fbpx

6 Penyebab Mimisan saat Hamil Trimester 1 dan Cara Atasinya

6 Penyebab Mimisan saat Hamil Trimester 1 dan Cara Atasinya

Selama masa awal kehamilan, seorang wanita bisa mengalami berbagai keluhan, seperti mual, muntah, kaki bengkak, hingga mimisan. Meskipun kerap terjadi pada banyak wanita, kondisi ini bisa membuat ibu merasa khawatir. Adapun salah satu penyebab mimisan saat hamil trimester 1 adalah karena perubahan hormon tubuh.

Ketika masa kehamilan, hormon progesteron akan meningkat dan memicu pembengkakan pada beberapa bagian pembuluh darah. Apabila hidung sempit, maka pelebaran pembuluh darah pun bisa membuatnya pecah dan memicu mimisan. Nah, agar lebih paham seputar penyebab mimisan saat hamil trimester 1, simak selengkapnya di artikel berikut ini!

Penyebab Mimisan saat Hamil Trimester 1 

Selama masa kehamilan, sistem peredaran darah ibu umumnya akan meningkat. Hal ini bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam rahim. Di sisi lain, meningkatnya peredaran darah ini justru memicu pembengkakan pembuluh darah, sehingga bisa memicu mimisan, termasuk saat kehamilan masih berada dalam usia trimester pertama.

Adapun beberapa penyebab mimisan saat hamil trimester 1 adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Hormon

Salah satu penyebab mimisan pada ibu hamil trimester 1 adalah karena perubahan hormon. Kondisi ini adalah respons alami tubuh untuk mendukung tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. Sayangnya, perubahan kadar hormon progesteron ini bisa membuat pembuluh darah, termasuk di area hidung mengalami pembengkakan. Alhasil, selaput lendir hidung rentan pecah dan mengeluarkan darah.

2. Peningkatan Volume Darah

Penyebab mimisan saat hamil trimester 1 lainnya adalah karena meningkatnya volume darah dalam tubuh secara drastis. Peningkatan volume darah ini memicu pelebaran pembuluh darah di hidung. Apabila ukurannya sempit, maka berisiko mengalami penekanan yang dapat membuat pembuluh darah halus di hidung pecah dan mengeluarkan darah.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

3. Pilek atau Alergi

Penyebab mimisan pada ibu hamil trimester pertama selanjutnya adalah karena faktor alergi atau pilek. Saat ibu mengalami masalah kesehatan tersebut, hidung akan mudah meradang dan iritasi, terlebih lagi ketika cuaca sedang tidak menentu. Hal itulah yang memicu terjadinya mimisan. Di samping itu, rinitis kehamilan juga bisa membuat ibu mengalami mimisan pada trimester pertama. Sebab, kondisi tersebut memicu pembengkakan selaput lendir hidung yang membuatnya rentan mengalami pendarahan.

4. Dehidrasi

Penyebab mimisan saat hamil trimester 1 berikutnya adalah karena mengalami dehidrasi. Pada dasarnya, tubuh ibu membutuhkan cairan yang cukup untuk melancarkan peredaran darah. Di sisi lain, saat ibu kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka selaput lendir di hidung menjadi kering serta pecah-pecah. Kondisi tersebut bisa memicu mimisan saat sedang hamil.

5. Hidung Kering

Penyebab mimisan saat hamil trimester 1 lainnya adalah karena hidung kering. Hal ini bisa terjadi akibat pengaruh udara di lingkungan sekitar. Apabila udara terlalu kering atau dingin, bisa membuat hidung kering dan kurang lembap. Kondisi tersebut rentan memicu hidung berdarah. Di samping itu, ibu yang sering mengorek hidung juga lebih rentan membuatnya terluka dan mengalami mimisan.

6. Kondisi Medis Lainnya

Penyebab mimisan saat hamil trimester pertama yang terakhir adalah karena kondisi medis lainnya. Misalnya adalah ketika ibu mempunyai riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Meski begitu, tidak semua penderita hipertensi akan mengalami mimisan, kecuali pada kasus krisis hipertensi. Itulah sebabnya, penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester 1

Ketika ibu mengalami mimisan atau hidung mengeluarkan darah, maka perlu lekas menghentikannya. Adapun beberapa cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Penyebab Air Ketuban Hijau dan Risiko saat Bayi Menelannya

1. Kompres Dingin

Salah satu cara mengatasi mimisan saat hamil trimester 1 adalah dengan melakukan kompres dingin. Cara ini berfungsi untuk menyempitkan area pembuluh darah yang mengeluarkan darah. Ibu bisa mengompres hidung menggunakan es batu selama 10 sampai 15 menit.

2. Jepit Hidung

Cara menghentikan mimisan saat hamil trimester 1 selanjutnya adalah dengan menjepit area hidung. Hal ini berfungsi untuk memberikan tekanan di area perdarahan di septum hidung, sehingga darah yang keluar bisa berhenti.

Untuk menerapkannya, ibu bisa duduk tegak, lalu condongkan kepala ke arah depan. Setelah itu, gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk mencubit bagian hidung yang lembut selama 5-10 menit. Selama menekannya, ibu bisa bernapas melalui mulut.

3. Cabai Rawit

Cara menghentikan mimisan ketika sedang hamil trimester awal berikutnya adalah menggunakan cabai rawit. Bumbu dapur ini berfungsi sebagai stimulan sel serta mengontrol aliran darah agar. Dalam hal ini, cabai rawit bisa membantu menghilangkan tekanan berlebihan di area pendarahan, sehingga mimisan bisa lekas berhenti.

Adapun cara menggunakan cabai rawit untuk menghentikan mimisan adalah mencampurkan satu sendok teh bubuk cabai dan larutkan ke dalam air hangat. Setelah itu, aduk sampai rata dan segera minum ketika mengalami mimisan. Hal ini bisa membantu menghentikan aliran darah yang keluar dari hidung.

4. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi mimisan saat hamil yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Kandungan asam dalam cuka tersebut berperan untuk menyempitkan pembuluh darah, sehingga pendarahan bisa terhenti.

Untuk menggunakannya, ibu bisa mencelupkan bola kapas ke dalam larutan cuka apel, lalu letakkan di lubang hidung yang mengalami mimisan. Setelah itu, diamkan dulu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Baca Juga  Gejala Keguguran yang Harus Diwaspadai!

Penutup

Demikian informasi mengenai penyebab mimisan saat hamil trimester 1 dan cara mengatasinya. Pada dasarnya, mimisan yang terjadi ketika hamil bukanlah kondisi yang berbahaya.

Namun, jika darah yang keluar dari hidung masih belum berhenti, ibu perlu segera mengunjungi dokter agar mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Selain itu, ibu juga dapat melakukan pencegahan mimisan dengan melakukan sejumlah cara, seperti menghindari asupan makanan yang masih panas maupun mengangkat beban berat. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan kandungan bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?