fbpx

Makanan Pelancar ASI Alami: Tips dan Trik

Makanan pelancar asi alami dapat kamu peroleh dari jenis tumbuh-tumbuhan. Banyak macam yang bisa kamu olah bergantian setiap harinya.Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi makanan pelancar asi alami, berikut telah tersusun daftarnya.

Makanan Pelancar ASI Alami

Makanan pelancar asi dapat berasal dari nabati dan hewani. Untuk kamu yang tidak mengonsumsi daging pun dapat menggantinya dengan berbagai pilihan bahan berikut ini.

1. Asparagus

Makanan pelancar asi yang pertama adalah asparagus. Tumbuhan satu ini memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan ibu dan bayi. Kandungan vitamin A dan K pada asparagus juga tergolong tinggi. Selain itu, jenis makanan ini mampu merangsang produksi hormon yang dapat mendorong laktasi sehingga ASI akan lebih lancar setelah mengonsumsinya.

2. Kecambah Alfalfa

Kecambah Alfalfa merupakan jenis kecambah kacang polong. Jenis makanan ini biasa menjadi bahan baku suplemen yang baik untuk meningkatkan produksi ASI. Kamu bisa mengolahnya sebagai salad atau menjadikannya cemilan selama fase menyusui.

3. Beras Merah

Selanjutnya ada beras merah. Selain menjadi sumber karbohidrat rendah kalori pengganti nasi putih, ternyata beras merah memiliki banyak gizi yang lainnya. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang berguna untuk memperlancar aliran ASI selama menyusui.

Mengonsumsi beras merah juga dapat menggugah nafsu makan. Oleh karena itu, jika kamu merasa sedang jenuh dengan nasi putih yang biasanya, beras merah ini dapat menjadi pilihan alternaif untuk tambahan energi menyusui.

4. Kurma

Sejak lama, banyak yang sudah mengakui manfaat dari mengonsumsi kurma. Di dalam kurma terdapat kalsium, serat, vitamin B6, dan zat besi yang akan sangat baik jika dapat diterima bayi melalui ASI. Selain itu, kandungan dalam buah kurma juga mendorong tubuh untuk memproduksi prolaktin yaitu hormon yang merangsang ibu untuk dapat memproduksi ASI.

Baca Juga  Cara Agar Bayi Cepat Masuk Panggul dan Kontraksi

5. Wortel

Wortel adalah sayuran dengan kandungan vitamin A yang melimpah. Vitamini ini sangat penting untuk kesehatan indera penglihatan. Ibu yang mengonsumi wortel dapat menyalurkan kandungan di dalamnya kepada bayi melalui ASI. Wortel juga menjadi pilihan makanan pelancar ASI alami karena sayur ini dapat mendorong proses laktasi pada ibu.

6. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat memperlancar produksi ASI. Kandungan kalsium dan lemak esensial yang terdaoat dalam flaxseed pun juga penting karena diperlukan ibu selama menyusui bayi.

7. Bawang Putih

Jenis bahan makanan yang biasa menjadi bumbu dalam masakan-masakan Indonesia ini ternya juga bisa memperlancar ASI pada ibu menyusui. Bawang putih menjadi satu dari sekian galaktogog atau zat yang berguna untuk menambah produksi ASI.

Walaupun memiliki aroma khas yang kuat dan dapat bercampur dalam air susu ibu, tapi penelitian membuktikan bahwa bayi justru menyukai aroma ini. Hal ini akan memberikan dampak baik jika bayi mengalami kondisi tidak ingin menyusu.

8. Biji Adas

Biji adas mirip dengan bawang putih karena dalam keseharian lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan. Di dalam biji adas, terdapat banyak zat gizi yang baik untuk ibu menyusui. Kandungan fitoestrogen di dalam biji adas mampu meningkatkan produksi ASI seperti hormon estrogen yang terdapat dalam tubuh perempuan.

Biji adas juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan seperti apigenin, asam rosmarinat, asam klorogenat, dan kuersetin.

9. Jahe

Makanan pelancar ASI alami selanjutnya adalah jahe. Jahe mampu merangsang keluarnya ASI yang melimpah karena bahan makanan yang satu ini juga termasuk galaktogog. Jahe bisa dijadikan minumang yang nikmat atau pelegkap masakan sesuai selera kamu.

Baca Juga  9 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil dan Tips Melakukannya

10. Sayuran Hijau

Selama menyusui tentu kamu sudah paham betapa butuhnya asupan sayur mayur. Sayuran yang melengkapi kebutuhan vitamin pada ibu juga akan memenuhi kebutuhan pada bayi. Hal ini karena ASI adalah asupan yang tersalurkan pada bayi sesuai dengan kadar nutrisi yang ada pada ibu.

Dalam sayuran terutama yang berdaun hijau seperti sawi, brokoli, dan bayam mengandung banyak folat, serat, serta fitoestrogen yang baik untuk meningkatkan air susu ibu.

Itulah 10 rekomendasi makanan pelancar ASI alami. Mengupayakan pemberian air susu ibu dibanding susu formula akan memberi dampak yang lebih positif. Hal ini karena ASI memiliki keunggulan tersendiri. Berikut penjelasannya.

Lebih Baik ASI atau Susu Formula?

Kamu sendiri sepertinya sudah menyadari betapa pentingnya ASI untuk bayi. Banyak orang tua yang rela mengonsumi makanan yang lebih sehat demi kelancaran ASI. Hal ini karena ASI memiliki kelebihan tersendiri dibanding susu formula.

ASI mengandung zat gizi yang lebih kompleks dari susu formula. Selain itu, bentuk zat dalam cairan ini juga lebih sesuai untuk bayi baik dari segi komposisi, kualitas, atau daya serap.

ASI juga mampu meminimalisir reaksi alergi susu. Memberikan bayi susu formula perlu menyesuaikan apakah sang anak bisa menerima protein yang berasal dari susu sapi atau menunjukkan reaksi alergi. Namun, hal ini tidak perlu terjadi jika kamu memberikan ASI pada bayi.

Itulah penjelasan singkat mengapa ASI lebih baik daripada susu formula. Mengusahakan pemberian ASI eksklusif lebih disarankan daripada yang lain. Jika terjadi masalah dalam produksi ASI, kamu bisa mengonsumsi makanan pendukung atau menggunakan alat pompa.

Penutup

Makanan pelancar ASI alami bisa kamu jadikan menu tambahan agar bayi tetap mendapatkan nutrisi dari ibu secara langsung. Hal ini karena ASI memiliki manfaat yang lebih kompleks dibanding susu formula. Namun, kamu bisa mengabaikan kondisi ini jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

Baca Juga  Perkiraan Biaya Program Hamil yang Perlu Disiapkan, Catat!

Untuk menemukan informasi seputar ibu dan bayi lainnya, yuk kunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?