fbpx

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Ini Manfaat dan Dampaknya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Ini Manfaat dan Dampaknya

Bolehkah ibu hamil makan nanas? Pada dasarnya, nanas adalah buah yang bernutrisi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, selama kehamilan, konsumsi nanas sebaiknya dibatasi. Pasalnya, konsumsi nanas yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Hal ini bukan berarti Bunda tak boleh makan nanas, lho. Sebab, takaran konsumsi nanas yang tepat justru bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kehamilan. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang bolehkah ibu hamil makan nanas, yuk simak artikel berikut!

Bolehkan Ibu Hamil Makan Nanas?

Terdapat berbagai macam mitos seputar pantangan makanan yang sering beredar bagi ibu hamil. Salah satu contohnya adalah pandangan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi nanas. Hal ini karena adanya keyakinan bahwa buah nanas memiliki tingkat keasaman tinggi, sehingga dapat berdampak negatif bagi kesehatan ibu hamil. 

Sebetulnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa memecahkan protein dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko kontraksi dini, pendarahan abnormal, hingga keguguran. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat terjadi apabila Bunda mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Sebaliknya, saat Bunda makan nanas dengan bijak, maka enzim bromelain tersebut justru bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan janin, karena nutrisi tersebut bisa memecah protein dalam tubuh. Itulah mengapa, buah nanas tetap aman untuk Bunda konsumsi asalkan tidak berlebihan.

Manfaat Makan Nanas bagi Ibu Hamil

Nanas adalah jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin A, C, magnesium, zat besi, sukrosa, fosfor, natrium, kalsium, serta enzim bromelain. Dengan berbagai nutrisi tersebut, buah nanas juga berperan dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat nanas untuk ibu hamil.

Baca Juga  Masa Nifas: Fakta Seputar Pemulihan Pasca Melahirkan

1. Membantu Proses Persalinan

Salah satu manfaat nanas bagi ibu hamil adalah membantu proses persalinan. Pasalnya, kandungan enzim bromelain dalam nanas berfungsi untuk melunakkan leher rahim serta merangsang kontraksi pada ibu hamil. Jadi, saat mengonsumsinya menjelang waktu melahirkan, maka nanas dapat memperlancar proses persalinan. Namun, sebaiknya Bunda tidak mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan, sebab bisa meningkatkan risiko diare.

2. Mengurangi Kecemasan

Merasa cemas menjelang melahirkan adalah hal wajar bagi ibu hamil. Pasalnya, banyak ibu hamil yang mengkhawatirkan kondisinya serta sang buah hati. Akan tetapi, rasa cemas yang berlebihan justru dapat membahayakan kondisi Bunda, lho. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Bunda dapat mengonsumsi nanas dalam takaran yang cukup. Pasalnya, nanas mengandung vitamin dan flavonoid yang berperan dalam memberikan efek menenangkan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat nanas bagi ibu hamil berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Pada dasarnya, saat hamil, Bunda rentan mengalami masalah stretch mark pada kulit. Kondisi tersebut tentu bisa menurunkan rasa percaya diri. Nah, nanas memiliki kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan produksi kolagen untuk kulit, sehingga berperan dalam menyamarkan stretch mark. Dengan demikian, ibu hamil tidak perlu khawatir tentang masalah kulit yang sering terjadi selama kehamilan.

4. Sumber Nutrisi Penting

Nanas menyediakan berbagai nutrisi penting untuk kesehatan ibu dan janin, seperti asam folat, zat besi, magnesium, mangan, dan vitamin B6. Nah, beragam nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan potensi bayi terlahir sehat dan menjaga kadar darah dalam tubuh. Namun, penting untuk Bunda perhatikan bahwa takaran konsumsi nanas yang tepat dapat berbeda-beda bagi setiap ibu hamil. Itulah sebabnya, sebaiknya Bunda berkonsultasi langsung dengan dokter selama pemeriksaan rutin kehamilan untuk menentukan takaran nanas yang sesuai.

Baca Juga  16 Buah Larangan Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

Dampak Makan Nanas Berlebihan saat Hamil

Meskipun nanas memiliki manfaat bagi ibu hamil, tetapi konsumsi yang berlebihan justru bisa memberikan dampak negatif. Adapun sejumlah dampak negatif makan nanas berlebihan saat hamil, antara lain yaitu.

1. Risiko Keguguran atau Persalinan Prematur

Efek bromelain dalam nanas dapat memicu kontraksi. Nah, jika terjadi pada waktu yang tidak tepat, seperti saat usia kehamilan masih muda, nanas bisa menyebabkan persalinan prematur, kontraksi dini, hingga keguguran. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan, terutama pada trimester awal kehamilan.

2. Dampak pada Kulit Bayi

Dampak mengonsumsi nanas berlebihan lainnya adalah bisa memberikan efek buruk pada kulit bayi. Hal ini terjadi jika nanas disajikan dalam kondisi panas yang memicu alergi kulit. Pasalnya, nanas dalam kondisi panas dapat mengeluarkan zat beracun yang berbahaya bagi kulit.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai bolehkah ibu hamil makan nanas. Pada dasarnya, mengonsumsi nanas saat hamil memang memiliki manfaat nutrisi yang berharga. Namun, Bunda perlu bersikap bijak dalam mengonsumsinya, seperti makan buah yang segar dan hindari produk olahannya, karena nutrisinya boleh jadi sudah rusak.

Di samping itu, Bunda dapat mengonsumsi sumber nutrisi lainnya, seperti sayuran hijau, daging rendah lemak, hingga produk susu rendah lemak. Di samping itu, konsultasi pula dengan dokter untuk memperoleh saran terkait asupan nutrisi yang baik selama masa kehamilan. Jadi, yuk selalu jaga kesehatan kehamilan! Bunda juga bisa memperoleh informasi lain pada kanal New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?