fbpx

Yuk Intip Cara Menghitung Usia Kehamilan!

Yuk Intip Cara Menghitung Usia Kehamilan!

Sebagai calon ibu, kamu harus tahu cara menghitung usia kehamilan. Semakin dini usia kehamilan diketahui, semakin rendah risiko kehamilan dan persalinan. Dalam dunia kebidanan, ada beberapa cara menghitung usia kehamilan. Usia kehamilan sendiri dapat menggambarkan janin sedang berada di fase apa dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan bagi calon ibu dan janin.

Ada beberapa metode untuk menghitung usia kehamilan. Yuk ketahui lebih dalam!

Manfaat Menghitung Usia Kehamilan 

Bagi calon ibu sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana cara menghitung usia kehamilan. Jadi gak hanya dokter, perawat, dan bidan saja yang perlu mengetahui cara menghitung usia kehamilan. Dengan mengetahui usia kehamilan sejak dini, calon ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan lebih baik dan terencana, seperti: 

  • Dapat memantau perkembangan janin, sehingga jika terdapat masalah dapat berkonsultasi langsung dengan dokter .
  • Dapat memperkirakan kapan hari lahir calon bayi.
  • Dapat menjadwalkan pemeriksaan kehamilan trimester dengan rutin. 
  • Dapat memperkirakan berbagai faktor risiko sebelum dan setelah melahirkan.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Terdapat beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan, mulai dari metode berdasarkan hari pertama haid, hasil USG, hingga deteksi gerakan janin. 

1. Metode Hitungan Kalender Haid

Menghitung usia kehamilan dengan metode perhitungan kalender biasanya digunakan oleh calon ibu yang memiliki haid teratur dengan jarak 28 atau 30 hari. Usia kehamilan dihitung dari saat pembuahan hingga kelahiran bayi. Untuk menghitung usia kehamilan sangat sederhana yaitu berdasarkan hari pertama haid terakhir atau HPHT. 

Jadi untuk menerapkan metode perhitungan usia kehamilan ini, calon ibu perlu mengetahui kapan hari pertama haid terakhir (HPHT)kamu. Dengan metode ini, calon ibu dapat menghitung usia kehamilan bayi dan hari perkiraan lahir calon bayi. Berikut cara menghitung usia kehamilan dengan metode HPHT atau yang dikenal Rumus Naegele ini, sebagai berikut:

  • Jika HPHT bulan Januari hingga Maret. Misalnya HPHT pada 10 Februari 2023, maka hitungannya:
    Tahun: 2023
    Bulan: 2 + 9 = 11
    Hari: 10 + 7 = 17
    Sehingga hari perkiraan lahir: 17-11-2023 atau 17 Desember 2023
  • Jika HPHT bulan April hingga Desember. Misalnya HPHT pada 20 Juli 2023, maka hitungannya:
    Tahun: 2023 + 1 = 2024
    Bulan: 7 -3  = 4
    Hari: 19 + 7 = 26
    Sehingga hari perkiraan lahir: 27-4-2024 atau 17 April 2024
Baca Juga  5 Penyebab Baby Blues Sebelum Melahirkan & Cara Mengatasinya

2. Berdasarkan Hasil USG

Selain metode HPHT, calon ibu juga bisa menghitung usia kehamilan dengan hasil ultrasonografi atau yang lebih dikenal USG. Bunda bisa pergi ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan USG, kemudian dokter akan memeriksa dan membaca hasil USG tersebut.

Ada 2 metode pemeriksaan USG, yaitu:

  • Transvaginal: dilakukan pada awal kehamilan, menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina.
  • Transabdominal: p dilakukan ada trimester terakhir kehamilan, melalui alat yang dipasang di perut

Berdasarkan pemeriksaan USG, dokter kandungan akan menghitung diameter kantung saat usia kehamilan kurang dari atau sama dengan 6 minggu. Sedangkan saat usia kehamilan antara 7 hingga 14 minggu mulai memperkirakan perkembangan janin. Dan usia kehamilan lebih dari 12 minggu, dokter akan menghitung lingkar kepala janin.

3. Mendeteksi Gerakan Janin

Jika dibandingkan dengan metode USG, cara menghitung usia kehamilan menggunakan deteksi gerakan janin memang kurang akurat, namun tidak apa-apa jika bunda ingin mencobanya sendiri di rumah. Seperti namanya, bunda akan mendeteksi secara manual dengan merasakan gerakan janin. Bagi bunda yang baru pertama kali hamil, jika merasa janin sudah mulai bergerak maka usia kehamilannya diperkirakan antara 18 sampai 20 minggu. Sedangkan bagi bunda yang sudah pernah hamil sebelumnya, usia kehamilan diperkirakan 16 hingga 18 minggu saat janin mulai bergerak.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan. Cukup sederhana dan mudah diterapkan bukan? Jadi pastikan selalu untuk calon ibu menghitung usia kehamilan sehingga dapat mempersiapkan persalinan dengan terencana ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat? Ini Cara Agar Aman
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?