fbpx

Tips Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui, Beri Pijatan!

Tips Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui, Beri Pijatan!

Payudara bengkak adalah kondisi yang sering dialami oleh ibu menyusui. Kondisi ini dapat terjadi karena sejumlah faktor, seperti intensitas menyusui yang tidak teratur, sehingga memicu penumpukan air ASI. Itulah sebabnya, ibu perlu memahami tips mengatasi payudara bengkak saat menyusui.

Sebab, saat mengalami pembengkakan payudara, ibu akan merasa tidak nyaman saat menyusui. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut berkaitan dengan tips mengatasi payudara bengkak saat menyusui, yuk baca artikel berikut ini!

Gejala Payudara Sakit saat Menyusui

Payudara sakit dan mengalami pembengkakan tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman, terlebih saat menyusui. Nah, kondisi ini umumnya bisa ibu kenali dengan sejumlah tanda.

Adapun beberapa gejala payudara bengkak saat menyusui adalah sebagai berikut:

  • Payudara terasa penuh dan berat.
  • Payudara terasa kencang dan keras.
  • Terjadi pembengkakan payudara atau munculnya benjolan.
  • Payudara terasa panas atau hangat saat disentuh.
  • Payudara terasa nyeri, terutama saat menyusui.

Kondisi pembengkakan payudara ini kerap disamakan dengan mastitis. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda. Mastitis laktasi adalah infeksi payudara yang terjadi selama masa menyusui dan memiliki gejala yang mirip dengan flu. Sementara itu, pembengkakan payudara adalah kondisi yang terjadi akibat penumpukan ASI di saluran susu, sehingga memicu tersumbatnya saluran susu.

Tips Mengatasi Payudara Bengkak saat Menyusui

Pada umumnya, payudara bengkak akan membuat ibu merasa tidak nyaman saat menyusui. Hal ini juga bisa berdampak terhadap pemberian ASI terhadap bayi. Padahal, bayi membutuhkan ASI untuk mencukupi nutrisinya, terlebih lagi saat si kecil belum mengonsumsi makanan apa pun selain ASI.

Maka dari itu, mengobati payudara bengkak saat menyusui adalah hal penting. Adapun beberapa tips mengatasi payudara bengkak saat menyusui adalah sebagai berikut:

Baca Juga  6 Ciri-ciri Awal Kehamilan yang Harus Kamu Ketahui Sejak Dini

1. Memperhatikan Posisi Menyusui

Salah satu cara mengatasi payudara bengkak pada busui adalah dengan memperhatikan posisi menyusui. Pasalnya, posisi yang tidak tetap justru bisa memperparah pembengkakan. Nah, salah satu posisi yang bisa ibu terapkan adalah dengan memosisikan dagu bayi ke area yang sakit, kemudian membiarkan si kecil untuk melekatkan mulutnya untuk menyusu. Di samping itu, ibu juga bisa menerapkan posisi menyusui lainnya, misalnya adalah football hold maupun cradle.

2. Menggunakan Baju dan Bra yang Nyaman

Cara mengobati payudara bengkak pada busui lainnya adalah dengan menggunakan baju maupun bra yang nyaman dan tidak ketat. Sebab, pakaian yang ketat bisa memberikan tekanan pada payudara dan memperparah kondisi pembengkakan. Ibu bisa memilih bra yang tidak berkawat dan pas dengan payudara, sehingga dapat membantu menopangnya.

3. Tidak Berhenti Menyusui

Tips mengobati payudara bengkak saat menyusui juga bisa ibu terapkan dengan tidak berhenti menyusui. Hal ini berperan untuk mengosongkan payudara dan mengurangi pembengkakan.

Maka dari itu, ibu bisa membuat jadwal untuk menyusui bayi, yakni setiap 3-4 jam sekali. Ibu bisa memulainya dengan menyusui di area payudara yang sakit. Cara ini bisa membantu membuka saluran susu yang tersumbat, sehingga pembengkakan pun dapat berkurang.

4. Memijat Payudara

Cara mengatasi payudara bengkak pada busui berikutnya adalah dengan memijatnya. Hal ini bisa membantu melancarkan saluran susu yang mengalami sumbatan. Ibu bisa memberikan pijatan lembut sebelum maupun selama proses menyusui.

Caranya adalah dengan memijat menggunakan gerakan memutar di area payudara dengan jari tangan. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, ibu juga bisa mengoleskan minyak zaitun saat memijat.

5. Mengompres atau Berendam Air Hangat

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui lainnya adalah mengompres atau berendam air hangat. Langkah ini bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman di area payudara.

Baca Juga  Penyakit Tiroid pada Kehamilan: Apa yang Harus Dilakukan?

Selain itu, mengompres air hangat juga bisa membantu melancarkan aliran ASI serta mengatasi sumbatan di saluran susu. Ibu bisa merendam handuk ke dalam air hangat, lalu mengompreskannya di area pembengkakan payudara dalam waktu sekitar 10-15 menit. Ulangi selama beberapa kali untuk memperoleh manfaat secara maksimal.

6. Memompa ASI

Tips mengatasi payudara bengkak saat menyusui selanjutnya adalah dengan memompa ASI untuk membantu proses pengosongan saluran susu. Sebab, pembengkakan juga bisa terjadi ketika adanya penumpukan ASI dalam saluran susu. Ibu bisa menggunakan pompa listrik maupun memerasnya dengan manual.

Nah, agar ASI tidak basi, ibu bisa menyimpannya di dalam freezer. Cara ini pun juga akan membantu ketika ibu harus bekerja dan meninggalkan si kecil di rumah, sehingga kebutuhan ASI-nya tetap terpenuhi.

7. Kompres Dingin

Selain mengompres dengan air hangat, ibu juga bisa memanfaatkan air dingin maupun es batu. Balut es batu menggunakan handuk atau rendam handuk ke dalam air dingin, kemudian kompreskan pada payudara yang mengalami pembengkakan.

Cara ini bisa membantu melancarkan aliran darah dan susu, sehingga pembengkakan dapat berkurang. Untuk memaksimalkannya, ibu perlu mengulanginya beberapa kali dalam sehari.

8. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Cara mengatasi payudara bengkak saat menyusui selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Pada dasarnya, mengonsumsi makanan bernutrisi dapat memengaruhi pembengkakan di area payudara.

Selain itu, ibu juga perlu banyak minum air putih per hari untuk mengurangi penyumbatan dan menghidrasi tubuh. Pastikan pula agar ibu beristirahat dengan cukup, sehingga proses penyerapan nutrisi dapat berlangsung secara optimal.

9. Berkonsultasi ke Dokter

Tips mengobati payudara bengkak saat menyusui yang terakhir adalah dengan berkonsultasi kepada dokter. Apabila sumbatan payudara tidak kunjung membaik selama lebih dari 12 jam, sebaiknya ibu segera berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga  7 Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

Hal ini bertujuan untuk memperoleh penanganan lanjutan agar tidak mengganggu proses menyusui. Dokter mungkin juga akan meresepkan obat-obatan untuk membantu meredakan rasa nyeri yang timbul akibat pembengkakan.

Penutup

Demikian informasi penting berkaitan dengan tips mengatasi payudara bengkak saat menyusui. Kondisi ini adalah hal yang sering busui alami, terlebih lagi ketika pola menyusui tidak teratur. Maka dari itu, ibu perlu segera menangani pembengkakan untuk membantu melancarkan keluarnya ASI. Di samping itu, apabila memiliki keluhan lainnya, ibu juga bisa berkonsultasi kepada dokter. Jadi, yuk selalu menjaga kesehatan busui bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?