fbpx

Macam Macam Gendongan Bayi: Tips n Trik

Macam macam gendongan bayi memiliki fungsinya masing-masing. Jika kamu berniat untuk membeli, kamu bisa menentukan berdasarkan kebutuhan dan selera penggunaanmu. Berikut ragam macam gendongan bayi yang ada saat ini.

Macam macam Gendongan Bayi

Gendongan bayi memiliki beberapa jenis. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut 7 macam gendongan bayi yang bisa kamu pilih.

1. Soft Structure Carrier

Jenis yang pertama adalah soft structure carrier. Model satu ini menjadi pilihan yang paling umum karena fungsinya yang memudahkan dan nyaman untuk kamu gunakan di waktu yang lama. 

Jenis soft structure carrier memiliki strap dan sabuk yang dapat menjadi proteksi keamanan. Selain itu, gendongan ini juga dapat menghadap depan atau belakang serta bertumpu pada dua bahu kamu sehingga kamu akan lebih nyaman dan tidak cepat pegal.

2. Ring Sling

Ring sling adalah jenis gendongan bayi yang memiliki keunggulan dua buah simpul pengikat yang dapat kamu atur tingkat kekencangannya. Hal ini mambuat kamu dapat menentukan seberapa kencang ikatannya sehingga posisi pelukan ibu pada bayi dapat lebih pas. 

Gendongan bayi jenis ini juga cocok untuk kamu gunakan pada bayi yang masih menyusui karena letaknya yang menyamping di depan akan memudahkan kamu dalam pemberian ASI secara langsung.

3. Pouch Sling

Mirip dengan model sebelumnya, pouch sling juga bertumpu pada satu bahu dan bisa kamu gunakan untuk menggendong dengan posisi menyamping. Bedanya pouch sling dengan ring sling terletak pada tidak adanya ruang cincin untuk mengencangkan ikatan. Oleh karena itu, jika kamu ingin membeli jenis ini kamu harus menyesuaikan ukuran yang tepat.

4. Baby Wrap 

Baby wrap juga menjadi tipe gendongan bayi yang paling umum. Modelnya yang simpel dan praktis membuatnya banyak jadi pilihan orang tua. Kamu bisa menggendong dengan nyaman menggunakan barang satu ini. 

Baca Juga  Rekomendasi Korset Melahirkan Terbaik

Jenis ini kebanyakan hanya bisa untuk menggendong dengan posisi depan. Namun, desainnya yang dapat menutup tubuh bayi dengan penuh akan membuat bayi kamu lebih hangat dan merasa sedang didekap ibunya secara langsung.

5. Woven Wrap

Woven wrap adalah model yang bisa kamu pilih jika menyukai gaya menggendong di depan. Bentuknya mirip dengan tipe baby wrap. Hanya saja pada jenis satu ini tidak seelastis baby wrap. Bahan yang biasa digunakan adalah katun, linen, dan wol. Secara teknis akan lebih kokoh, jadi lebih cocok jika kamu gunakan untuk menggendong bayi yang mulai tumbuh besar.

6. Backpack Carrier

Jika kamu adalah orang tua yang sering bepergian dan ingin mengajak anak yang masih kecil, backpack carrier akan cocok untuk kamu. Seperti fungsi tas ransel. jenis satu ini membuat kamu seakan membawa backpack yang berisikan bayi. Modelnya yang telah dibuat lebih nyaman untuk bepergian akan membuat bayi nyaman di belakang punggungmu.

7. Meh Dai Carrier

Macam gendongan bayi yang terakhir adalah meh dai carrier. Bentuknya mirip dengan soft structure carrier, tetapi pada jenis ini menggunakan pengikat tali di belakang punggung. Jenis ini lebih cocok untuk kamu gunakan pada bayi yang lebih besar seperti usia 6 bulan ke atas atau balita.

Itulah beberapa macam gendongan bayi. Setiap jenisnya memiiki fungsi dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan kamu. Untuk lebih tepat dalam memilih, berikut tips dalam membeli gendongan bayi.

Tips dalam Membeli Gendongan Bayi

Untuk kamu yang sedang berniat membeli alat penggendong, kamu bisa memerhatikan beberapa tips berikut sebagai pertimbangan.

1. Pilih yang Ada Tudung

Memilih tipe alat penggendong yang terdapat tudung bayi bisa kamu pertimbangkan. Hal ini cocok untuk kamu yang sering membawa bayi ke luar ruangan karena tudung tersebut dapat melindungi bayi dari sinar matahari.

Baca Juga  8 Cara Mengatasi Diare pada Bayi, Cukupi Kebutuhan Cairan!

2. Utamakan yang Memiliki Saku

Membawa banyak bawaan akan sangat merepotkan bagi orang yang membawa anak kecil. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangan untuk memilih model yang memiliki saku. Ini berguna agar kamu bisa menyimpan popok atau barang bawaan lainnya.

3. Motif Lucu dan Warna Terang Bisa Jadi Pertimbangan

Memilih motif yang lucu dan warna terang bisa menjadi penambah estetika dalam outfit kamu. Bayi cenderung identik dengan yang lucu-lucu. Kamu bisa membutnya tampak lebih menawan dengan gendongan bayi yang terlihat elok padanya.

4. Memiliki Bantalan Bahu

Tidak hanya sekadar mencari kenyamanan untuk bayi, kenyamanan dalam menggendong pun harus kamu perhitungkan. Kamu bisa membeli gendongan bayi yang memiliki bantalan pada bahu. Bantalan tersebut untuk mencegah rasa sakit karena menggendong dalam waktu yang tidak sebentar.

Itulah beberapa tips dalam membeli gendongan bayi. Jika kamu sudah mengetahui model yang cocok, jangan lupa untuk menyesuaikan budget juga ya.

Kesimpulan

Macam-macam gendongan bayi ada 7 jenis. Setiap jenisnya memiliki keunggulan tersendiri. Usahakan kamu mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan ketika memilih. Tips-tips tadi juga bisa kamu jadi patokan untuk menemukan jenis yang paling cocok dengan kamu.

Untuk menemukan informasi lainnya seputar perlengkapan bayi, yuk kunjungi New Life

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?