fbpx

5 Cara Tidur Orang Sakit Pinggang yang Nyaman, Aman Dicoba!

5 Cara Tidur Orang Sakit Pinggang yang Nyaman, Aman Dicoba!

Saat sedang sakit pinggang, kamu mungkin akan merasa serba salah ketika tidur, duduk, maupun berdiri. Hal ini juga membuat tidur malam menjadi terganggu karena rasa nyeri yang ditimbulkan. Itulah mengapa, kamu perlu tahu cara tidur orang sakit pinggang untuk membantu mengatasi rasa nyerinya.

Pasalnya, beberapa posisi tidur dipercaya dapat membantu mengatasi rasa nyeri pinggang dan meningkatkan kualitas istirahat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara tidur orang sakit pinggang, yuk simak artikel berikut!

Cara Tidur Orang Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah gangguan penyakit yang kerap dialami berbagai orang, baik karena masalah sepele, hingga akibat penyakit tertentu. Kondisi ini bisa membuatmu kesulitan tidur. Bahkan, posisi tidur yang tidak tepat pun dapat memperparah kondisinya. Nah, berikut ini adalah beberapa cara tidur orang sakit pinggang yang tepat.

1. Tidur Telentang

Salah satu cara tidur orang sakit pinggang adalah dengan posisi telentang. Posisi ini akan membantu tulang belakang lebih lurus secara alami dan menyesuaikannya dengan anatomi tubuh. Di samping itu, posisi ini juga menghindari rasa nyeri leher dan punggung.

Untuk menerapkan posisi ini, kamu bisa menyelipkan bantal di punggung agar membuat pinggang serta punggung terasa nyaman. Selain itu, kamu juga bisa menyandarkan tubuh dan meletakkan tangan di atas dada, perut, ataupun samping tubuh, tergantung dengan posisi yang membuatmu merasa nyaman.

Di sisi lain, posisi ini juga bermanfaat bagi penderita spondylolisthesis isthmic, yaitu suatu penyakit nyeri kronis yang terjadi karena adanya pergeseran tulang belakang dari tempat sebelumnya. Saat menerapkan posisi ini, kamu juga akan terhindar dari tekanan berlebihan pada beberapa titik tubuh, misalnya tulang belakang, leher, serta kepala.

Baca Juga  Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Hamil Muda

2. Tidur Telentang dan Menopang Lutut

Cara tidur orang sakit pinggang selanjutnya adalah dengan istirahat telentang dan menopang lutut. Posisi ini akan membantu meratakan berat tubuh, sehingga tidak memicu tekanan pada salah satu bagian. Di samping itu, posisi tidur ini juga membantu menyelaraskan area kepala, leher, hingga tulang belakang.

Untuk mengatur posisi tidur ini, berikut ini adalah beberapa caranya.

  • Silakan tidur telentang dan kepala lurus menatap langit-langit, tidak mengarah ke samping.
  • Selanjutnya, taruh bantal di bawah kepala sampai leher untuk menopangnya.
  • Taruh juga bantal berukuran kecil di bawah lipatan lutut untuk memberikan dukungan ekstra.

Pada umumnya, cara tidur telentang ini akan membuat pinggangmu merasa lebih nyaman. Akan tetapi, untuk meningkatkan rasa nyaman tersebut, berikan pula bantal tambahan untuk mengganjal celah antara tubuh dan tempat tidur.

3. Tidur Meringkuk

Posisi tidur meringkuk, seolah seperti janin juga dapat membantu meringankan sakit pinggang. Di samping nyaman, posisi ini juga dapat mengurangi rasa nyeri otot pada punggung dan baik bagi penderita cedera hernia tulang belakang. Pasalnya, posisi ini akan membuat persendian lebih terbuka serta mengurangi tekukan di bagian tulang belakang.

Adapun cara tidur meringkuk seperti janin, yaitu sebagai berikut.

  • Posisikan tubuh dengan berbaring ke samping.
  • Setelah itu, bantal bisa kamu letakkan di bawah kepala dan leher untuk menyangganya.
  • Selanjutnya, tarik lutut ke bagian dada, hingga punggung memiliki posisi lurus.

Dengan menerapkan posisi tidur tersebut, nyeri pinggangmu bisa berkurang. Namun, ketika kamu merasa kurang nyaman, kamu dapat mengubah posisinya ke sisi yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada salah satu sisi pinggang.

4. Tengkurap

Cara tidur orang sakit pinggang selanjutnya adalah dengan tengkurap. Pada dasarnya, posisi tidur ini cenderung tidak diminati oleh orang-orang yang tak mempunyai keluhan nyeri pinggang. Pasalnya, posisi ini bisa menimbulkan nyeri leher pasca bangun tidur. Meski begitu, tidur tengkurap ternyata bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang.

Baca Juga  Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang yang Aman Dilakukan

Nah, apabila kamu menerapkan posisi tidur ini, sebaiknya pilih bantal tipis agar tidak terjadi nyeri pada leher. Bahkan, lebih bagus jika kamu tidak menggunakan bantal di kepala. Di sisi lain, letakkan bantal tipis di bawah perut untuk mengurangi ekstensi lumbar atau bagian tulang belakang yang memiliki lima tulang.

5. Tidur Miring dengan Bantal di Antara Lutut

Cara tidur orang sakit pinggang yang terakhir adalah dengan posisi miring dan meletakkan bantal di antara kedua lutut. Posisi ini cenderung populer dan membuatmu merasa nyaman. Nah, untuk mencegah ketegangan pada punggung bagian bawah, kamu perlu meletakkan bantal di antara dua kedua lutut.

Di samping itu, tujuan lainnya adalah untuk mengangkat posisi kaki serta membuat pinggul, panggul, dan tulang belakang kembali selaras secara alami. Di sisi lain, untuk menjaga keselarasan punggung, kamu juga dapat memeluk bantal atau guling di perut dan dada.

Tips Tidur saat Sakit Pinggang

Selain mengetahui cara tidur orang sakit pinggang, kamu juga perlu memahami tips istirahat yang tepat agar lebih nyenyak. Nah, berikut ini adalah beberapa tips tidur nyenyak saat sakit pinggang untuk kamu ikuti.

  • Menggunakan bantal empuk, tidak terlalu tebal, dan cukup padat untuk tidur telentang.
  • Menggunakan bantal tipis atau tidak menggunakannya sama sekali saat tidur tengkurap.
  • Menggunakan bantal kokoh dan tidak tipis untuk tidur menyamping.
  • Menggunakan kasur ortopedi dengan tekstur cukup keras dan sedikit empuk.
  • Menjaga kualitas tidur, seperti menghindari bermain gawai paling tidak sejam sebelum tidur, menghindari minum kafein sejak sore sampai malam hari, dan mengelola jam tidur setiap hari.

Dengan menjaga kualitas tidur saat sakit pinggang, maka otot, persendian, dan tulangmu bisa lekas membaik. Di samping itu, kamu juga dapat bangun tidur dengan lebih segar. Dengan begitu, kamu pun akan lebih produktif.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai cara tidur orang sakit pinggang yang dapat kamu coba. Di samping itu, menggunakan korset New Life juga dapat membantumu untuk mengatasi sakit pinggang. Sebab, korset ini terbuat dari bahan yang nyaman dan mampu menopang area punggung bawah.

Nah, untuk mendapatkannya, yuk langsung saja cek di New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?