fbpx

8 Jenis Makanan agar Cepat Hamil dan Menyuburkan Kandungan

8 Rekomendasi Makanan agar Cepat Hamil dan Menyuburkan Kandungan

Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak pasangan. Namun, bagi sebagian orang, proses ini mungkin memerlukan sedikit bantuan ekstra. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kemungkinan hamil adalah pola makan. Untuk itu, Bunda perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan agar cepat hamil, seperti sayuran hijau.

Pasalnya, sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi, seperti zat besi, folat, serta antioksidan yang bisa menyuburkan kandungan. Nah, untuk mengetahui beberapa rekomendasi makanan agar cepat hamil lainnya, yuk simak artikel berikut!

Jenis Makanan agar Cepat Hamil 

Nah, bagi Bunda dan pasangan yang mungkin sedang dalam proses merencanakan kehamilan, menjaga asupan makanan adalah hal penting untuk menjaga hormon dan menyuburkan kandungan. Ada berbagai jenis makanan yang dapat Bunda konsumsi, antara lain yaitu.

1. Telur

makanan agar cepat hamil

Salah satu rekomendasi makanan yang bisa membantu menyuburkan kandungan adalah telur. Makanan ini mengandung asam amino tinggi yang berperan dalam meningkatkan kesuburan. Selain itu, kandungan tersebut juga berperan dalam melancarkan aliran darah ke rahim maupun ovarium. 

2. Sayuran Hijau

makanan agar cepat hamil

Rekomendasi makanan agar cepat hamil lainnya adalah sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi penting untuk menyuburkan organ kewanitaan serta kandungan, seperti serat, vitamin, zat besi, protein, maupun antioksidan. Adapun beberapa rekomendasi sayuran hijau yang baik untuk Bunda adalah brokoli, kubis, kangkung, maupun bayam.

3. Alpukat

makanan agar cepat hamil

Alpukat juga termasuk sebagai salah satu makanan agar cepat hamil dan meningkatkan kesuburan. Sebab, buah ini memiliki kandungan vitamin K yang berperan dalam menjaga kadar hormon kewanitaan serta membantu tubuh agar dapat menyerap nutrisi dengan efektif.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

makanan agar cepat hamil

Rekomendasi makanan agar cepat hamil lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Pasalnya, makanan ini mengandung protein nabati, serat, hingga asam lemak omega-3 yang membantu mempertahankan keseimbangan hormon dan mendukung kinerja sistem reproduksi. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat dijadikan sebagai opsi cemilan sehat.

Baca Juga  Waspada Ciri-ciri Janin Tidak Berkembang!

Adapun beberapa rekomendasi kacang-kacangan dan biji-bijian yang baik untuk Bunda konsumsi adalah biji bunga matahari, kacang kenari, kacang polong, kacang kedelai, kacang almond, biji wijen, chia seeds, hingga beras merah.

5. Ikan Salmon

makanan agar cepat hamil

Rekomendasi makanan untuk mendukung program kehamilan lainnya adalah ikan salmon. Sebab, ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3, asam amino, serta protein yang baik untuk menunjang kesuburan dan menjaga kesehatan tubuh.

Bukan hanya itu, jenis ikan ini juga bisa menjaga berat badan janin dan mendukung tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Sayangnya, ikan ini memiliki harga yang relatif mahal. Maka dari itu, sebagai alternatifnya, Bunda juga dapat memilih ikan sarden, tenggiri, tuna, dan tongkol, karena mempunyai nutrisi serupa.

6. Susu dan Produk Olahannya

makanan agar cepat hamil

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt juga termasuk sebagai makanan yang membantu meningkatkan kesuburan kandungan. Pasalnya, makanan atau minuman ini mengandung berbagai nutrisi, seperti folat, fosfor, kalsium, vitamin B6, hingga vitamin D yang mendukung program kehamilan. Di samping itu, susu kaya lemak juga bisa menjadi alternatif untuk menunjang kesuburan.

7. Madu

makanan agar cepat hamil

Makanan agar cepat hamil selanjutnya adalah madu. Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan asam amino yang dipercaya mampu mendukung fungsi ovarium, sehingga kinerja sistem reproduksi bisa meningkat. Meski begitu, penelitian yang mendukung bukti ini tergolong sedikit, sehingga Bunda juga perlu menunjangnya dengan asupan makanan lainnya.

8. Jeruk

makanan agar cepat hamil

Buah jeruk adalah jenis makanan yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, vitamin C, antioksidan, dan folat yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi, ovulasi, serta meningkatkan kualitas sel telur. Selain jeruk, buah-buahan lain, seperti mangga, tomat, dan kiwi juga memiliki nutrisi serupa yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Baca Juga  Tahap Perkembangan Janin Usia Kehamilan 5 Minggu

Makanan dan Minuman yang Perlu Bunda Hindari saat Menjalani Program Kehamilan

Selain menjaga asupan makanan setiap hari, Bunda juga perlu menghindari beberapa makanana atau minuman selama menjalani program kehamilan agar kesuburan kandungan tetap terjaga. Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu Bunda hindari, antara lain yaitu.

  • Makanan kemasan.
  • Ikan tinggi merkuri, seperti tuna mata besar, marlin, todak, hiu, king mackerel, tilefish, hingga orange roughy.
  • Makanan yang mengandung lemak trans.
  • Minuman beralkohol.
  • Minuman bersoda.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai rekomendasi makanan agar cepat hamil dan makanan atau minuman yang perlu Bunda hindari selama menjalani program kehamilan. Pada dasarnya, konsumsi makanan setiap hari bisa memengaruhi kondisi hormon kewanitaan serta tingkat kesuburan. Itulah mengapa, Bunda perlu menjaga asupannya.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Namun, Bunda juga perlu berkonsultasi dengan dokter kandungan maupun ahli gizi untuk mengetahui makanan dan minuman yang tepat dalam konsumsi harian. Selain itu, jaga tubuh agar senantiasa aktif dengan berolahraga secara teratur. Nah, untuk mengetahui tips program kehamilan lainnya, yuk kunjungi situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?