fbpx

7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya, Yuk Simak!

7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya, Yuk Simak!

Perut buncit adalah suatu kondisi yang membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Sebab, kondisi perut yang tampak besar menandakan banyaknya lemak menumpuk. Penyebab perut buncit pun beragam, misalnya kurangnya aktivitas fisik yang menimbulkan penumpukan lemak.

Nah, apabila kamu membiarkan kondisi tersebut, maka lambat-laun bisa menyebabkan timbulnya penyakit, seperti penyakit jantung maupun diabetes. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar penyebab perut buncit, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Penyebab Perut Buncit

Perut buncit adalah kondisi yang bisa terjadi karena masalah medis maupun kebiasaan buruk sehari-hari. Adapun beberapa penyebab perut buncit adalah sebagai berikut:

1. Kehamilan

Salah satu penyebab perut buncit adalah karena kehamilan. Kondisi ini adalah hal wajar, karena seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran perut pun juga akan semakin besar akibat keberadaan janin di dalamnya. Perut buncit akibat kehamilan ini lambat laun akan mengempis usai melahirkan. Untuk itu, jika masalah perut buncit akibat hal ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

2. Penumpukan Gas

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah karena penumpukan gas berlebihan di dalam perut. Kondisi ini sering terjadi karena gangguan pencernaan, seperti intoleransi makanan maupun sindrom iritasi usus besar. Hal ini akan membuatmu kesulitan membuang gas, sehingga terjadi penumpukan di dalam perut.

3. Penumpukan Lemak di Perut

Penyebab perut buncit lainnya adalah karena penumpukan lemak di perut. Pada umumnya, kondisi ini lebih rentan terjadi dalam pria daripada wanita. Kondisi ini juga bisa terjadi karena sejumlah faktor.

Misalnya adalah konsumsi makanan tidak sehat maupun jarang olahraga. Di sisi lain, asupan minuman beralkohol maupun minuman kemasan yang berlebihan juga bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Baca Juga  Tekan Pusar Tanda Hamil: Apa yang Harus Diketahui

4. Sembelit

Konstipasi atau sembelit ternyata juga dapat menyebabkan perut buncit. Sebab, kondisi ini membuatmu kesulitan buang air besar, sehingga tinja akan tertahan di dalam usus. Nah, ketika tinja menumpuk di dalam usus, maka bisa memicu pembesaran perut dan terasa penuh.

Sembelit sendiri bisa terjadi karena sejumlah faktor, seperti kurangnya asupan air putih, terbiasa mengonsumsi makanan rendah serat, maupun kurang gerak.

5. Kurang Olahraga

Penyebab perut buncit lainnya adalah karena kurang berolahraga atau jarang bergerak. Pada dasarnya, aktivitas fisik dapat membantu menguatkan otot serta membakar kalori dalam tubuh. Maka dari itu, ketika kamu jarang melakukan aktivitas fisik, otot perut bisa melemah, menyebabkan perut buncit, dan pembakaran kalori tidak berjalan secara efektif.

6. Stres

Stres yang berlebihan juga menjadi salah satu pemicu perut buncit. Hal ini bisa terjadi karena adanya tekanan emosional berlebihan yang berdampak terhadap kinerja sistem dalam tubuh.

Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang berdampak pada peningkatan nafsu makan. Selain itu, hormon stres satu ini juga bisa menyebabkan penumpukan lemak perut. Maka dari itu, stres berlebihan bisa menyebabkan perut buncit.

7. Asites

Penyebab perut buncit yang terakhir adalah akibat asites. Kondisi medis ini memiliki gejala berupa adanya penumpukan cairan di bagian rongga perut, yaitu rongga peritoneal. Cairan tersebut memiliki warna kuning pucat dan berada di dalam rongga antara sejumlah organ perut, misalnya usus, hati, serta lambung. 

Adapun beberapa penyebab asites adalah akibat terjadinya kerusakan hati parah (sirosis), gagal jantung, hingga kanker perut. Nah, asites ini bisa membuat perut buncit atau tampak besar. Selain mengalami perut buncit, asites juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti sulit bernapas, nyeri perut, serta penurunan berat badan.

Baca Juga  Ciri-ciri Orang Hamil yang Perlu Diketahui

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Terdapat beberapa cara mengecilkan perut yang perlu kamu terapkan. Pasalnya, kondisi tersebut bisa memicu masalah kesehatan apabila kamu membiarkannya. Adapun beberapa cara mengecilkan perut buncit adalah sebagai berikut:

1. Berolahraga

Salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan berolahraga. Pada umumnya, olahraga berperan untuk membakar lemak tubuh secara efektif dan mengencangkan otot, termasuk otot perut. Adapun beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan adalah latihan beban, latihan kardio, maupun pilates.

2. Tidur yang Cukup

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah tidur dalam waktu yang cukup. Sebab, tidur bisa memengaruhi banyaknya jaringan lemak dalam perut. Maka dari itu, orang yang lebih sering tidur maupun tidur dalam waktu lama lebih rentan mengalami penumpukan lemak dalam perut. Sebaiknya, kamu mencukupi waktu tidur sekitar 7 jam saat malam hari dan lakukan secara konsisten.

3. Kelola Stres

Tips mengecilkan perut buncit lainnya adalah dengan mengelola stres. Seperti penjelasan sebelumnya, stres menjadi salah satu penyebab penumpukan lemak di perut. Maka dari itu, kamu perlu mengelola stres dengan sejumlah cara, misalnya adalah berolahraga, melakukan hobi, maupun meditasi.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Tips membakar lemak perut selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Sebab, asupan makanan sehari-hari bisa memengaruhi kadar kalori maupun lemak dalam tubuh.

Maka dari itu, kamu perlu mencukupi kebutuhan serat dan protein untuk membantu menahan rasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu, kamu perlu membatasi asupan makanan cepat saji, berlemak, serta tinggi karbohidrat.

5. Menggunakan Korset

Tips mengecilkan perut buncit yang terakhir adalah menggunakan korset. Kamu bisa memilih korset New Life Double Function Daily Corset, karena cocok untuk dipakai setiap hari. Jenis korset ini memiliki penyangga nilon yang bisa membantumu untuk mengatasi masalah pinggang dan memperbaiki posisi duduk. Bukan hanya itu, penggunaannya pun juga dapat mengikuti lekuk tubuh dan fleksibel, sehingga akan lebih efektif untuk membakar lemak dan kamu akan merasa lebih nyaman. 

Baca Juga  Perbedaan Stretch Mark Putih dan Merah serta Cara Mengatasinya

Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan penyebab perut buncit dan cara mengecilkannya. Pada dasarnya, perut buncit bisa terjadi karena kebiasaan buruk yang kamu terapkan. Nah, untuk mengatasinya, kamu juga dapat menggunakan korset New Life yang berasal dari bahan katun premium dan dilengkapi dengan teknologi modern. Untuk membelinya, yuk langsung saja kunjungi kanal New Life Official Store!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?