fbpx

8 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi pada Bayi

8 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi pada Bayi

Imunisasi adalah upaya yang dilakukan untuk mencegah serangan penyakit melalui pemberian vaksin pada bayi. Meski begitu, beberapa bayi bisa merasakan sakit dan rewel setelah imunisasi, sehingga membuat ibu mudah khawatir. Maka dari itu, mengetahui cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi adalah hal penting.

Dengan begitu, ibu bisa segera menenangkan si kecil dan membuat tidurnya lebih nyenyak. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar cara menghilangkan rasa sakit pasca imunisasi pada bayi, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Apa itu Imunisasi?

Imunisasi adalah cara pencegahan penyakit menular melalui pemberian vaksin dalam bentuk virus yang telah dimatikan atau dilemahkan. Dengan begini, bayi akan terhindar dari serangan penyakit serius. Selain itu, pemberian imunisasi pada bayi secara rutin juga bisa membantu mendukung tumbuh kembangnya.

Di samping itu, vaksin pada bayi sendiri dilakukan secara terjadwal, mulai dari vaksin hepatitis B, BCG, DPT,  polio, influenza, hepatitis A, tifoid, hingga DBD. Selama ibu memenuhi vaksin atau imunisasi bayi dengan penuh, maka si kecil bisa terhindar dari risiko gangguan penyakit. Selain pada anak, vaksin ini juga bisa membantu melindungi masyarakat luas dari risiko penyakit menular.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Imunisasi pada Bayi

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, imunisasi adalah hal penting bagi bayi. Akan tetapi, bayi yang usai menjalani imunisasi biasanya akan menjadi rewel dan merasakan sakit. Hal ini tergolong sebagai efek samping yang umum.

Untuk mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi, yuk simak selengkapnya di artikel berikut ini.

1. Menggosok Area Bekas Suntikan dengan Pelan

Salah satu cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi adalah dengan menggosok bekas suntikan secara perlahan-lahan. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit yang si kecil rasakan.

Baca Juga  Ciri-Ciri Bayi Alergi ASI dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak!

Ibu cukup menggosoknya selama 10 detik untuk membuat kulit bayi terasa lebih nyaman. Selain itu, tekanan yang ibu berikan saat menggosok atau memijat kulit bayi juga dapat meredakan rasa nyeri.

2. Metode 5S

Cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi lainnya adalah menggunakan metode 5S. Cara ini bertujuan untuk meredakan tangisan bayi, mengatasi si kecil yang rewel, serta mengurangi rasa sakitnya.

Adapun beberapa metode 5S yang bisa ibu terapkan adalah sebagai berikut:

  • Swadding, yaitu suatu cara menenangkan bayi dengan cara membedongnya menggunakan kain khusus atau selimut.
  • Side/stomach position, yaitu cara menenangkan si kecil dengan meletakkannya pada perut maupun di samping ibu.
  • Shushing atau membuat suara “sssh” dengan pelan di dekat telinga bayi.
  • Swinging, yaitu mengayunkan bayi di lengan ibu dengan perlahan-lahan.
  • Sucking, yaitu memberikan kesempatan terhadap bayi untuk mengisap puting susu ibu.

Cara ini bisa membantu menenangkan si kecil usai mendapatkan suntikan. Maka dari itu, ketika bayi rewel atau tampak kesakitan, ibu bisa menerapkan metode 5S.

3. Mengalihkan Perhatian Bayi

Cara mengobati rasa sakit pasca imunisasi pada bayi berikutnya adalah mengalihkan perhatian si kecil. Hal ini membantu mengurangi rasa sakit dan membuatnya lebih fokus terhadap lain. Ibu bisa mengajak si kecil bermain, menggambar, atau menghiburnya dengan cara lain untuk membantu mengalihkan perhatian bayi.

4. Kompres Hangat

Cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi juga bisa ibu lakukan dengan mengompres hangat. Ibu bisa merendam kain bersih dan lembut ke dalam air hangat, lalu mengompreskannya pada si kecil selam kurang lebih 10-15 menit.

Untuk letak kompresnya, ibu bisa menempatkannya pada lipatan ketiak maupun lipatan selangkangan si kecil agar lebih efektif dalam menurunkan panas. Sebagai catatan, pastikan bahwa suhu airnya tidak terlalu panas agar tidak melukai kulit bayi.

Baca Juga  9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

5. Menyusui Bayi

Menyusui bayi juga termasuk sebagai salah satu cara menghilangkan rasa sakit usai imunisasi. Hal ini bisa membantu mengalihkan fokus si kecil dan meredakan rasa sakitnya. Proses menyusui umumnya dapat membuat bayi merasa lebih nyaman, karena si kecil merasa lebih mendapatkan perhatian. Selain itu, sedikit rasa manis yang ada pada ASI juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri pada anak. ASI juga berperan dalam memberikan nutrisi, mencegah demam, hingga menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

6. Kompres Dingin

Cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi berikutnya adalah dengan memberikan kompres dingin di area bekas suntikan. Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit yang timbul di area tempat suntikan dan melancarkan peredaran darah.

Akan tetapi, ibu perlu memperhatikan bahwa setiap anak mempunyai batas toleransi rasa dingin yang berbeda-beda. Jadi, ketika si kecil justru menangis atau tidak nyaman saat ibu memberikan kompres dingin, sebaiknya hentikan pengobatan alami ini agar kondisinya tidak semakin parah.

7. Memberikan Analgesik Oral

Cara mengatasi rasa sakit pasca imunisasi pada bayi selanjutnya adalah memberikan analgesik oral. Kemungkinan, dokter akan meresepkan obat untuk membantu mengatasi bayi yang mengalami sakit maupun demam pasca imunisasi. Obat-obatan tersebut biasanya adalah ibuprofen atau acetaminophen. Pastikan bahwa ibu memberikannya kepada si kecil berdasarkan anjuran dokter agar tidak menimbulkan efek samping.

8. Memastikan Bayi Terhidrasi

Cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa si kecil tetap terhidrasi. Apabila bayi telah berusia di atas 6 bulan atau sudah menerima MPASI, kemungkinan akan mengalami perubahan pola makan yang membuat nafsu makannya menurun. Hal ini juga bisa membuat si kecil mengonsumsi sedikit makanan padat pasca imunisasi. 

Baca Juga  Posisi Tidur Bayi agar Tidak Gumoh dan Tips Pencegahannya

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, ibu bisa memberikan beberapa makanan yang lembut pada si kecil, seperti sup hangat dan bubur. Tujuan pemberian makanan tersebut adalah untuk menjaga hidrasi pada tubuh bayi dan mencukupi nutrisinya. Selain itu, ibu juga perlu memberikan ASI atau susu formula untuk menambah cairan dalam tubuh.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai cara menghilangkan rasa sakit setelah imunisasi pada bayi. Pada dasarnya, imunisasi bayi adalah hal penting untuk membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun, jika si kecil semakin rewel atau merasa sakit setelahnya, ibu perlu segera mengatasinya. Maka dari itu, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kesehatan bayi bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?