fbpx

Seluruh Informasi Seputar Program Kehamilan

Seluruh Informasi Seputar Program Kehamilan

Program kehamilan merupakan program perencanaan khusus bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Kehamilan sebenarnya bisa terjadi pada pasangan setelah berhubungan seks. Namun, penggunaan metode kontrasepsi yang tepat untuk bisa meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat.

Metode kontrasepsi yang disebut juga dengan promil ini penting bagi pasangan yang ingin memiliki anak namun belum memilikinya. Program hamil yang biasa dilakukan, yaitu:

  • Moms dan pasangan dapat berkonsultasi dengan dokter tentang diet dan vitamin, olahraga, genetik, berat badan, serta menghindari obat-obatan dan alkohol tertentu.
  • Membuat jadwal hubungan intim setiap bulan selama masa subur wanita. Dengan hubungan seks tanpa kondom secara teratur, sebagian besar pasangan yang sehat dapat hamil dalam setahun. 

Namun, pasangan yang masih rutin berhubungan seks disarankan untuk membicarakan hal ini dengan dokter spesialis kesuburan. Sementara itu bagi moms yang memilih melakukan program kehamilan dapat melakukan step yang benar untuk menghindari berbagai situasi yang dapat membahayakan kehamilan.

Cara Program Hamil Yang Tepat

Program selama kehamilan harus dilaksanakan di bawah pengawasan dokter atau spesialis kebidanan dan kandungan yang bersertifikasi. Minimalnya, moms harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program kehamilan apa pun, termasuk cara kehamilan yang paling sederhana, yaitu hubungan seks yang terjadwal. 

Terdapar indikasi lain yang menentukan keberhasilan kehamilan dan masuknya sperma ke dalam sistem reproduksi wanita, yaitu usia pasangan dan waktu berhubungan badan. Wanita berumur di bawah 35 tahun memiliki peluang lebih tinggi untuk hamil. Sedangkan wanita berumur di bawah  35 tahun biasanya memiliki banyak sel telur sehat yang siap untuk dibuahi.  

Selain usia, moms juga tidak boleh melupakan masa subur atau waktu terbaik untuk berhubungan intim dengan pasangan. Masa subur ini disebut juga masa ovulasi. Nah, untuk mengetahuinya dapat menanyakannya kepada dokter kandungan dan mempelajari cara menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi.

Baca Juga  7 Ciri-Ciri Bayi Sungsang dan Cara Melahirkan yang Aman

Makanan Sehat Untuk Program Hamil

Agar program kehamilan berhasil, diperlukan upaya secara terencana baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Misalnya moms harus diperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh, karena kualitas sel telur ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi wanita. 

Selama program hamil, karbohidrat, protein dan lemak dikonsumsi secara seimbang. Menurut laporan FoxNews, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi satu  atau lebih porsi produk  susu penuh lemak per hari memiliki kemungkinan 27% lebih kecil untuk berovulasi dibandingkan wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemak. 

Yang tidak kalah pentingnya, protein juga dikenal dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Selain kaya protein, daging juga mengandung zat besi, yang mendorong ovulasi  normal. 

Sedangkan untuk karbohidrat, bisa memilih yang tinggi serat. Selain menjadi sumber energi, karbohidrat yang tinggi serat seperti biji-bijian utuh, oat dan beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Kamu dan pasangan juga harus menghindari makanan instan yang dapat menyebabkan penumpukan asam lemak dalam tubuh, yang dapat menurunkan kualitas telur.

Cara Memilih Program Hamil Buatan Yang Paling Tepat

Jika program kehamilan yang dilakukan secara alami mengalami kegagalan, maka kamu dan pasangan dapat melakukan program kehamilan buatan. Biasanya ada beberapa pilihan program kehamilan buatan seperti inseminasi buatan dan bayi tabung  (in vitro fertilization). Namun program ini tidaklah mudah karena terdapat beberapa pemeriksaan dan persiapan yang harus dilakukan oleh pasangan.

Bisa saja, program kehamilan yang satu berhasil untuk pasangan lain, namun tidak berhasil untuk  kamu., sehingga dibutuhkan banyak penelitian untuk mengetahui apakah pasangan tersebut tepat untuk program kehamilan tertentu. 

Konsumsi Asam Folat Yang Cukup

Salah satu nutrisi  penting untuk menunjang program kehamilan adalah asam folat. Bagi wanita yang sedang berusaha untuk hamil, asam folat bermanfaat untuk perkembangan awal sistem saraf pusat anak. 

Baca Juga  6 Toko Perlengkapan Bayi Termurah di Palembang, Terlengkap!

program kehamilan

Asam folat yang cukup membantu mencegah kerusakan otak dan saraf janin. Menurut US Centers for Disease Control yang diterbitkan dalam jurnal Drugs, wanita hamil membutuhkan asam folat hingga 0,4 mg per hari. Asam folat banyak terdapat pada berbagai makanan sehari-hari, seperti sayuran  hijau, kacang-kacangan atau buah-buahan. melon, pisang, dan lemon.

Menghindari Stress

program kehamilan

Merencanakan kehamilan bisa memungkinkan pasangan menjadi stres. Apalagi jika program hamil berlangsung lama. Karena itu kedua pasangan harus tetap menjaga kesehatan fisik, mental, dan pikiran untuk tetap sehat ya. Karena kondisi stres bisa mengganggu keberhasilan program hamil. Selain menciptakan keintiman emosional yang lebih dalam dengan pasangan, kamu dianjurkan untuk mencari waktu yang tepat dan melakukan konseling apabila mulai merasa stres atau tertekan. 

Nah itu dia beberapa informasi seputar program kehamilan yang bisa direncanakan oleh setiap pasangan yang ingin mempercepat kehamilan. Semoga program kehamilan yang dilakukan berhasil dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?