fbpx

Wasir Setelah Melahirkan: Penyebab dan Cara Menanganinya

Wasir Setelah Melahirkan: Penyebab dan Cara Menanganinya

Wasir atau ambeien adalah gangguan kesehatan yang bisa muncul di akhir masa kehamilan maupun setelah melahirkan. Hal ini terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah anus yang semakin parah setelah menjalani persalinan. Itulah sebabnya, ibu perlu mengetahui cara menangani wasir setelah melahirkan.

Pasalnya, benjolan wasir umumnya akan membuat ibu merasa tidak nyaman saat duduk, berdiri, maupun ketika sedang buang air besar. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar penyebab wasir setelah melahirkan, simak penjelasan berikut ini!

Penyebab Wasir Setelah Melahirkan

Wasir atau ambeien adalah kondisi yang dapat menyerang siapapun, termasuk ibu setelah menjalani persalinan. Biasanya, wasir akan timbul pada ibu hamil akibat perubahan hormon maupun pembesaran ukuran janin.

Nah, kondisi tersebut bisa lebih parah setelah menjalani proses lahiran normal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab wasir setelah melahirkan adalah:

1. Menderita Sembelit

Salah satu penyebab wasir pasca melahirkan adalah karena menderita sembelit. Kondisi ini akan terasa sakit ketika sedang mengejan saat proses lahiran normal. Akibatnya, hal itu bisa memicu pertumbuhan benjolan wasir.

2. Tekanan Rahim Selama Hamil

Penyebab ambeien setelah melahirkan lainnya adalah karena adanya tekanan rahim selama hamil. Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka ukuran janin pun juga turut membesar.

Nah, pembesaran janin tersebut dapat memicu tekanan pada pembuluh darah di area panggul dan menahan darah mengalir dari rektum. Kondisi tersebut dapat memunculkan benjolan ambeien yang bisa semakin parah saat digunakan mengejan selama proses melahirkan.

3. Mengejan saat Melahirkan

Penyebab wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah karena mengejan saat proses persalinan normal. Ketika sedang mengejan, pembuluh darah di area dubur akan memperoleh tekanan kuat. Tekanan tersebut dapat menghambat aliran darah ke seluruh tubuh. Alhasil, bisa meningkatkan risiko pembengkakan ambeien.

Baca Juga  Kenapa Bayi Sering Gumoh? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Meningkatnya Hormon Progesteron

Penyebab wasir setelah melahirkan yang terakhir adalah karena meningkatnya hormon progesteron saat sedang hamil. Hormon ini berperan dalam membuat pembuluh darah mengalami relaksasi, sehingga lebih mudah membengkak.

Alhasil, kondisi tersebut bisa memperlambat kinerja usus dan menyebabkan sembelit. Seorang ibu hamil yang mengalami sembelit cenderung berisiko mengalami wasir dan bisa semakin parah akibat mengejan saat melahirkan.

Cara Menangani Wasir Setelah Melahirkan

Pada dasarnya, kondisi ambeien ringan akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Akan tetapi, untuk meringankan gejala ambeien yang timbul, ibu perlu segera menanganinya.

Adapun beberapa cara menangani wasir setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Memperhatikan Cara Buang Air Besar

Salah satu tips mengobati ambeien setelah melahirkan adalah dengan memperhatikan cara buang air besar yang tepat. Ibu perlu menjaga kebersihan area dubur setiap usai mandi maupun BAB. Ibu dapat membersihkannya menggunakan air hangat. Di samping itu, ketika menggunakan tisu, pilih bahan yang lembut serta tidak mengandung pewangi. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya iritasi.

Di sisi lain, ibu juga sebaiknya tidak menunda buang air besar. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa membuat feses mengering serta menjadi keras. Alhasil, ibu justru berisiko mengejan keras dan membuat kondisi ambeien semakin parah.

2. Berendam Air Hangat

Cara mengobati wasir setelah melahirkan lainnya juga bisa ibu lakukan dengan berendam di air hangat. Ibu bisa menuangkan air hangat pada bak mandi, lalu merendam area dubur selama kurang lebih 20-30 menit.

Lakukan cara tersebut sebanyak 2-4 kali per hari untuk membantu menyusutkan ukuran wasir. Di samping berendam air hangat, ibu juga bisa mengompres area ambeien dengan es batu selama beberapa kali per hari.

Baca Juga  Hati-Hati, Ini Pantangan Hamil Muda!

3. Duduk dengan Alas Empuk

Cara menangani ambeien setelah melahirkan berikutnya adalah duduk di kursi atau alas empuk untuk mengurangi tekanan pada benjolan di area rektum. Ibu bisa menggunakan bantalan donat saat duduk atau mencari kursi yang empuk. Di samping itu, hindari kebiasaan duduk terlalu lama, karena bisa memberikan tekanan berlebihan pada area benjolan di dubur.

4. Konsumsi Makanan Berserat

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Cara ini berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, melancarkan buang air besar, sehingga kondisi ambeien pun tidak akan semakin buruk.

Adapun beberapa rekomendasi makanan berserat untuk ibu setelah melahirkan adalah biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, maupun buah-buahan. Di sisi lain, pastikan agar ibu juga mencukupi asupan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi, yaitu dengan minum air putih sekitar 8-12 gelas per hari.

5. Gunakan Obat-obatan

Cara mengobati wasir setelah melahirkan juga bisa ibu lakukan dengan menggunakan obat-obatan atas resep dokter. Misalnya dengan menggunakan obat supositoria atau salep oles. Pada umumnya, obat ambeien yang ibu gunakan pasca melahirkan tidak boleh melebihi satu minggu.

Selain itu, ibu juga dapat mengonsumsi obat laksatif guna mengencerkan atau melunakkan feses, sehingga bisa lebih mudah saat buang air besar. Namun, pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu terkait keamanannya.

6. Senam Kegel

Cara mengobati ambeien setelah melahirkan yang terakhir adalah dengan melakukan senam kegel. Olahraga satu ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dari dubur ke seluruh tubuh.

Di samping itu, senam kegel juga bermanfaat untuk memperkuat otot di area sekitar rektum, sehingga bisa meringankan gejala ambeien pasca melahirkan. Untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, ibu bisa melakukan senam kegel secara rutin.

Baca Juga  Ketahui 8 Buah yang Tidak Boleh di Makan saat Hamil Muda

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab wasir setelah melahirkan dan cara menanganinya. Pada dasarnya, wasir pasca melahirkan bisa terjadi akibat mengejan yang terlalu keras. Apabila kondisinya tidak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan alami, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan penanganan lanjutan.

Dokter kemungkinan akan memberikan obat untuk dikonsumsi maupun salep agar benjolannya dapat mengempis. Untuk mencari tahu informasi lain mengenai cara memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan, kunjungi situs New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?