fbpx

9 Makanan Ibu Menyusui yang Sehat & Bergizi Seimbang, Catat!

9 Makanan Ibu Menyusui yang Sehat & Bergizi Seimbang, Catat!

Selama masa menyusui, ibu perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari untuk mendukung gizi harian dan membantu mendorong tumbuh kembang si kecil. Itulah sebabnya, mengetahui makanan ibu menyusui yang bernutrisi adalah hal penting. Sebab, asupan makanan sehat bisa membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI.

Lantas, apa saja rekomendasi makanan ibu menyusui yang sehat? Jika ingin mengetahui beberapa jenis makanannya, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Pilihan Makanan Ibu Menyusui

ASI adalah sumber makanan utama bayi yang nutrisinya diperoleh dari asupan makanan sehari-hari busui. Oleh sebab itu, ibu perlu memperhatikan asupan makanan bernutrisi harian untuk mendukung kualitas dan kuantitas ASI.

Adapun beberapa jenis makanan ibu menyusui yang baik adalah sebagai berikut:

1. Daging Merah

Salah satu rekomendasi makanan ibu menyusui yang baik adalah daging merah. Makanan ini adalah sumber protein hewani yang bisa menjaga kesehatan tubuh ibu. Namun, pastikan agar ibu mengonsumsi daging merah bebas lemak agar lebih sehat. 

Daging merah juga mengandung nutrisi lainnya, seperti zat besi, zinc, hingga vitamin B esensial. Berbagai nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga sel darah merah dalam tubuh, meningkatkan produksi ASI, hingga membantu menambah energi.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna adalah jenis makanan untuk busui yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi. Mulai dari asam lemak omega-3, zat besi, seng, DHA, EPA, vitamin A, D, E, B5, B6, B12, kalsium, magnesium, kalium, hingga fosfor.

Berbagai nutrisi tersebut bisa membantu mendukung pertumbuhan tulang dan perkembangan kognitif bayi. Namun, pastikan bahwa ibu mengonsumsi ikan tuna yang rendah atau bebas kandungan merkuri agar tidak memberikan dampak buruk terhadap kesehatan busui maupun sang buah hati.

Baca Juga  5 Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan agar Ibu Lekas Pulih

3. Telur

Rekomendasi makanan busui berikutnya adalah telur. Makanan ini mengandung protein yang bisa membantu busui kenyang dalam waktu lebih lama serta mendukung kesehatan si kecil.

Di sisi lain, telur juga baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Untuk mengonsumsinya, ibu pun bisa merebusnya, membuat telur orak-arik, atau mencampurkannya dengan masakan lainnya.

4. Pisang

Rekomendasi makanan ibu menyusui selanjutnya adalah pisang. Makanan ini tinggi akan kandungan kalium yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga ibu tidak mudah mengalami dehidrasi.

Pisang juga penting untuk menjaga tekanan darah serta menahan rasa kenyang. Pasalnya, buah manis satu ini mengandung serat, kalsium, vitamin A, C, B6, hingga zat besi yang baik untuk busui ataupun sang buah hati. Untuk mengonsumsi pisang, ibu bisa memakannya langsung, menjadikannya smoothie, atau menambahkannya ke dalam oatmeal.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah yang baik untuk menyusui. Buah-buahan ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan energi serta menjaga sistem imunitas tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Di samping itu, jeruk juga mengandung zat besi dan asam folat yang bisa membantu mendukung perkembangan sistem saraf serta otak si kecil.

6. Sayuran

Jenis makanan ibu menyusui berikutnya adalah sayuran. Pada dasarnya, setiap jenis sayuran kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi busui, seperti kalsium, antioksidan, vitamin A, C, E, dan K. Bukan hanya itu, jenis sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, brokoli, hingga sawi hijau umumnya mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan busui dan bayi.

7. Kacang-kacangan

Makanan ibu menyusui lainnya adalah kacang-kacangan. Jenis makanan ini bisa membantu ibu untuk menahan rasa kenyang lebih lama, karena mengandung serat. Bukan hanya itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan kalsium, seng, zat besi, protein, asam lemak esensial, vitamin B, dan vitamin K yang bisa membantu mencukupi kebutuhan gizi busui maupun bayi. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga berperan sebagai laktogenik untuk membantu melancarkan produksi ASI.

Baca Juga  8 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Catat!

8. Ubi Jalar

Ubi jalar juga termasuk sebagai rekomendasi makanan yang baik untuk busui. Pasalnya, ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem penglihatan dan organ tubuh ibu maupun sang buah hati. Bukan hanya itu, ubi jalar juga mengandung nutrisi yang ibu menyusui butuhkan lainnya, seperti serat, mangan, kalium, vitamin B, hingga vitamin C.

9. Alpukat

Rekomendasi makanan busui yang terakhir adalah alpukat. Jenis buah-buahan ini kaya akan kandungan serat, vitamin B, C, E, K, asam folat, dan potasium. Serat dalam alpukat bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu dan mendorong kelancaran buang air besar pada bayi. Di samping itu, alpukat juga mengandung kalori yang bisa membantu ibu untuk menambah energi serta menahan rasa lapar.

Pantangan Makanan Ibu Menyusui

Pada umumnya, tidak ada larangan khusus bagi ibu menyusui untuk menghindari makanan tertentu. Meski begitu, makanan yang dikonsumsi berlebihan bisa memberikan dampak buruk bagi ibu menyusui maupun bayi.

Maka dari itu, ada beberapa jenis makanan yang perlu ibu hindari asupannya, antara lain yaitu:

  • Makanan dan minuman yang memiliki kandungan pemanis buatan.
  • Makanan dan minuman yang bisa menimbulkan alergi pada busui maupun bayi.
  • Makanan dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Mengonsumsi kafein yang berlebihan. Pada dasarnya, asupan minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan cokelat sebaiknya tidak melebihi 2-3 gelas per hari.
  • Ikan laut yang tinggi kandungan merkuri, karena bisa memicu gangguan sistem saraf bayi, misalnya ikan tenggiri dan ikan makarel.

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar pilihan makanan ibu menyusui dan pantangannya yang perlu diperhatikan. Dengan mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, maka ASI pun akan semakin lancar dan kualitasnya turut meningkat. Di samping itu, ASI yang berkualitas dapat mendukung tumbuh kembang bayi. Untuk itu, yuk selalu perhatikan kebutuhan ibu selama masa menyusui bersama New Life!

Baca Juga  7 Program Hamil Anak Kembar yang Bisa Bunda Terapkan, Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?