fbpx

6 Penyebab Sakit Pinggang Belakang, Gejala, & Pengobatannya

6 Penyebab Sakit Pinggang Belakang, Gejala, & Pengobatannya

Sakit pinggang belakang adalah kondisi nyeri yang terjadi di sekitar bawah punggung atau di atas tulang ekor. Hal ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti kesalahan posisi tidur atau kualitas istirahat yang buruk. Itulah sebabnya, menerapkan posisi tidur yang tepat adalah hal penting.

Selain itu, sakit punggung bawah ini juga perlu kamu cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar apa itu sakit pinggang belakang, yuk simak artikel berikut!

Apa itu Sakit Pinggang Belakang?

Sakit pinggang belakang adalah kondisi yang kerap dialami setiap orang karena cara tidur yang salah atau duduk membungkuk. Kondisi ini juga disebut dengan low back pain atau sakit punggung bawah. Pasalnya, sakit pinggang ini terjadi di area atas tulang ekor, bagian punggung bawah, atau dekat tulang rusuk bawah.

Nah, apabila area pinggang belakang atau punggung bawah mengalami benturan, trauma, atau pergerakan yang salah, maka dapat menimbulkan rasa nyeri. Kondisi tersebut dapat berupa nyeri akut, hingga kronis. Itulah mengapa, kamu perlu menjaga posisi duduk, tidur, atau pergerakan sehari-hari untuk mencegah sakit punggung bawah.

Penyebab Sakit Pinggang Belakang

Pada dasarnya, sakit punggung bawah sering terjadi karena kebiasaan sepele. Adapun beberapa penyebab sakit pinggang belakang adalah sebagai berikut.

1. Tidur dengan Kasur Keras

Salah satu penyebab sakit pinggang belakang adalah tidur dengan kasur yang keras. Hal ini tentu akan membuatmu merasa tidak nyaman dan memicu sakit pinggang. Itulah sebabnya, memilih kasur empuk dan nyaman bisa membantumu untuk mencegah rasa nyeri pada pinggang belakang.

2. Salah Menggunakan Bantal

Selain kasur yang keras, kesalahan penggunaan bantal juga dapat menyebabkan sakit punggung bawah. Pada dasarnya, bantal yang baik untuk tidur adalah jenis bantal yang dapat mendukung area kurva tulang belakang sampai leher. Dalam hal ini, kamu dapat memilih bantal yang berasal dari viskoelastik maupun bantal isi ulang air.

Baca Juga  8 Cara Menambah Berat Badan Janin, Cukupi Kebutuhan Protein!

3. Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur yang salah juga menjadi salah satu penyebab sakit punggung bawah. Hal ini mungkin jarang kamu sadari. Namun, apabila kamu terbiasa tidur dengan posisi salah, maka rasa nyeri di area pinggang belakang bisa semakin parah.

Maka dari itu, kamu perlu menerapkan posisi tidur yang tepat dengan berbaring telentang dan punggung lurus di atas kasur. Kamu dapat meletakkan bantal tipis di bawah lutut serta kepala untuk membantu rasa tegang pada area leher maupun punggung bawah. Namun, apabila merasa sulit untuk tidur telentang, kamu dapat beristirahat dengan posisi telungkup dan meletakkan bantal tipis di bawah pinggul agar tekanan di area tulang belakang dapat berkurang.

4. Otot Tegang

Penyebab low back pain lainnya adalah karena otot tegang. Kondisi ini dapat terjadi ketika kamu melakukan gerakan yang tidak biasa, sehingga membuat otot ligamen tertarik dan mengalami ketegangan. Pada kondisi yang parah, otot serta ligamen juga bisa robek dan menimbulkan sakit punggung bawah.

Kondisi tersebut bisa terjadi akibat beberapa gerakan yang kurang tepat, misalnya tidak melakukan pemanasan saat berolahraga, berdiri atau duduk dengan posisi salah, badan membungkuk ketika mengangkat beban berat, sehingga dapat membuat tulang belakang meregang dan menimbulkan sakit pinggang.

5. Kegemukan

Penyebab sakit punggung bawah berikutnya, yakni akibat kelebihan berat badan atau kegemukan. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tubuh, sehingga menimbulkan terjadinya nyeri pinggang belakang. Itulah sebabnya, penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

6. Duduk Membungkuk

Penyebab sakit pinggang belakang yang terakhir adalah karena membungkuk ketika duduk. Hal ini membuat tekanan pada pinggang belakang bagian bawah semakin meningkat. Alhasil, kamu akan merasa nyeri pada punggung bawah, terlebih lagi apabila tidak beristirahat untuk merilekskan tulang belakang.

Baca Juga  Penyebab Bayi Gumoh dan Ciri-cirinya yang Perlu Ibu Pahami

Gejala Sakit Pinggang Belakang

Low back pain ini adalah rasa sakit yang muncul di area punggung bagian bawah dan biasanya menunjukkan beberapa gejala. Adapun gejala sakit pinggang belakang adalah sebagai berikut.

  • Muncul sensasi panas atau terbakar di area pinggang bagian belakang.
  • Merasa sakit ringan atau tajam, sehingga membuatmu kesulitan bergerak.
  • Kesemutan.
  • Muncul rasa sakit di area kaki, telapak kaki, maupun punggung.
  • Kaki terasa lemas saat hendak berdiri.

Pengobatan Sakit Pinggang Belakang

Pada dasarnya, sakit punggung bawah dapat kamu atasi dengan mengubah gaya hidup sehari-hari dan perawatan medis. Adapun cara mengatasi sakit pinggang belakang adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan berat badan apabila kamu memiliki berat badan berlebih.
  • Melakukan peregangan setiap hari untuk membantu memperkuat pinggang.
  • Menjaga postur tubuh yang baik ketika sedang berjalan, duduk, atau mengangkat beban berat.
  • Menerapkan posisi tidur yang baik.
  • Mengompres area pinggang belakang menggunakan handuk dingin atau es batu.
  • Mengonsumsi obat secara teratur berdasarkan resep dokter.
  • Melakukan fisioterapi bagi penderita nyeri punggung bawah kronis.

Selain itu bisa menggunakan korset New Life Double Function Daily Corset untuk membantu mengatasi sakit pinggang belakang. Korset ini telah memiliki dual back bone technology yang berfungsi untuk menyangga pinggang dan membantu meredakan nyeri pinggang. Di samping itu, korset ini juga nyaman untuk dikenakan dalam aktivitas sehari-hari karena berasal dari bahan elastis dan fleksibel.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab sakit pinggang belakang, gejala, hingga pengobatannya. Selain melakukan beberapa pengobatan di atas, Bunda juga dapat mengatasi nyeri pinggang belakang dengan menggunakan korset New Life. Pasalnya, korset ini dirancang untuk membantu menyangga tulang belakang bawah, sehingga dapat meredakan nyeri pinggang.

Baca Juga  Penyebab Mimisan saat Hamil 5 Bulan & Pertolongan Pertamanya

Nah, untuk memperolehnya, tak perlu khawatir, karena korset ini bisa kamu temukan marketplace maupun New Life Official Store. Jadi, yuk atasi nyeri pinggang belakang bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?