fbpx

10 Keistimewaan Bayi Prematur yang Perlu Ibu Ketahui, Catat!

10 Keistimewaan Bayi Prematur yang Perlu Ibu Ketahui, Catat!

Setiap orang tua tentu tidak menginginkan melahirkan bayi prematur. Akan tetapi, apakah Moms tahu mengenai keistimewaan bayi prematur? Yup, bayi yang terlahir secara prematur juga tetap bisa memiliki kelebihan.

Maka dari itu, Moms tak perlu berkecil hati ketika melahirkan bayi prematur. Nah, untuk mencari tahu lebih jauh mengenai keistimewaan bayi prematur, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Bayi Prematur?

Bayi prematur adalah kondisi saat si kecil terlahir pada usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Hal ini membuat si kecil lebih rentan terserang penyakit. Pasalnya, bayi yang lahir sebelum perkiraan umumnya memiliki organ tubuh yang belum berkembang sepenuhnya. Alhasil, fungsinya pun belum bekerja dengan baik.

Maka dari itu, bayi yang terlahir secara prematur akan memperoleh perawatan intensif terlebih dulu di rumah sakit. Adapun penyebab bayi prematur sendiri ada beragam, seperti komplikasi kehamilan, usia ibu hamil, gaya hidup, kelainan janin, dan lainnya. Nah, untuk mencegahnya, Moms bisa menjaga kesehatan selama kehamilan secara rutin dan rajin berkonsultasi ke dokter.

Keistimewaan Bayi Prematur

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, kelahiran prematur membuat si kecil memiliki berbagai keistimewaan. Adapun beberapa keistimewaan bayi prematur adalah sebagai berikut.

1. Fisik Lebih Prima

Salah satu keistimewaan bayi prematur adalah memiliki fisik yang prima sampai dirinya tumbuh dewasa. Sebab, anak yang terlahir prematur umumnya bisa pulang ketika menunjukkan keadaan fisik yang kuat. Hal ini bisa saja terjadi pada bayi yang lahir sebelum usia kandungan mencapai 28 minggu.

2. Mampu Tumbuh Kuat dan Optimal

Keistimewaan bayi prematur lainnya adalah mampu tumbuh kuat dan optimal, hingga dewasa. Sebab, si kecil yang terlahir prematur termasuk sosok istimewa, karena mampu bertahan sejak lahir. Pertumbuhannya pun bisa terpacu selama nutrisinya sehari-hari tetap terpenuhi. Dengan begitu, si kecil dapat tumbuh lebih optimal.

Baca Juga  Perawatan Tali Pusar Bayi Setelah Lahir

3. Mempunyai Bonding yang Kuat dengan Orang Tua

Selama masih bayi, anak yang terlahir prematur akan memperoleh kasih sayang dan rasa cinta dari orang tua untuk membantu mengurangi rasa sakitnya. Kondisi ini ternyata dapat membuat si kecil memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang tua. Bonding yang kuat dengan orang tua ini juga bisa membantu menstabilkan mental dan emosional si kecil pada masa pertumbuhannya.

4. Lebih Dekat dengan Orang Tua

Sebagaimana penjelasan di atas, bayi prematur akan lebih dekat dengan orang tua. Hal ini karena setelah lahir, si kecil bisa mengalami beberapa masalah kesehatan. Kondisi tersebut tentu akan meningkatkan kekhawatiran orang tua dan membuat mereka lebih perhatian terhadap anaknya. Di sisi lain, orang tua akan sering melakukan sentuhan fisik dengan si kecil yang ternyata bisa merangsang perkembangan otaknya, lho.

5. Berpotensi Meraih Prestasi di Sekolah

Beberapa orang tua mungkin khawatir jika anak yang terlahir prematur akan terhambat dalam hal perkembangan akademik saat di sekolah. Faktanya, meraih prestasi di sekolah tetap bisa terjadi pada anak yang terlahir prematur. Hal ini tentu tidak tercapai begitu saja, tetapi membutuhkan dorongan dan bimbingan dari orang tua untuk menemukan bakat si kecil.

6. Respons Otak Lebih Sensitif

Keistimewaan bayi prematur lainnya adalah memiliki respons otak yang lebih sensitif daripada bayi lainnya. Sebab, memasuki trimester ketiga kehamilan, pertumbuhan bayi, termasuk otak akan meningkat. Meskipun bayi prematur rentan mengalami penurunan volume otak, tetapi responsnya jauh lebih kuat dan sensitif. Hal itu terpicu oleh banyaknya kontak fisik dengan perawat di rumah sakit maupun orang tua.

7. Peka Terhadap Musik

Kelebihan bayi prematur berikutnya adalah peka terhadap rangsangan musik. Pasalnya, setelah lahir, terapi musik adalah salah satu hal yang biasa dilakukan untuk membantu menyeimbangkan perkembangan otaknya.

Baca Juga  Ciri-ciri Orang Hamil yang Perlu Diketahui

Ketika Moms memainkan musik setidaknya lima kali per minggu pada bayi prematur, maka kemampuannya dalam mengingat musik jauh lebih kuat. Secara tidak langsung, kebiasaan tersebut dapat membantu menunjang perkembangan otak si kecil.

8. Tetap Bisa Percaya Diri

Keistimewaan bayi prematur selanjutnya, yaitu bisa tetap memperoleh kepercayaan diri. Hal ini tentu berperan penting dalam masa pertumbuhannya, khususnya ketika memasuki usia sekolah. Maka dari itu, untuk membantu menjaga kepercayaan diri si kecil, orang tua berperan dalam menemukan kelebihannya, tidak meragukan, dan memberikan pujian kepadanya.

9. Butuh Asupan Nutrisi Layaknya Anak Biasa

Banyak orang tua yang khawatir jika anak prematur akan kekurangan gizi dan bisa menghambat tumbuh kembangnya. Namun ternyata, kebutuhan nutrisi bayi prematur tetap sama dengan anak-anak lainnya. Misalnya adalah protein, karbohidrat kompleks, vitamin, kalsium, magnesium, kalium, hingga zat besi. Selama kebutuhan tersebut terpenuhi, maka anak yang terlahir prematur tetap bisa tumbuh sehat.

10. Tidak Selalu Memiliki Masalah Mental

Keistimewaan bayi prematur yang terakhir adalah tidak selalu memiliki masalah mental. Pada dasarnya, anak yang terlahir prematur memang membutuhkan dukungan dari orang tua agar bisa menyesuaikan diri dalam hal emosional dan masalah mental. Maka dari itu, potensi anak prematur mengalami masalah mental, seperti gangguan spektrum autisme, ADHD, depresi, hingga kegelisahan, cenderung tinggi.

Meskipun demikian, tidak semua anak yang terlahir prematur akan memiliki masalah mental, lho. Mereka tetap bisa mengembangkan kemampuan sosial dan emosionalnya selayaknya anak-anak pada umumnya. Hal ini tentu membutuhkan peran orang tua dalam membimbing anaknya.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai keistimewaan bayi prematur. Meskipun memiliki beberapa keistimewaan, bayi yang lahir secara prematur cenderung rentan terserang penyakit atau mengalami masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga  Kenapa Bayi Sering Gumoh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Maka dari itu, ibu perlu melakukan perawatan yang tepat dan rajin berkonsultasi dengan dokter. Nah, jika ingin mengetahui tips merawat bayi prematur dengan tepat, yuk cari tahu dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?