fbpx

Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil Muda

Rata-rata ibu semasa kehamilan pada tahap trimester pertama pernah mengalami sembelit yang mungkin akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Terjadinya sembelit merupakan hal yang wajar terjadi ketika ibu sedang hamil muda. Ini merupakan salah satu perubahan yang dialami oleh moms ketika mengandung. Kira-kira apa penyebab dan cara mengatasi sembelit saat hamil muda? Berikut penjelasanya. 

Penyebab Sembelit Saat Hamil Muda

Sebelum mencari tau bagaimana cara mengatasi sembelit, ibu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab sembelit terjadi. Ada 2 penyebab sembelit saat hamil muda terjadi, seperti berikut:

1. Peningkatan Hormon

Pada fase trimester pertama, hal yang sering mengganggu pencernaan ibu Hamil adalah dikarenakan meningkatnya hormon kehamilan, yaitu hormon progesteron. Hormon inilah yang menyebabkan melambatnya gerak usus sehingga membuat BAB kurang lancar. 

2. Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat juga dapat menjadi pemicu sembelit saat hamil muda. Ketika ibu sedang hamil muda, terkadang lupa bahwa melakukan pola hidup sehat sangat penting agar tidak terjadi gangguan pencernaan dan gangguan pada janin. Kurangnya memakan serat, minum air putih, dan juga berolahraga menjadi salah satu penyebab sembelit.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil Muda

Setelah kita mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah untuk mencari tahu cara mengatasinya. Berikut ini cara mengetasi sembelit saat hamil muda.

1. Konsumsi Makanan Berserat

Ketika ibu hamil muda, ibu hamil butuh konsumsi makanan berserat lebih banyak. Ibu dapat menemukan serat pada makanan seperti sereal, roti gandum utuh, dan sayuran hijau.

Dengan mengkonsumsi serat yang cukup, ini dapat membantu pencernaan di dalam tubuh. Walau bermanfaat, ibu tetap tidak disarankan memakan serat secara berlebihan.  Serat yang dibutuhkan hanya 25 sampai 30 gr per hari.

Baca Juga  Cara Mempercepat Kontraksi: Tips dan Trik yang Mudah Dilakukan

2. Rutin Minum Air Putih

Cara mengatasi yang cukup mudah untuk dilakukan adalah meminum air putih secara rutin. Air putih berperan penting untuk mencegah sembelit dikarenakan air putih sendiri dapat melembekkan feses yang ada di dalam usus dan membuat tubuh ibu hamil terus terhidrasi agar kondisi tubuh tetap fit.

3. Makan Dalam Porsi Kecil

Ibu hamil muda dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil dan dilakukan sebanyak beberapa kali. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir perut penuh sehingga dapat mengurangi resiko sembelit.

Pola makan ini juga dapat membantu agar makanan juga tercerna dengan baik dan tidak berlebihan yang membuat pencernaan bekerja ekstra dan membuat feses menjadi keras.

4. Rutin Berolahraga

Ibu disarankan untuk melakukan olahraga-olahraga kecil, salah satu contohnya adalah berjalan kaki setidaknya 3 kali dalam seminggu. Lakukanlah secara rutin, tapi jangan terlalu memaksakan diri.

Olahraga berat seperti jogging ataupun mengangkat beban sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Berolahraga juga dapat membantu pencernaan ibu sehingga resiko sembelit saat hamil muda menurun.

Penutup

Itu dia penyebab dan cara mengatasi sembelit saat hamil muda. Ibu dapat menerapkannya agar terhindar dari sembelit. Jika keluhan ibu tidak juga membaik, ibu dapat mengunjungi dokter untuk konsultasi agar dapat diberikan obat atau solusi yang sesuai dengan keadaan ibu dan juga janin.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?