fbpx

Berapa Lama Pemulihan Pasca Operasi Caesar? Ini Tahapannya

Berapa Lama Pemulihan Pasca Operasi Caesar? Ini Tahapannya

Pada dasarnya, setelah menjalani operasi caesar, ibu akan merasa nyeri dan perlu memulihkan diri sebelum bisa beraktivitas normal seperti semula. Lantas, berapa lama pemulihan pasca operasi caesar?

Pemulihan pasca operasi caesar umumnya membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 minggu, bergantung pada kondisi ibu dan upaya yang dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai berapa lama pemulihan pasca operasi caesar, baca penjelasannya di artikel ini.

Proses dan Tahapan Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Saat ibu menjalani persalinan caesar, terdapat tahapan pemulihan yang perlu diperhatikan. Lalu, berapa lama pemulihan pasca operasi caesar? Hal ini berbeda pada setiap ibu. Meskipun demikian, rata-rata ibu yang menjalani operasi caesar akan pulih dalam waktu 4-6 minggu.

Nah, untuk mengurangi rasa penasaranmu, berikut ini adalah tahapan pemulihan pasca operasi caesar.

1. Setelah Menjalani Operasi Caesar

Pasca menjalani operasi caesar, ibu akan memperoleh pengawasan dari dokter dan perawat untuk memastikan bahwa kondisinya benar-benar membaik. Tim medis akan rajin memantau beberapa hal, seperti tekanan darah, suhu tubuh, dan jumlah pendarahan.

Selain itu, ibu juga masih menggunakan kateter urine untuk memudahkan saat buang air kecil. Tak hanya itu, ibu juga akan mengalami efek samping dari obat bius dan infus selama beberapa saat.

Saat mengalami efek samping tersebut, dokter akan memberikan obat pereda nyeri melalui cairan infus untuk mengurangi rasa sakit yang ibu alami.

2. Hari ke-1

Pada proses pemulihan pasca operasi caesar di hari pertama, dokter akan menyarankan kepada ibu untuk mulai bergerak atau melakukan aktivitas ringan apabila tidak terjadi komplikasi. 

Di samping itu, ibu juga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mengganti energi selama menjalani operasi dan menyantap makanan lunak agar mudah dicerna.

Baca Juga  Manfaat Korset Pria untuk Sakit Pinggang

Selain itu, ibu juga akan merasakan nyeri perut setelah 18 jam pasca operasi akibat efek samping obat bius. Saat hal itu terjadi, sebaiknya ibu mengurangi gerakan dan tekanan pada perut agar tidak semakin nyeri.

3. Hari ke-2

Memasuki proses pemulihan hari kedua, ibu bisa mencoba beranjak dari tempat tidur dan memulai aktivitas ringan agar lekas sembuh. Di sisi lain, dokter juga akan melepas kateter serta infus, sehingga ibu sudah dapat ke kamar mandi sendiri.

Bukan hanya itu, dokter juga sudah mengizinkan ibu untuk mandi. Akan tetapi, luka jahitan mungkin akan terasa perih saat terkena air. Meski begitu, luka tersebut ditutup oleh perban tahan air dan diganti per 24 jam.

Luka jahitan tersebut umumnya akan mulai membaik setelah 7-10 hari. Seperti persalinan normal, ibu juga akan mengeluarkan darah lokia yang keluar dari vagina selama beberapa minggu.

4. Hari ke-4

Pada hari ketiga maupun keempat, ibu sudah diperbolehkan untuk pulang, menyesuaikan dengan kondisi kesehatannya. Sebelum itu, dokter akan mengganti perban serta mengajarkan terkait cara merawat luka untuk menghindari infeksi.

5. Minggu Pertama

Memasuki minggu pertama setelah melahirkan, umumnya rasa nyeri masih akan terasa pada perut. Itulah mengapa, ibu perlu mengonsumsi obat pereda nyeri yang sebelumnya telah diresepkan oleh dokter.

Keluhan tersebut akan lekas membaik selama ibu menghindari beberapa pantangan, seperti melakukan aktivitas berat atau mengonsumsi makanan pedas dan berlemak tinggi.

6. Minggu Kedua

Pada minggu kedua, ibu bisa melakukan kontrol ke dokter untuk memeriksa perkembangan pemulihannya dan kemungkinan komplikasi.

Pada minggu ini, ibu mungkin juga masih merasakan kram perut akibat benang jahit yang sedang diserap oleh tubuh. Hal itu adalah respons alamiah tubuh sebagai bentuk pemulihan rahim yang berkontraksi.

Baca Juga  Cara Membakar Lemak Perut Hanya dari Kasur

7. Minggu Keempat

Memasuki minggu keempat atau hari ke-28, mayoritas ibu mungkin sudah mulai membaik. Bahkan, ibu juga bisa bergerak lebih nyaman daripada sebelumnya.

Akan tetapi, beberapa ibu mungkin masih membutuhkan perawatan lebih. Penyebabnya adalah kondisi setiap ibu yang berbeda-beda, sehingga proses pemulihannya pun juga dapat berbeda.

8. Minggu Keenam

Pada minggu keenam atau hari ke-48, apabila tidak mengalami komplikasi, biasanya ibu sudah benar-benar membaik dan gerak tubuh juga terasa lebih nyaman. Selain itu, luka jahitan umumnya juga akan mengering dan ukuran rahim sudah kembali normal.

Apabila tanda-tanda tersebut sudah tampak, ibu bisa beraktivitas dengan normal kembali. Akan tetapi, jika luka jahitan belum sepenuhnya sembuh, berarti ibu perlu merawat diri kembali.

Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Selama masa pemulihan pasca operasi caesar, ibu bisa melakukan beberapa hal untuk mempercepat proses penyembuhan. Adapun beberapa tips mempercepat pemulihan pasca operasi caesar adalah sebagai berikut.

  • Beristirahat yang cukup untuk menghindari kelelahan dan mengembalikan energi.
  • Melakukan aktivitas fisik ringan untuk mempercepat proses pemulihan, seperti berjalan santai atau yoga.
  • Mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Mengonsumsi air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Merawat luka jahitan dengan baik, seperti menjaga kebersihannya, memastikan luka tidak lembap, dan mengganti perban secara rutin.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai berapa lama pemulihan pasca operasi caesar dan tips mempercepat proses penyembuhannya. Selain melakukan beberapa aktivitas di atas, ibu juga bisa menggunakan korset, seperti dari New Life.

Pasalnya, korset New Life terbuat dari bahan katun elastis yang nyaman dipakai, membantu mengencangkan otot perut dan pinggul, hingga memperbaiki postur tubuh.

Baca Juga  Sering Mimisan saat Hamil? Ini Penyebabnya yang Umum Terjadi

Untuk itu, yuk segera dapatkan produknya di New Life Official Store atau melalui e-commerce!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?