fbpx

Punggung Pegal Saat Hamil? Intip 7 Cara Menghilangkannya

Punggung pegal saat hamil bisa kamu hilangkan dengan beberapa cara. Punggung yang nyeri memang sangat mengganggu apalagi ketika kamu tidak mampu banyak bergerak seperti saat hamil. Oleh karena itu, kam bisa mengatasinya dengan beberapa cara yang telah terangkum di bawah ini.

Cara Menghilangkan Punggung Pegal Saat Hamil

Sudah merasa terganggu dengan pegal yang sering menyerang punggung? Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasinya.

1. Membiasakan Postur Tubuh yang Baik

Punggung pegal bisa terjadi karena terlalu sering berada di posisi yang membuatnya nyeri. Postur tubuh yang membungkuk sering menjadi hal yang membuat kondisi tersebut. Banyak orang yang secara tidak sadar sering membungkuk ketika membaca, bermain ponsel, atau sekadar duduk.

Jika kamu sudah mengalami gejala punggung yang sering terasa pegal, cobalah dengan memperbaiki postur tubuh terlebih dahulu. Postur tubuh yang baik adalah pose tegak, jangan membiasakan duduk dengan kepala yang terlalu ke depan. Selain itu, membiasakan postur tegak juga akan membuatmu tampak lebih proporsional.

2. Menghindari Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban dengan cara yang salah bisa mengakibatkan syaraf atau otot punggung terjepit. Cara mengangkat yang tidak tepat juga akan membuat punggung menerima tekanan lebih. Hal ini akan berakibat dari rasa nyeri dan pegal setelahnya. 

Pada ibu hamil, melakukan aktivitas berat juga perlu dihindari. Mengangkat beban berat pada ibu hamil dapat memicu ketegangan otot. Hal tersebut juga da[at meningkatkan kontraksi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau jika mengharuskan kamu angkat beban lakukan dengan cara yang tepat.

3. Mengompres dengan Es atau Air Dingin

Punggung yang pegal bisa terjadi karena otot-otot di sana sedang tegang atau keletihan. Untuk itu kamu bisa meringankan dengan cara membuatnya rileks. Cara yang biasa berguna untuk membuat otot lebih rileks adalah dengan mengompres menggunakan air dingin atau es batu.

Baca Juga  3 Dampak Baby Blues Terhadap Kesehatan Bayi dan Ciri-cirinya

4. Menggunakan Maternity Belt

Maternity belt atau sabuk ibu hamil adalah alat yang terbuat khusus untuk membuat ibu lebih nyaman. Sabuk ini berguna untuk membantu ibu menopang tubuhnya sehingga posturnya tidak condong jatuh ke depan.

Selain maternity belt,  kamu juga bisa menggunakan pakaian yang lebih nyaman agar punggung tidak tersekat terlalu erat yang mana dapat membuat kamu lebih mudah merasa pegal.

5. Terapi Komplementer

Terapi komplementer adalah jenis pengobatan di luar farmalogis. Bisa dikatakan bahwa terapi ini merupakan pengobatan alternatif yang tidak menggunakan bahan obat. 

Jika kamu sedang merasakan pegal di bagian punggung ketika masa kehamilan, tentu kamu akan berupaya untuk tidak menggunakan obat pereda nyeri. Sebagai gantinya, kamu bisa menyoba terapi alternatif seperti akupuntur dan kiropraktik. 

Namun, konsultasikan dengan dokter langganan terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan demi prosedur keamanan.

6. Tidur Menyamping

Selama kehamilan, perut akan membesar seiring bertambahnya usia janin. Untuk mengurangi beban pada punggung yang dapat membuatnya lelah, kamu bisa mencoba mengganti posisi ketika tidur.

Cobalah untuk tidur menyamping, hal ini bertujuan untuk memindahkan beban ke kasur secara langsung. Kamu bisa menambahkan bantal di antara paha agar lebih nyaman.

7. Olahraga ringan

Olahraga yang tepat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menambah stamina, dan membuat ibu lebih siap dalam menghadapi persalinan. Melakukan olahraga ringan secara teratur juga bisa menghilangkan pegal akibat otot yang kaku. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan ibu hamil agar tidak menguras tenaga berlebihan.

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan punggung pegal saat hamil. Salah satu yang bisa kamu terapkan adalah olahraga secara rutin. Namun, apakah semua olahraga boleh dilakukan ketika hamil? Simak penjelasan berikutnya, ya.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas? Ini Manfaat dan Dampaknya

Olahraga yang Boleh Dilakukan Saat Hamil

Olahraga menjadi bentuk usaha menjaga kebugaran tubuh. Namun, selama hamil ibu harus menghindari aktivitas yang berat-berat. Oleh karena itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih jenis olahraganya.

Olahraga ringan yang bisa kamu terapkan agar lebih bugar meski tengah mengandung bayi adalah sebagai berikut:

  • Yoga
  • Jalan Santai
  • Pilates
  • Berenang
  • Senam Kehamilan

Itulah beberapa olahraga yang bisa kam coba di masa kehamilan. Jangan mencoba olahraga yang membutuhkan banyak pergerakan dan tenaga seperti basket dan voli. Jenis olahraga tersebut bisa membahayakan kandungan kamu bahkan bisa membuat bayi keracunan air ketuban. 

Penutup

Punggung pegal saat hamil dapat teratasi dengan macam-macam cara. Salah satunya dengan membiasakan olahraga ringan secara rutin. Namun, jenis olahraga yang kamu pilih harus tepat agar tidak memberikan gerakan berbahaya pada kandungan seperti olahraga beladiri karate, silat, atau taekwondo. Kamu bisa bertanya pada dokter kandungan terlebih dulu apabila masih ragu untuk mulai berolahraga.

Untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan lainnya, yuk berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?