fbpx

Rekomendasi Susu Penambah HB untuk Ibu Hamil, Yuk Catat!

Rekomendasi Susu Penambah HB untuk Ibu Hamil, Yuk Catat!

Pada dasarnya, ibu hamil cenderung rentan mengalami anemia akibat kekurangan zat besi. Maka dari itu, ibu perlu mencukupi kebutuhan zat besi untuk membantu menambah hemoglobin atau Hb. Adapun salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi susu penambah Hb untuk ibu hamil.

Pasalnya, susu memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu menambah kadar hemoglobin dalam tubuh. Nah, jika ingin mengetahui rekomendasi susu penambah Hb untuk ibu hamil, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Susu Penambah Hb untuk Ibu Hamil

Susu adalah salah satu sumber nutrisi penting selama masa kehamilan untuk mendukung kesehatan ibu maupun buah hati dalam kandungan.

Susu juga memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti vitamin dan zat besi yang bisa membantu menambah Hb atau hemoglobin dalam tubuh. Sebab, selama masa kehamilan, ibu cenderung rentan mengalami anemia. Nah, agar tidak mengalaminya, berikut ini adalah beberapa rekomendasi susu penambah Hb untuk ibu hamil.

1. Anmum Materna

Salah satu rekomendasi susu penambah Hb untuk ibu hamil adalah Anmum Materna. Adapun beberapa kandungan dalam Anmum Materna adalah asam lemak esensial, asam sialat, gangliosida, kalsium, vitamin B6, hingga zat besi.

Dengan berbagai nutrisi tersebut, Anmum Materna berperan dalam membantu menambah hemoglobin dalam tubuh, mengurangi keluhan mual dan muntah saat hamil, hingga membantu menjaga pertumbuhan mental bayi. Di sisi lain, produk susu Anmum Materna rasa cokelat tidak mengandung laktosa maupun lemak, sehingga baik untuk ibu yang memiliki riwayat intoleransi laktosa.

2. Prenagen Lactamom

Prenagen Lactamom juga termasuk sebagai susu yang bisa membantu menambah hemoglobin bumil. Pasalnya, susu ini mengandung zat besi yang berperan dalam mencegah anemia serta meningkatkan kadar sel darah merah.

Baca Juga  8 Rekomendasi Olahraga Ibu Hamil dan Tips Tetap Aman, Simak!

Bukan hanya itu, Prenagen Lactamom juga mengandung nutrisi lainnya, misalnya vitamin B2 dan B12 yang berperan dalam mendukung produksi ASI, serta asam lemak omega-3 serta DHA yang baik untuk perkembangan otak janin.

3. Lactamil Pregnasis

Rekomendasi susu penambah Hb untuk ibu hamil yang terakhir adalah Lactamil Pregnasis. Susu ini mengandung berbagai nutrisi penting untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Mulai dari zat besi, vitamin D, asam folat, kalsium, hingga protein.

Dengan beberapa nutrisi tersebut, ibu bukan hanya bisa terhindar dari risiko anemia, tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mendukung tumbuh kembang si kecil dalam kandungan. Adapun aturan konsumsi hariannya adalah sebanyak dua gelas per hari.

Cara Meningkatkan Hb pada Ibu Hamil

Selain dengan mengonsumsi susu, ibu juga bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh melalui asupan lainnya. Adapun beberapa cara meningkatkan Hb pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Salah satu cara menaikkan Hb pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Pada dasarnya, zat besi adalah sumber nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan sel darah merah dalam tubuh dan mencegah anemia.

Adapun beberapa sumber zat besi yang bisa ibu konsumsi adalah bayam, sereal, kacang-kacangan, dada ayam, daging sapi, ikan, hingga kerang.

2. Konsumsi Asam Folat

Mengonsumsi asam folat juga berperan dalam menambah hemoglobin dalam tubuh bumil. Selain itu, asupan asam folat yang cukup juga berperan dalam mendukung perkembangan otak serta sumsum tulang belakang bayi, hingga mencegah bayi cacat lahir.

Adapun beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, daging, alpukat, hingga jeruk. Di sisi lain, ibu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca Juga  6 Manfaat Korset Pasca Melahirkan dan Aturan Penggunaannya

3. Mencukupi Vitamin C

Cara menambah Hb pada ibu hamil berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Sebab, vitamin C memiliki kemampuan untuk menyerap zat besi, sehingga bisa membantu menambah hemoglobin dalam tubuh.

Adapun beberapa makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C adalah mangga, jeruk, kiwi, tomat, hingga pepaya.

4. Konsumsi Buah

Cara meningkatkan Hb pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Pada dasarnya, buah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kehamilan, seperti zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, hingga magnesium.

Berbagai nutrisi tersebut bukan hanya berperan dalam menjaga kadar darah ibu, tetapi juga bisa membantu menambah energi, dan mendukung tumbuh kembang janin. Adapun beberapa jenis buah yang bisa ibu konsumsi adalah kurma, delima, bit, pisang, jeruk, serta stroberi.

5. Minum Madu

Cara meningkatkan hemoglobin pada bumil yang terakhir adalah dengan minum madu. Sebab, madu mengandung nutrisi yang bisa mendukung pertambahan darah dalam tubuh bumil. Di samping itu, ibu bisa mengonsumsi madu dengan sumber zat besi lainnya, seperti buah-buahan.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai susu penambah Hb untuk ibu hamil dan cara meningkatkan hemoglobin lainnya yang bisa bumil lakukan. Pada dasarnya, susu mengandung zat besi yang bisa membantu menambah hemoglobin selama masa kehamilan. Dengan begitu, ibu bisa terhindar dari risiko anemia.

Di samping itu, ibu juga perlu menjaga asupan nutrisi lainnya. Misalnya dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan, maupun ikan. Jadi, yuk selalu perhatikan asupan makanan dan minuman bumil setiap hari bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?