya di artikel berikut!

Penyebab Ambeien saat Hamil

Ambeien adalah hal umum yang bisa terjadi pada ibu hamil, khususnya ketika sudah mencapai trimester akhir. Hal itu dapat terjadi karena beberapa kondisi. Adapun sejumlah penyebab ambeien saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Ukuran Janin Semakin Besar

Salah satu penyebab ambeien saat hamil adalah ukuran janin yang semakin besar. Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran janin pun akan semakin besar.

Nah, membesarnya ukuran janin tersebut bisa menekan pembuluh darah di sekitar panggul dan perut, sehingga dapat menghambat aliran darah. Kondisi tersebut dapat memicu terjadinya ambeien.

2. Sembelit

Penyebab ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah sembelit. Kondisi ini bisa terjadi karena asupan zat besi yang tinggi. Nutrisi tersebut umumnya berfungsi untuk mencegah anemia.

Akan tetapi, kelebihan zat besi bisa menyebabkan ibu kesulitan buang air besar, sehingga memicu terjadinya sembelit dan wasir.

3. Perubahan Hormon Tubuh

Penyebab ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah terjadinya perubahan hormon tubuh. Pada masa kehamilan, hormon progesteron akan mengalami peningkatan untuk membantu memperkuat janin dalam rahim.

Di samping itu, hormon tersebut bisa menghambat gerak peristaltik pada sistem pencernaan. Padahal, gerak peristaltik tersebut berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Maka dari itu, perubahan hormon tubuh bisa memicu terjadinya ambeien.

Baca Juga  Apa itu Korset? Korset Dapat Membantu Mengecilkan Perut?

Cara Mengobati Ambeien pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami ambeien tentu akan merasa tidak nyaman ketika sedang duduk, tidur, maupun aktivitas lainnya. Maka dari itu, untuk meredakannya, ibu hamil bisa melakukan perawatan sederhana di rumah.

Adapun beberapa cara mengobati ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki Kebiasaan saat BAB

Salah satu cara mengobati ambeien pada ibu hamil adalah dengan memperbaiki kebiasaan saat BAB. Ibu perlu menghindari kebiasaan mengejan berlebihan saat buang air besar dan menjaga kebersihan anus. Sebab, mengejan bisa memperparah kondisi wasir saat hamil. 

Selain itu, jika ibu kesulitan untuk buang air besar, coba menaikkan posisi kaki dengan memijakkannya pada bangku pendek. Hal ini juga dapat membantu memudahkan ibu untuk buang air besar tanpa harus mengejan keras. Di sisi lain, perhatikan pula kebersihan anus dan jaga agar tetap kering. Ibu bisa membasuhnya dengan air mengalir perlahan-lahan.

2. Berendam di Air Hangat

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah dengan berendam di air hangat. Langkah ini berfungsi untuk mengurangi iritasi, rasa gatal, serta merilekskan otot panggul yang kaku akibat ambeien. Ibu dapat merendam bagian pantat pada bak atau baskom yang telah diisi dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut sebanyak tiga kali per hari dalam kurun waktu selama 20-30 menit.

3. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Ibu bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat dan minum air putih yang cukup setiap hari. Cara ini akan membantu melunakkan tinja, melancarkan BAB, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, mencegah konstipasi, hingga meredakan ambeien. Adapun beberapa rekomendasi makanan berserat adalah biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, gandum, serta buah-buahan.

Baca Juga  Penyebab Kontraksi Palsu: Apa Saja yang Perlu Diketahui?

4. Senam Kegel

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil lainnya adalah dengan melakukan senam kegel. Jenis olahraga ini bermanfaat untuk membantu memperkuat otot dasar panggul demi mendukung proses persalinan agar lancar.

Selain itu, senam kegel juga bisa membantu mencegah sekaligus mengobati ambeien saat hamil. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, ibu bisa melakukan senam kegel saat pagi, siang, dan malam hari dengan frekuensi 5 kali.

5. Jangan Terlalu Lama Duduk

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan tidak terlalu lama saat duduk. Kebiasaan tersebut hanya dapat memberikan tekanan pada bagian yang mengalami ambeien, sehingga gejalanya justru bisa semakin parah.

Maka dari itu, jika ingin rasa nyerinya reda, ibu perlu aktif bergerak, seperti dengan berjalan-jalan setiap 10 menit per satu jamnya. Selain itu, gunakan bantal empuk saat duduk agar lebih nyaman.

6. Kompres Es Batu 

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil lainnya adalah dengan mengompres es batu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa terbakar, nyeri, dan sakit di area anus atau benjolan ambeien. Ibu bisa mengompres area ambeien selama beberapa menit dan mengulanginya berulang kali per hari agar dapat membantu meredakan wasir.

7. Tidur dengan Posisi yang Tepat

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah tidur dengan posisi yang tepat. Sebab, kesalahan posisi tidur dapat memberikan tekanan di benjolan wasir dan berisiko memperparahnya. Maka dari itu, ibu bisa memilih posisi tidur menyamping untuk mengurangi tekanan pada perut dan anus.

Penutup

Itulah sederet informasi seputar penyebab dan cara mengobati ambeien pada ibu hamil yang bisa Moms terapkan. Meskipun ambeien saat hamil adalah kondisi lumrah, tetapi hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya, selain melakukan beberapa cara di atas, Moms juga perlu mengunjungi dokter untuk memperoleh pengobatan yang lebih efektif.

Baca Juga  5 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Tepat & Aman, Catat!

Di samping itu, Moms juga bisa mencegah ambeien dengan mencukupi kebutuhan gizi setiap hari dan memperbanyak konsumsi air mineral. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan kehamilan agar terhindar dari ambeien bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?