fbpx

6 Manfaat Korset Terbaik Setelah Caesar, Bisa Pulihkan Luka!

6 Manfaat Korset Terbaik Setelah Caesar, Bisa Pulihkan Luka!

Pasca operasi caesar, Bunda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memulihkan diri. Nah, untuk mendukung proses pemulihan tersebut, menggunakan korset terbaik setelah caesar bisa menjadi solusi yang tepat.

Pasalnya, menggunakan korset bisa membantu meredakan nyeri pasca operasi, penopang dasar panggul, hingga mempercepat pemulihan. Nah, untuk mengetahui manfaat korset terbaik setelah caesar lainnya, yuk simak artikel berikut!

Manfaat Korset Terbaik Setelah Caesar

Pada dasarnya, pasca melahirkan, ibu akan mengalami perubahan bentuk tubuh dan membutuhkan waktu lama untuk pulih, terlebih ketika menjalani operasi caesar. Maka dari itu, untuk menunjang proses perawatan pasca operasi caesar tersebut, ibu perlu mengenakan korset. Adapun beberapa manfaat menggunakan korset terbaik setelah caesar adalah sebagai berikut.

1. Melindungi Luka Jahitan

Salah satu manfaat menggunakan korset setelah melahirkan caesar adalah membantu melindungi luka jahitan. Pasalnya, saat menjalani lahiran caesar, Bunda akan mengalami berbagai tahapan pemotongan lapisan otot maupun jaringan. Nah, selama menggunakan korset, maka luka jahitan caesar bisa terlindungi dari infeksi bakteri maupun risiko robek.

Tak hanya itu, menggunakan korset setelah menjalani operasi caesar juga dapat membantu mempercepat pemulihan luka jahitan. Hal ini karena perut mengalami pengikatan yang berperan dalam mempercepat penyembuhan bekas luka caesar.

2. Memudahkan Mobilisasi

Manfaat korset pasca persalinan caesar lainnya adalah membantu memudahkan mobilisasi. Pada dasarnya, setelah melahirkan caesar, Bunda akan sulit bergerak, karena merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, seperti punggung dan perut. Nah, dengan menggunakan korset, maka ibu dapat mengurangi rasa nyeri, sakit, tekanan, membantu memudahkan Bunda saat bergerak, hingga mencegah terjadinya perdarahan postpartum.

3. Meredakan Nyeri Ketika Nifas

Pasca persalinan, ibu akan mengeluarkan darah nifas untuk membersihkan rahim. Nah, rasa nyeri perut saat nifas ini bisa terjadi akibat kontraksi pada rahim. Kondisi ini umumnya bisa berkurang apabila Bunda memberikan sedikit pijatan. Namun, untuk memudahkannya, Bunda dapat menggunakan korset. Pasalnya, korset dapat memberikan tekanan pada area perut, sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri perut maupun punggung pasca operasi.

Baca Juga  7 Manfaat Menggunakan Korset Melahirkan Normal, Yuk Catat!

4. Mendukung Proses Pemulihan

Manfaat korset pasca persalinan caesar berikutnya adalah mendukung proses pemulihan tubuh. Sebab, setelah melahirkan caesar, Bunda bisa merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, pendarahan ringan, hingga rasa tidak nyaman saat bergerak. Nah, menggunakan korset bisa menjadi alternatif solusi untuk mempercepat pemulihan pasca operasi caesar, sehingga Bunda dapat segera aktif kembali.

5. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Setelah melahirkan, Bunda juga akan mengalami perubahan postur tubuh dan umumnya akan kembali setelah beberapa waktu. Namun, untuk mempercepatnya, Bunda dapat mengenakan korset, karena bisa menopang area pinggang, perut, dan punggung, sehingga berperan dalam memperbaiki postur tubuh setelah melahirkan.

6. Membantu Mengembalikan Ligamen Perut

Manfaat korset untuk Bunda pasca operasi terakhir adalah membantu mengembalikan ligamen perut. Sebab, seiring membesarnya ukuran janin, maka otot perut akan mengalami pemisahan. 

Nah, menggunakan korset dapat membantu mengembalikan posisi ligamen perut yang memisah tersebut, sehingga Bunda pun akan kembali langsing seperti semula. Tak hanya itu, kompresi lembut yang terjadi saat mengenakan korset juga dapat membantu mengembalikan ukuran organ dan otot seperti semula.

Efek Samping Penggunaan Korset Pasca Caesar 

Pada dasarnya, menggunakan korset pasca melahirkan bisa membantu proses pemulihan dan mempercantik kulit kembali. Akan tetapi, Bunda juga perlu memperhatikan jika korset yang digunakan terlalu ketat, bisa menimbulkan efek samping. Adapun beberapa efek samping penggunaan korset pasca caesar adalah sebagai berikut.

  • Menghambat proses bernapas.
  • Mengganggu sirkulasi darah.
  • Perut menjadi gatal akibat keringat.
  • Menekan usus, sehingga bisa memicu sembelit.
  • Meningkatnya intensitas buang air kecil karena tekanan pada kandung kemih.

Maka dari itu pemilihan korset yang tepat menjadi kunci supaya tidak terjadi hal-hal diatas.

Baca Juga  Ini Dia Gerakan Yang Menyebabkan Keguguran!

Tips Menggunakan Korset Pasca Caesar

Nah, agar Bunda terhindar dari berbagai masalah yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya perhatikan tips penggunaannya. Adapun beberapa tips menggunakan korset terbaik pasca caesar adalah sebagai berikut.

  • Hindari penggunaan korset selama seharian.
  • Hindari melilit korset dengan terlalu ketat.
  • Pilih bahan korset yang fleksibel dan lembut agar kulit tak tergores.
  • Pilih bahan korset yang berpori dan sirkulasi udaranya baik, sehingga kulit tidak terasa pengap.
  • Rajin ganti ukuran korset seiring perubahan ukuran perut Bunda.
  • Pilih desain korset yang nyaman.
  • Pilih bahan korset yang bisa menyerap keringat.
  • Apabila Bunda mengeluarkan keringat berlebih dan kesulitan bernapas, sebaiknya lepaskan korset terlebih dulu.
  • Jaga kebersihan korset dengan mencucinya secara teratur dan pastikan sebelum mengenakannya, korset dalam keadaan kering.
  • Beli korset lebih dari satu agar bisa mengenakannya secara bergantian.

Rekomendasi Korset Terbaik Setelah Caesar

Itulah sederet informasi terkait manfaat menggunakan korset pasca operasi caesar. Nah, salah satu produk korset yang bisa moms gunakan adalah korset New Life. Pasalnya, korset ini terbuat dari bahan katun premium yang elastis, fleksibel, dan menggunakan perekat velcro, sehingga nyaman saat menggunakannya.

Tak hanya itu, korset New Life juga dirancang agar dapat menyerap keringat dan tidak ketat, sehingga bisa menghindari risiko gatal pada kulit maupun kesulitan bernapas. Di sisi lain, dengan menggunakan korset New Life, moms juga bisa mengecilkan perut, membantu memulihkan luka jahitan, mengatasi nyeri punggung, hingga memperbaiki postur tubuh. Nah, untuk memperolehnya, langsung saja menuju kanal New Life Official Store!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?