fbpx

Senam Kegel Ibu Hamil: Gerakan dan Kegunaannya

Senam kegel ibu hamil adalah salah satu jenis senam kehamilan. Senam kegel dapat kamu lakukan untuk menyiapkan proses kehamilan dan menambah kebugaran. Namun, sebenarnya amankah ibu hamil melakukan senam? Simak di bawah ini ya.

Bolehkah Senam Saat Hamil?

Selama hamil sebenarnya ibu tidak boleh untuk melakukan aktivitas yang berat. Aktivitas yang berlebihan dapat menguras stamina ibu hamil. Hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan janin. Namun, bukan berarti selama hamil kamu hanya diam bersantai tanpa melakukan pergerakan.

Ketika hamil kamu juga perlu menjaga kebugaran. Olahraga ringan yang bisa kamu pilih saat hamil salah satunya adalah senam. Melakukan senam saat hamil sebenarnya baik selama gerakannya tidak membahayakan.

Senam sah saja untuk kamu lakukan, apalagi ditemani instruktur profesional yang memastikan setiap gerakan benar tanpa menyakiti daerah perut. Senam juga baik karena selain mencegah otot tegang dan kaku, kegiatan tersebut dapat menjadi latihan pernapasan dan persiapan sebelum melahirkan.

Demikian penjelasan tentang senam ketika hamil. Olahraga ringan ini baik untuk kamu lakukan asal gerakannya tepat dan tidak membahayakan kandungan. Salah satu senam yang bisa kamu pilih adalah senam kegel. Berikut gerakan-gerakannya.

Gerakan Senam Kegel Untuk Ibu Hamil

Senam kegel adalah senam yang berfokus pada pinggul. Senam ini sudah ada sejak 1940 dan tercipta dengan tujuan untuk mengatasi masalah sulit menahan buang air kecil pada perempuan. Beriku beberapa gerakan senam kegel yang bisa kamu lakukan saat hamil.

1. Pose Berdiri

Senam kegel bisa kamu lakukan sambil duduk atau berdiri. Untuk gerakan pada posisi berdiri, lakukan gerakan berikut ini.

  • Berdirilah dengan postur tubuh yang baik. Buka kaki selebar bahu.
  • Hirup udara dalam-dalam, lalu perlahan embuskan sambil mengontraksikan otot panggul selama sepuluh detik.
  • Ulangi langkah tadi sebanyak 10 – 15 kali.
Baca Juga  Bolehkah Setelah Kuret Memakai Korset? Ini Tips Perawatannya

2. Pose Duduk

Jika kamu merasa cepat lelah jika harus melakukan kegiatan senam sambil berdiri saat hamil, kamu bisa melakukan senam kegel sambil duduk. Pada pose duduk, kamu bisa menggunakan bantuan kursi atau bola gym. Berikut langkah-langkahnya.

  • Duduklah dengan perlahan dan hati-hati.
  • Tegakkan punggung kamu dan rapatkan kedua telapak kaki pada lantai.
  • Selanjutnya, picu ketegangan otot panggul seperti sedang menahan buang air kecil selama 10 detik.
  • Ulangi gerakan tadi sebanyak 10 – 15 kali.

3. Pose Bersila

Selain bisa kamu lakukan dengan posisi berdiri dan duduk dengan bantuan kursi atau gym ball, senam kegel juga bisa kamu lakukan dengan duduk bersila di atas lantai atau matras. Berikut langkah-langkah senam kegel pose bersila.

  • Lakukan posisi duduk bersila dengan kedua telapak kaki saling berhadap-hadapan.
  • Tegakkan punggung kemudian kedua tangan memegang lutut dengan rileks.
  • Tarik nafas diikuti mengontraksikan otot panggul selama 10 detik.
  • Embuskan nafas secara perlahan.
  • Ulangi langkah tersebut sebanyak 15 kali.

4. Pose Berbaring

Jika kamu adalah ibu hamil yang memiliki perut dalam kondisi besar, kamu bisa mencoba senam kegel sambil berbaring. Berikut langkah-langkahnya.

  • Lakukan pose berbaring menyamping dengan hati-hati. Pastikan tidak ada tekanan pada bagian perut.
  • Letakkan tangan di bawah kepala kamu, kemudian angkat kaki yang berada di posisi atas dan luruskan ke arah depan seperti akan menendang.
  • Otot panggul ditegangkan sambil menarik nafas selama 10 detik.
  • Lakukan gerakan tadi dengan menyamping ke arah sebaliknya, masing-masing ulangi 10 – 15 kali.

Itulah beberapa gerakan untuk melakukan senam kegel dengan aman saat hamil. Kamu bisa melatihnya di rumah. Sebaiknya minta keluarga atau seseorang untuk menemani kamu ketika melakukan senam kegel. Ini bertujuan untuk bersiaga apabila terjadi sesuatu selama kamu berolahraga.

Baca Juga  Kram Perut Saat Hamil: Penyebab dan Solusi

Kegunaan Senam Kegel

Senam kegel sebenarnya tercipta untuk mengatasi ketidakmampuan menahan buang air kecil pada perempuan. Namun, senam ini juga memiliki kegunaan lainnya. Pada ibu hamil, melakukan senam kegel dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Kemudian, jika kamu rutin melakukan senam kegel juga bisa untuk mengatasi kondisi inkontinensia.

Senam kegel juga berguna untuk menyiapkan tubuh kamu dalam menghadapi proses persalinan nantinya. Gerakan senam yang berfokus melatih otot panggul ini akan membantu kamu untuk terbiasa menggunakan otot di bagian tersebut.

Ketika otot panggul sering digunakan, maka ia akan lebih elastis untuk merenggang dan menyusut sehingga dapat mengurangi robekan dan lebih cepat pulih setelah proses melahirkan.

Itulah kegunaan dari senam kegel pada ibu hamil. Sebaiknya lakukan setiap olahraga sambil ditemani instruktur atau olahraga agar kamu terhindar dari cedera.

Penutup

Senam kegel ibu hamil dapat menjadi olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Senam ini juga memiliki kegunaan sebagai usaha mempersiapkan diri menghadapi proses melahirkan. Hal tersebut karena gerakan dalam senam kegel berfokus pada otot panggul. Otot panggul yang terbiasa dengan gerakan ini akan lebih cepat pulih ketika melewati tahapan persalinan.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar ibu hamil, kamu dapat mengunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?