fbpx

10 Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu, Pertanda Tumbuh Gigi!

10 Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu, Pertanda Tumbuh Gigi!

ASI adalah nutrisi penting bagi seorang bayi, terlebih saat baru lahir. Sayangnya, terdapat beberapa kondisi yang menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu secara tiba-tiba. Kondisi ini tentu bisa membuat ibu merasa panik dan takut jika nutrisi bayi tidak tercukupi.

Untuk itu, mengetahui sejumlah penyebab bayi tidak mau menyusu termasuk hal penting. Nah, jika ingin memahaminya, yuk baca selengkapnya dalam artikel berikut!

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu

Bayi yang masih kecil tentu membutuhkan ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, terlebih ketika si kecil belum mengonsumsi makanan apa pun selain ASI. Namun, terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu bayi menolak menyusu.

Adapun beberapa penyebab bayi tidak mau menyusu, yaitu sebagai berikut:

1. Mengalami Bingung Puting

Bingung puting adalah salah satu kondisi yang memicu bayi tidak mau menyusu. Pasalnya, saat mengalami ini, si kecil kesulitan membedakan antara puting ibu maupun botol susu.

Terlebih lagi, jika bayi mempraktikkan cara mengisap dot ke puting, maka akan terasa begitu menyakitkan. Hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan buka mulut yang berbeda, perbedaan aliran susu dari payudara serta botol, maupun perubahan pergerakan lidah akibat minum dari botol.

2. Kesulitan Mengisap Puting

Bayi yang kesulitan mengisap puting kemungkinan juga akan menolak menyusu. Hal ini sering terjadi pada bayi baru lahir, karena belum terbiasa mengisap puting.

Di samping itu, kondisi ini dapat terjadi ketika ibu salah melekatkan mulut bayi dengan puting, sehingga ASI akan sulit mengalir ke mulut si kecil. Padahal, dirinya telah merasa lapar. Nah, kondisi tersebut tentu dapat membuat si kecil menolak menyusu karena rewel.

3. Stres atau Gangguan pada Bayi

Penyebab bayi menolak menyusu lainnya adalah karena si kecil sedang stres atau mengalami gangguan tertentu. Misalnya adalah si kecil berpisah terlalu lama dengan ibu, sehingga membuatnya rewel dan enggan menyusu. Selain itu, reaksi keras ibu saat si kecil menggigit puting juga dapat membuatnya merasa ketakutan, sehingga menolak menyusu.

Baca Juga  8 Larangan Setelah Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui

4. Perubahan Rasa ASI

Alasan bayi tidak mau menyusu berikutnya adalah karena adanya perubahan rasa pada ASI. Hal ini bisa terjadi ketika ibu tidak menjaga asupan makanan serta minuman harian. 

Kebiasaan merokok juga menjadi salah satu faktor penyebab perubahan rasa pada ASI. Bukan hanya itu, ibu yang sedang hamil, menstruasi, atau minum pil KB kemungkinan akan mengalami perubahan hormonal yang memicu perubahan rasa ASI.

5. Keterlambatan Produksi ASI

Penyebab bayi tidak mau menyusu selanjutnya adalah karena keterlambatan produksi ASI. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat produksi ASI terhambat, seperti ibu yang sedang tidak sehat, nyeri payudara, maupun kurangnya asupan makanan.

Alhasil, ASI pun menjadi terlambat keluar dan membuat bayi merasa frustrasi, sehingga dirinya menolak menyusu. Untuk mengatasinya, ibu dapat merangsang keluarnya ASI dengan memijat payudara perlahan-lahan.

6. Puting Datar

Alasan bayi tidak mau menyusu berikutnya adalah karena puting ibu yang datar atau agak masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat si kecil kesulitan menempelkan mulutnya ke puting dan mengisapnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ibu bisa memanfaatkan pompa payudara atau menstimulasi puting, sehingga ASI pun dapat keluar.

7. Bayi Mengalami Cedera

Bayi yang mengalami cedera pada tubuhnya, seperti memar atau bahu patah sebagai efek persalinan kemungkinan juga akan menolak menyusu. Selain itu, bayi baru lahir yang memiliki riwayat cacat fisik atau neurologis juga kemungkinan akan menolak payudara dan tidak bisa menyusu. Untuk itu, ibu bisa mencoba cara menyusu lainnya, seperti menggunakan botol atau pipet.

8. Pertumbuhan Gigi

Pertumbuhan gigi juga menjadi salah satu alasan bayi tidak mau menyusu. Biasanya, hal ini terjadi ketika ibu memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 6 bulan. Selain karena pertumbuhan gigi, bayi yang mengalami sumbatan hidung dan sariawan juga membuatnya enggan untuk menyusu.

Baca Juga  10 Program Hamil Alami yang Tepat dan Aman Dilakukan, Catat!

9. Perubahan Aroma Tubuh Ibu

Alasan bayi tidak mau menyusu lainnya adalah karena perubahan aroma tubuh ibu. Biasanya, ibu mungkin akan menggunakan deodoran, parfum, sabun, maupun losion yang tercium oleh bayi. Alhasil, si kecil bisa menolak menyusu apabila aroma tubuh ibu berbeda daripada biasanya.

10. Bayi Merasa Tidak Nyaman

Penyebab bayi tidak mau menyusu yang terakhir adalah karena si kecil merasa tidak nyaman atau merasa kesakitan. Misalnya, ketika si kecil sedang merasa kembung, tukak mulut, maupun mengalami gangguan pencernaan lainnya, maka kemungkinan dirinya tidak akan merasa nyaman untuk menyusu. Selain itu, bayi yang merasa lelah berlebihan kemungkinan juga enggan menyusu.

Penanganan Bayi Tidak Mau Menyusu

Apabila bayi ibu mengalami kondisi menolak menyusu, sebaiknya lekas atasi masalah tersebut. Pasalnya, jika ibu biarkan begitu saja, hal itu menyebabkan bayi kekurangan nutrisi.

Nah, berikut ini adalah sejumlah penanganan bayi tidak mau menyusu yang dapat ibu lakukan:

  • Lakukan kontak antara kulit ke kulit atau skin to skin. Selain itu, ibu bisa memijat payudara agar aliran ASI lancar dan merangsang keinginan bayi untuk menyusu.
  • Memberikan ASI dengan cara lainnya, misalnya adalah menggunakan pipet, cup feeder, atau botol susu dari ASI perah.
  • Mencari tempat yang lebih tenang agar si kecil merasa nyaman.
  • Menyusui bayi secara teratur.
  • Memerah ASI secara manual atau menggunakan pompa ASI.

Selain menerapkan beberapa cara di atas, ibu juga bisa berkonsultasi kepada dokter, terlebih lagi jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu lama dan tidak kunjung membaik meskipun telah menerapkan sejumlah langkah. Dokter kemungkinan akan memeriksa kemungkinan adanya masalah pada kesehatan bayi.

Penutup

Demikian informasi seputar penyebab bayi tidak mau menyusu yang perlu ibu ketahui. Pada dasarnya, kondisi ini bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan bayi maupun faktor dari busui itu sendiri. Padahal, ASI termasuk sebagai nutrisi penting bagi bayi, terlebih ketika si kecil belum mengonsumsi sumber makanan apa pun selain ASI. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar kesehatan bayi, yuk lekas kunjungi laman New Life!

Baca Juga  Tentang Korset Punggung Wanita dan Fungsinya Untuk Kesehatan Tulang Belakang
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?