fbpx

10 Daftar Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB, Simak!

10 Daftar Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB, Simak!

Konstipasi atau sembelit bukan hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga bisa dialami oleh bayi yang masih menyusui. Maka dari itu, mengonsumsi makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB adalah hal penting. Sebab, bayi yang masih mengonsumsi ASI sebagai sumber nutrisi utamanya memerlukan gizi dari makanan yang ibu konsumsi setiap hari.

Nah, selama ibu memenuhi asupan gizi serta kalori harian, maka produksi ASI pun bisa lebih lancar dan membantu mencegah BAB tidak lancar pada bayi. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB adalah sebagai berikut.

Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB

Pada dasarnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu mencegah sembelit pada bayi dan mendorong kelancaran buang air besar si kecil. Adapun beberapa jenis makanan ibu menyusui untuk mencegah sembelit pada bayi adalah sebagai berikut.

1. Sayuran Hijau

Salah satu makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB adalah sayuran hijau. Pada dasarnya, sayuran hijau tinggi akan kandungan serat yang baik untuk mencegah konstipasi serta melancarkan BAB.

Asupan sayuran hijau selama masa menyusui juga berperan dalam meningkatkan kelancaran ASI. Adapun beberapa jenis sayuran hijau yang bisa ibu konsumsi adalah sawi, kangkung, bayam, dan brokoli.

2. Pepaya

Rekomendasi buah untuk ibu menyusui agar bayi lancar BAB selanjutnya, yakni pepaya. Buah ini memiliki kandungan nutrisi serta serat yang baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit pada bayi. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan menangkal radikal bebas.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah jenis makanan yang mengandung serat larut, kalori, serta karbohidrat, sehingga baik untuk mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar pada bayi.

Baca Juga  Perubahan Suhu Tubuh saat Hamil Muda yang Wajib Ibu Tahu

Kandungan kalori dan karbohidrat dalam oatmeal juga berperan untuk menambah energi busui agar tak mudah lelah. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa mencampurkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau yoghurt ke dalam oatmeal.

4. Alpukat

Rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB berikutnya adalah alpukat. Buah satu ini mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang bayi serta mendukung kualitas maupun kuantitas ASI. Di samping itu, kadar serat yang tinggi dalam alpukat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit pada bayi.

5. Apel

Apel adalah makanan yang bisa membantu busui untuk melancarkan BAB bayi. Bukan hanya itu, mengonsumsi apel dalam jumlah yang cukup juga berperan dalam mengurangi lemak jahat pada sistem pencernaan, mencegah perut kembung pada bayi, serta membuat perutnya menjadi lebih nyaman. Untuk mengonsumsi apel, ibu bisa memakannya secara langsung, mencampur dengan oatmeal, maupun membuatnya sebagai jus.

6. Kacang Merah

Kacang merah juga termasuk sebagai makanan ibu menyusui untuk mencegah bayi sembelit. Sebab, makanan ini mengandung serat larut dan tidak larut yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan.

Untuk mengonsumsinya, ibu bisa menambahkan kacang merah pada makanan yang hendak dikonsumsi atau mencampurkannya ke dalam oatmeal.

7. Wortel

Makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB lainnya adalah wortel. Sayuran ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu melancarkan buang air besar serta mengatasi sembelit. Bukan hanya itu, wortel juga mengandung vitamin A yang baik untuk mendukung kesehatan mati busui maupun bayi.

8. Ikan Salmon

Rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi lancar buang air besar selanjutnya adalah ikan salmon. Makanan ini mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan melancarkan proses ekskresi. 

Baca Juga  Simak Ini Dia 15 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil!

Kandungan asam lemak omega-3, DHA, serta vitamin B12 juga berperan dalam menurunkan risiko depresi pada ibu usai melahirkan dan mendukung tumbuh kembang otak si kecil. Mengonsumsi ikan salmon ternyata juga berperan dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI.

9. Telur

Rekomendasi makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB lainnya adalah telur. Makanan ini mengandung protein tinggi yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan serta mendukung kelancaran buang air besar pada ibu maupun buah hati. Di samping itu, kandungan protein dalam telur juga berperan dalam melancarkan produksi ASI dan meningkatkan kualitasnya.

10. Stroberi

Jenis makanan ibu menyusui agar buang air besar bayi lancar yang terakhir adalah stroberi. Jenis buah satu ini memiliki kandungan serat tinggi serta rendah kalori yang berperan dalam melunakkan feses, melancarkan buang air besar, dan mencegah sembelit. Di samping itu, stroberi juga tinggi akan kandungan air, sehingga bisa membantu menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh ibu.

Hal yang Perlu Dilakukan saat Bayi Tidak Lancar BAB

Nah, apabila si kecil mengalami sembelit meskipun ibu sudah menjaga pola makan bergizi sehari-hari, sebaiknya jangan panik terlebih dulu. Sebab, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasinya.

Adapun beberapa cara mengatasi bayi tidak lancar BAB adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pijatan lembut di perut bayi dengan gerakan memutar. Cara ini bermanfaat untuk mengendurkan otot di sekitar usus dan kandung kemih.
  • Saat memberikan pijatan, olesi pula dengan minyak telon, khususnya yang mengandung adas atau chamomile. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa hangat, rileks, dan tenang pada bayi.
  • Ibu perlu mengurangi asupan makanan pedas dan minuman berkafein, karena bisa memicu nyeri perut pada bayi.
Baca Juga  7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya, Yuk Simak!

Apabila beberapa cara tersebut masih belum berhasil, ibu bisa segera berkonsultasi kepada dokter untuk membantu mengatasi sembelit pada bayi. Sebab, dokter akan memberikan pengobatan yang lebih tepat dan efektif agar perut bayi kembali sehat.

Penutup

Demikian beberapa informasi penting mengenai makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB yang bisa dikonsumsi. Pada dasarnya, untuk membantu mencegah bayi mengalami sembelit, ibu membutuhkan asupan serat yang cukup. Di samping itu, ibu juga perlu memenuhi ASI bayi untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan si kecil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?