fbpx

Tekstur MPASI 8 Bulan, Bolehkah Memberi Pisang?

Tekstur MPASI 8 bulan akan berbeda dengan bayi yang masih berusia 6 bulan. Makanan yang akan kamu berikan juga perlu penyesuaian. Berikut penjelasan selengkapnya.

Tekstur MPASI yang Baik untuk Bayi 8 Bulan

Bayi usia 8 bulan sudah lebih besar dari kondisinya sebelumnya. Bila bayi kamu telah menginjak usia ini, biasanya akan mulai terdapat gigi-gigi kecil yang tumbuh. Gigi-gigi ini menandakan bahwa bayi sudah mulai siap untuk mengonsumsi makanan yang lebih padat.

Ketika bayi kamu telah menginjak usia 8 bulan dan mulai tumbuh gigi, kamu bisa mulai mengenalkan ia dengan makanan dengan tekstur yang lebih padat atau sedikit kasar. Tujuannya adalah agar bayi semakin terangsang dalam menggunakan gigi-gigi barunya dan membiasakan untuk makan makanan yang tidak lagi harus selembek bubur.

Menyajikan makanan dengan tekstur yang lebih kasar dari sebelumnya memiliki manfaat tersendiri bagi bayi 8 bulan. Makanan ini dapat merangsang kemampuan bayi kamu dalam mengunyah dan meningkatkan kemampuan organ pencernaannya.

Selain itu, dengan memberikan makanan dengan tekstur yang lebih kasar akan lebih mencukupi kebutuhan energi si bayi. Hal ini karena pada makanan yang tanpa melewati tahap penghalusan biasanya mengandung kalori yang lebih tinggi sehingga bayi kamu tidak cepat lapar dan dapat menambahkan berat badannya.

Itulah penjelasan tentang tekstur MPASI yang tepat untuk bayi 8 bulan. Menyajikan makanan sesuai usianya dapat membantu perkembangan gigi bayi pula. Hal ini juga dapat melatih bayi dalam mengunyah dan menelan makanan supaya tidak harus dihaluskan dulu setiap akan makan makanan nantinya. Bagi kamu yang memiliki anak bayi yang baru memasuki usia 8 bulan, berikut cara menyesuaikan agar terbiasa dengan kon

Cara Membiasakan Bayi Makan MPASI

Memberikan MPASI pada bayi perlu metode tersendiri. Hal ini agar ia perlahan tapi pasti terbiasa makan makanan seperti yang kamu makan sehari-hari. Namun, tetap saja kamu harus memerhatikan kebutuhan dan kemampuannya saat itu.

Baca Juga  7 Toko Baby Shop Jakarta Termurah dan Terlengkap, Yuk Catat!

Berikut tips agar bayi kamu terbiasa makan MPASI:

1. Kenalkan Secara Bertahap

Cara yang pertama agar anak terbiasa makan MPASI adalah dengan memperkenalkan makanan pendamping secara bertahap. Bertahap maksudnya berikan jenis makanan dengan tekstur paling lembut terlebih dahulu dengan perlahan meningkatkan kepadatan teksturnya.

Bayi biasa memulai konsumsi MPASI pada usia 6 bulan. Pada usia ini kamu masih harus memberikan makanan yang paling lembut. Namun, ketika usianya telah bertambah kira-kira mulai 8 bulan kamu sudah bisa mulai memperkenalkan makanan dengan tekstur yang lebih padat. Begitu seterusnya sampai nanti ia sudah memiliki gigi lengkap dan fasih mengunyah.

2. Ajak Makan Bersama di Meja Makan

Kamu mungkin bertanya apa gunanya mengajak bayi makan bersama di meja makan. Namun, penelitian menyebutkan bahwa bayi yang masih berada di fase pertumbuhan adalah peniru yang handal.

Oleh karena itu, kamu bisa mengajak bayi untuk makan bersama agar dia dapat memperhatikan bagaimana cara orang dewasa makan, mengunyah, dan menelan. Ini akan merangsang kebiasaan makan dengan sopan juga nantinya.

3. Mulai dari Porsi Kecil

Kembali ke tips pertama, yaitu mengenalkan bertahap. Kamu juga perlu tidak boleh memberikan MPASI dalam jumlah berlebih. Mulai dari porsi yang paling kecil seperti satu sendok pada pertama kali percobaan. Ini untuk membuat bayi mengenal jenis makanan baru terlebih dahulu.

Kamu juga bisa memberikan ragam menu makanan di awal untuk dapat mengetahui mana yang paling disukai bayi kamu. Hindari memaksakan bayi mengonsumsi sesuatu jika memang ada tanda penolakan darinya.

4. Berikan Secara Konsisten

Tips yang terakhir adalah konsisten dalam memberikan MPASI. Tujuan awal kita adalah membiasakan, maka dengan cara konsisten memberikan makanan pendamping ini bertujuan agar si bayi dapat mulai stop ASI dan beralih pada jenis makanan padat. 

Baca Juga  5 Penyebab Baby Blues Sebelum Melahirkan & Cara Mengatasinya

Jika kamu takut anak bayimu akan bosan dengan makanan yang kamu sajikan, cobalah untuk berinovasi mencoba makanan yang berbeda setiap harinya. Selain untuk menemukan makanan kesukaan anak, hal ini juga berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang didapat dari bahan makanan yang berbeda.

Itulah beberapa cara membiasakan bayi untuk dapat mengonsumsi MPASI. Memberikan makanan sesuai umur bayi kamu adalah bentuk mempersiapkan bayi dalam bertumbuh. 

Penutup

Tekstur MPASI 8 bulan tidak harus sehalus tekstur MPASI 6 bulan. Kamu bisa mulai mengenalkan makanan yang lebih padat pada bayi. Selain memudahkan dalam penyajian, hal ini juga bermanfaat untuk merangsang kemampuan mengunyah dan menelan si bayi. Namun, tetap awasi setiap makanan yang masuk. Hindari memberik makanan orang dewasa yang dirasa belum siap untuk bayi kamu konsumsi.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar MPASI dan bayi, kamu bisa mengunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?