fbpx

8 Cara Menghilangkan Bekas Stretch Mark Setelah Melahirkan secara Alami

8 Cara Menghilangkan Bekas Stretch Mark Setelah Melahirkan secara Alami

Stretch mark atau striae adalah salah satu masalah umum yang biasa dialami oleh wanita setelah melahirkan. Hal ini dipicu oleh peregangan dan penyusutan kulit dalam waktu singkat. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami.

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar, seperti lidah buaya, air perasan lemon, maupun putih telur. Sebab, beberapa bahan tersebut bisa membantu meningkatkan kadar kolagen dalam kulit. Nah, agar lebih paham mengenai cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami, yuk simak artikel berikut!

Penyebab Stretch Mark Setelah Melahirkan

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara menghilangkan stretch mark setelah melahirkan, sebaiknya pahami dulu beberapa penyebabnya. Adapun sejumlah penyebab stretch mark setelah melahirkan, antara lain.

  • Kenaikan atau penurunan berat badan dalam waktu singkat.
  • Peregangan kulit akibat kandungan yang membesar.
  • Adanya stres pada kulit.
  • Faktor genetik.
  • Perubahan hormon.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan secara Alami

Pada dasarnya, stretch mark bisa dihilangkan dengan cara medis. Namun, apabila masih khawatir akan efek sampingnya saat sedang menyusui bayi, kamu bisa memilih bahan alami sebagai alternatifnya. Adapun beberapa cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami, antara lain yaitu.

1. Minyak Jarak

Salah satu cara menyamarkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami adalah menggunakan minyak jarak. Bahan alami ini dikenal dengan manfaatnya untuk membantu menjaga kesehatan kulit, mengatasi jerawat, hingga menyamarkan stretch mark. Adapun cara penggunaan minyak jarak adalah sebagai berikut.

  • Tuangkan minyak jarka ke tangan terlebih dulu, lalu oleskan pada kulit yang terdapat stretch mark sambil memijat dengan gerakan memutar selama 5 hingga 10 menit.
  • Setelah itu, tutup dulu area kulit tersebut dengan kantong plastik bersih serta botol air panas di atasnya selama kurang lebih 30 menit.
  • Selanjutnya, gerakkan botol perlahan agar efek panasnya lebih merata untuk membantu proses penyerapan nutrisi minyak jarak.
  • Jika sudah, bersihkan kulit dan ulangi langkah tersebut secara rutin.
Baca Juga  Penyebab ASI Keluar saat Hamil dan Cara Mengatasinya, Simak!

2. Minyak Zaitun

Cara menghilangkan stretch mark pasca persalinan secara alami juga dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan minyak zaitun. Bahan alami ini kaya akan kandungan vitamin A, D, serta A yang dipercaya dapat membantu meremajakan kulit, meningkatkan elastisitasnya, dan memperbaiki jaringan kulit.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke area stretch mark sambil memijatnya perlahan, lalu diamkan selama 30 menit. Jika sudah, basuh menggunakan air hangat.

3. Air Kelapa

Cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami berikutnya adalah dengan minum air kelapa. Cara ini bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan produksi kolagen dari dalam tubuh. 

Sebab, air kelapa kaya akan kandungan asam pantotenat, asam nikotinat, asam folat, riboflavin, biotin, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Selain mengonsumsinya secara langsung, kamu juga dapat mengoleskan air kelapa maupun minyak kelapa di bagian kulit yang terdapat guratan-guratan halus.

4. Madu

Cara mengatasi stretch mark setelah melahirkan secara alami lainnya adalah memanfaatkan madu asli. Bahan alami ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga efektif untuk membantu menyembuhkan luka maupun menyamarkan stretch mark.

Untuk implementasinya, kamu bisa mencampur madu dengan garam, lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat garis-garis halus secara merata sambil digosok perlahan. Tunggulah selama kurang lebih 7 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk membantu menyamarkan bekas guratan halus. Sebab, lidah buaya mempunyai sifat antimikroba serta anti radang yang bisa membantu mengatasi psoriasis, eksim, jerawat, serta melembapkan kulit.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan lidah buaya, yaitu dengan mengonsumsinya maupun mengoleskan daging lidah buaya ke kulit yang mengalami stretch mark.

Baca Juga  Pentingnya Imunisasi pada Bayi dan Efek Sampingnya, Catat!

6. Lemon

Lemon juga termasuk sebagai bahan alami untuk membantu menghilangkan stretch mark pasca melahirkan. Pasalnya, lemon mengandung vitamin C tinggi yang berperan dalam meningkatkan kadar kolagen kulit, sehingga baik untuk mengatasi stretch mark.

Nah, untuk menggunakannya sebagai penghilang garis halus, silakan belah lemon terlebih dulu, kemudian gosokkan dagingnya ke area kulit yang terdapat stretch mark. Apabila sudah, tunggu selama beberapa saat agar nutrisi lemon terserap oleh kulit. Jika sudah kering, kamu bisa membersihkannya dengan air hangat.

7. Putih Telur

Putih telur adalah bahan alami yang mengandung protein untuk membantu meregenerasi serta meremajakan kulit, sehingga akan terlihat lebih cerah. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkannya untuk memudarkan stretch mark setelah melahirkan. Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Silakan kocok putih telur terlebih dulu dan bersihkan bagian kulit yang terdapat stretch mark.
  • Setelah itu, oleskan putih telur pada area kulit tersebut sambil memijatnya.
  • Selanjutnya, tunggu sampai kering dan basuh dengan air dingin.
  • Untuk menjaga kulit agar tetap lembap, kamu juga bisa mengoleskan minyak zaitun setelahnya.

8. Gula Pasir

Cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami yang terakhir adalah memanfaatkan gula pasir. Sebab, bahan dapur ini bisa dijadikan sebagai mikrodermabrasi alami untuk membantu memudarkan garis-garis halus di kulit.

Adapun beberapa cara menggunakan gula sebagai scrub, antara lain.

  • Campurkan 1 cangkir gula pasir dengan ¼ minyak kelapa, lalu aduk sampai rata.
  • Balurkan campuran tersebut ke bagian kulit yang memiliki garis-garis halus dan gosok selama 8-10 menit.
  • Untuk memperoleh hasil optimal, ulangi langkah ini selama beberapa kali dalam seminggu.

Penutup

Cara menghilangkan bekas stretch mark setelah melahirkan secara alami ini tidak selalu efektif pada setiap orang. Maka dari itu, kamu juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh perawatan terbaik. Selain itu, kamu pun dapat menggunakan korset New Life untuk membantu menyamarkan stretch mark. Yuk, cari tahu informasi lebih lengkapnya dengan bertanya via WhatsApp atau mengunjungi blog New Life!

Baca Juga  Imunisasi pada Bayi: Pengertian, Tujuan, dan Jenis-jenisnya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?