fbpx

8 Aplikasi Program Hamil yang Bisa Bantu Memantau Masa Subur

8 Aplikasi Program Hamil yang Bisa Bantu Memantau Masa Subur

Aplikasi program hamil adalah salah satu alternatif yang bisa ibu gunakan untuk menghitung masa subur. Hal ini tentu berguna bagi ibu yang tengah menjalani program hamil untuk meningkatkan peluang kehamilan. Cara kerja aplikasi ini umumnya dengan menghitung siklus menstruasi.

Dengan adanya aplikasi di ponsel, ibu tentu akan lebih mudah dalam menghitung siklus kesuburan tanpa harus menghitungnya secara manual. Nah, jika ingin mengetahui aplikasi program hamil, yuk simak selengkapnya dalam bacaan berikut!

Aplikasi Program Hamil

Ketika sedang menjalani program kehamilan, ibu tentu perlu menghitung masa subur demi meningkatkan peluangnya. Nah, kini ibu bisa menghitung masa subur lebih mudah melalui bantuan aplikasi, lho.

Adapun beberapa rekomendasi aplikasi program hamil adalah sebagai berikut:

1. Ovulation Calculator

Salah satu aplikasi program hamil yang bisa ibu gunakan adalah Ovulation Calculator. Aplikasi tersebut mempunyai fitur ovulation tracker untuk membantu mengetahui waktu terjadinya masa subur.

Fitur tersebut tentu akan sangat membantu ketika ibu menjalani program kehamilan. Pasalnya, ibu akan mengetahui waktu ovulasi serta peluang pembuahan di momen yang tepat.

2. Period Tracker

Rekomendasi aplikasi program hamil yang dapat ibu pilih selanjutnya adalah Period Tracker. Melalui aplikasi tersebut, ibu bisa menghitung siklus haid dengan lebih akurat.

Penggunaannya pun mudah, ibu hanya perlu mengisi data tanggal terakhir kali mengalami menstruasi dan lama waktunya. Apabila data telah masuk, aplikasi tersebut bisa memberikan notifikasi mengenai perkiraan waktu menstruasi pada bulan berikutnya.

3. Flo

Aplikasi program hamil lainnya adalah Flo. Melalui aplikasi ini, ibu bisa mengetahui jadwal menstruasi, kalender menstruasi, serta kalkulator kesuburan. Ibu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

Akan tetapi, aplikasi ini juga menyediakan fitur berbayar untuk membantu memahami kondisi kesehatan serta siklusnya secara lebih baik. Di samping itu, ibu juga dapat mengisi gejala-gejala yang timbul sebelum hamil maupun menstruasi untuk memperoleh hasil lebih akurat.

Baca Juga  Bolehkah Setelah Kuret Memakai Korset? Ini Tips Perawatannya

4. Ovulation Calendar

Rekomendasi aplikasi penghitung masa subur berikutnya adalah Ovulation Calendar. Melalui aplikasi ini, ibu bisa menghitung masa kesuburan melalui perhitungan siklus menstruasi.

Di samping itu, aplikasi tersebut juga membantu memberikan prediksi tentang jenis kelamin anak apabila dilihat dari waktu subur serta terjadinya pembuahan.

5. Kindara

Aplikasi menghitung masa subur selanjutnya adalah Kindara. Aplikasi ini bisa membantu menghitung masa subur dengan memantau suhu basal tubuh. Hal ini memungkinkan ibu untuk mencatat suhu tubuh harian serta memberikan waktu perkiraan ovulasi berdasarkan data harian. Aplikasi Kindara juga menyediakan analisis grafik untuk membantu ibu agar lebih mudah memahami siklus menstruasi dan masa subur.

6. Ovia Fertility and Cycle Tracker

Aplikasi program hamil berikutnya adalah Ovia Fertility and Cycle Tracker. Melalui aplikasi ini, ibu bisa mengetahui sejumlah data mengenai suhu basal serta posisi leher rahim. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu memperkirakan waktu haid berikutnya berdasarkan data bulanan yang telah ibu masukkan. Tak hanya itu, Ovia juga menyediakan saran mengenai tips untuk meningkatkan peluang kehamilan.

7. Glow

Glow juga tergolong sebagai aplikasi penghitung masa subur yang bisa ibu gunakan untuk promil. Ibu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dan ada pula fitur-fitur yang berbayar. Di sisi lain, terdapat fitur meditasi yang membantu ibu untuk mengelola stres serta membandingkan gejala yang terjadi pada tubuh ibu dengan orang lain. Bukan hanya untuk ibu, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pria untuk mengetahui masa subur.

8. Clue

Rekomendasi aplikasi menghitung masa subur yang terakhir adalah Clue. Aplikasi ini bisa digunakan oleh para pengguna Apple maupun Android. Melalui aplikasi tersebut, ibu bisa mengetahui siklus menstruasi secara rutin. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi seputar hormon seksual, kondisi psikologis, gejala PMS, cairan yang keluar dari vagina, hingga emosi.

Baca Juga  Cara Cepat Hamil Dalam 3 Bulan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Selain menggunakan aplikasi, ibu juga bisa menghitung masa kesuburan berdasarkan siklus menstruasi. Pada dasarnya, sel telur hanya bisa bertahan selama 24 jam usai keluar. Maka dari itu, jika sel telur tidak berhasil melalui proses pembuahan dalam waktu 12-24 jam usai ovulasi, kehamilan pun tidak terjadi dan wanita mengalami menstruasi.

Itulah sebabnya, setiap ibu yang menginginkan kehamilan perlu mengetahui masa suburnya. Nah, ibu bisa mengikuti catatan siklus haid setidaknya dalam waktu 8 bulan terakhir. Adapun cara menghitung masa subur wanita adalah sebagai berikut:

  • Mengetahui siklus menstruasi terpendek. Misalnya adalah 27 hari, maka kurangi dengan 18 dan hasilnya 9 hari.. Jadi, hari pertama masa suburnya adalah hari ke-9.
  • Ibu juga perlu mengetahui siklus menstruasi terpanjang. Misalnya adalah 30 hari, kurangi dengan 11 dan hasilnya 19 hari. Jadi, masa subur ibu adalah dari hari ke-9 sampai ke-19.

Selain menghitungnya berdasarkan siklus haid, ibu juga bisa memanfaatkan alat prediksi ovulasi. Alat ini bekerja dengan mendeteksi jumlah hormon luteinizing di dalam urine. Nah, ketika ovulasi telah dekat, hormon tersebut akan meningkat guna mendorong sel telur ke tahapan akhir kematangan. Proses tersebut terjadi sekitar 36 jam sebelum ovulasi.

Penutup

Itulah sederet informasi mengenai rekomendasi aplikasi program hamil dan cara menghitung masa subur wanita. Pada dasarnya, masa subur wanita bisa dihitung dari siklus menstruasi rutin. Namun, jika merasa bingung, ibu bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel. Nah, jika penasaran seputar tips kehamilan lainnya, mari segera kunjungi situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?