fbpx

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan, Yuk Simak!

10 Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan, Yuk Simak!

Pembengkakan kaki saat hamil adalah kondisi normal yang sering terjadi, terlebih lagi ketika ibu telah mengandung usia 9 bulan. Pasalnya, kaki bengkak saat hamil 9 bulan bisa timbul akibat pembesaran rahim yang memicu bertambahnya beban tubuh dan membuat cairan menumpuk. Namun, ibu juga tak boleh menyepelekan begitu saja.

Pasalnya, pembengkakan kaki saat hamil tua akan membuat ibu tidak nyaman selama beraktivitas. Hal ini tentu akan mengganggu rutinitas sehari-hari. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan, simak selengkapnya di artikel ini!

Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan

Pada usia kehamilan tua atau 9 bulan, ibu akan rentan mengalami berbagai keluhan, seperti pembengkakan kaki. Hal ini tentu akan membuat ibu merasa terganggu.

Namun, ibu tak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan, antara lain, yaitu:

1. Batasi Konsumsi Kafein

Salah satu cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan adalah dengan membatasi konsumsi kafein. Pasalnya, asupan kafein berlebihan bisa membuat tubuh secara alami menahan cairan, sehingga memicu terjadinya pembengkakan di sejumlah bagian tubuh. Jadi, ketika ibu terbiasa konsumsi kopi berkafein, sebaiknya ganti asupannya dengan kopi dekafein maupun teh herbal.

2. Batasi Konsumsi Garam

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan berikutnya adalah dengan membatasi konsumsi garam. Sebab, asupan garam berlebihan bisa membuat proses penyerapan air dalam tubuh kurang optimal.

Maka dari itu, untuk mengurangi kaki bengkak, ibu perlu mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kandungan garam, seperti makanan kemasan.

3. Tambah Asupan Kalium

Cara mengatasi pembengkakan kaki saat hamil 9 bulan juga dapat ibu terapkan dengan menambah asupan kalium setiap harinya. Sebab, kalium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengurangi risiko kaki bengkak selama hamil. Adapun beberapa makanan berkalium untuk ibu konsumsi adalah bayam, kentang dengan kulit, maupun yoghurt.

Baca Juga  Korset New Life, Rekomendasi Korset Ibu Melahirkan Terbaik

4. Perbanyak Minum Air Putih

Menjaga asupan air putih juga penting untuk membantu meredakan pembengkakan di area kaki selama hamil tua. Pasalnya, kurangnya cairan tubuh bisa membuat cairan tertahan, sehingga memicu terjadinya pembengkakan. Itulah sebabnya, penting bagi ibu untuk memperbanyak minum air putih setiap hari.

5. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Cara mengurangi pembengkakan kaki saat hamil 9 bulan selanjutnya adalah dengan menggunakan alas kaki yang nyaman. Ibu sebaiknya perlu menghindari sepatu hak tinggi dan sempit.

Pasalnya, selain memicu pembengkakan kaki, sepatu tersebut juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Sebaliknya, gunakan alas kaki yang longgar untuk memberikan sirkulasi udara pada kaki.

6. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan berikutnya, yaitu dengan menghindari kebiasaan berdiri terlalu lama. Hal ini bisa membuat kaki ibu terasa kaku dan memicu penumpukan cairan di tubuh bagian bawah. Oleh sebab itu, perbanyak istirahat dengan duduk dengan posisi kaki berselonjor untuk membantu meregangkan otot betis.

7. Jalan Kaki

Cara menyembuhkan kaki bengkak saat hamil 9 bulan juga bisa ibu lakukan dengan berjalan kaki secara teratur. Cara ini berperan dalam melancarkan aliran darah, melatih otot tubuh untuk persalinan, dan mengurangi pembengkakan. Maka dari itu, ibu perlu menyempatkan waktu setidaknya 10 menit per hari untuk berjalan kaki.

8. Istirahat dengan Meninggikan Posisi Kaki

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan lainnya adalah dengan beristirahat, lalu meninggikan posisi kaki. Meskipun selama kehamilan ibu perlu menjaga tubuh agar tetap aktif, tetapi mengistirahatkan kaki saat mengalami pembengkakan termasuk hal penting.

Itulah sebabnya, ibu bisa meninggikan posisi kaki dengan mengganjal menggunakan bantal. Cara tersebut bermanfaat untuk membantu mengalirkan cairan yang menumpuk pada kaki.

Baca Juga  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Flek Saat Hamil Muda

9. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pakaian ketat yang ibu gunakan bisa mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Itulah sebabnya, saat mengalami pembengkakan kaki, ibu perlu menghindari penggunaan celana atau kaus kaki yang ketat.

Sebaliknya, gunakanlah pakaian yang longgar serta nyaman untuk membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga pembengkakan bisa berkurang.

10. Tidur ke Arah Samping Kiri

Cara mengatasi pembengkakan kaki saat hamil 9 bulan yang terakhir adalah dengan tidur ke arah samping kiri. Cara ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah besar.

Pasalnya, pembuluh darah tersebut berperan dalam mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah menuju jantung. Dengan begitu, pembengkakan pada kaki bisa berkurang.

Kapan Harus ke Dokter?

Pada dasarnya, pembengkakan kaki adalah hal normal, terlebih lagi bagi ibu hamil yang mencapai usia kehamilan trimester terakhir. Namun, ibu perlu lebih waspadai apabila menjumpai beberapa kondisi berikut ini:

  • Pembengkakan kaki tiba-tiba memburuk secara drastis.
  • Pembengkakan yang tiba-tiba di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, kaki, tangan, maupun area sekitar mata.
  • Ibu merasa limbung.
  • Mengalami sakit kepala atau pusing parah.
  • Pandangan kabur.
  • Nyeri di area perut, terlebih lagi pada bagian kanan atas.
  • Kesulitan bernapas.

Jika ibu mengalami beberapa kondisi di atas, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk memperoleh tindak lanjut. Sebab, bisa jadi gejala tersebut muncul akibat masalah kesehatan lainnya. Dengan mengetahui gejalanya sejak dini, ibu pun bisa menjaga kondisi kehamilan sampai kelahiran tiba.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 9 bulan. Pada dasarnya, pembengkakan di kaki bisa ibu atasi dengan cara alami. Namun, apabila tidak kunjung sembuh, ibu perlu segera mengunjungi dokter untuk memperoleh perawatan lanjutan. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Jadi, yuk jaga kesehatan tubuh agar mampu melahirkan secara normal bersama New Life!

Baca Juga  Obesitas pada Anak: Penyebab dan Cara Mencegah
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?