fbpx

Pilihan Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

Gizi yang baik sangat penting bagi ibu hamil karena gizi yang masuk akan diterima oleh janin. Untuk itu, penting sekali mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan juga protein untuk membantu menunjang tumbuh kembangnya di dalam kandungan.

Selama dalam kandungan, otak janin akan berkembang. Ada banyak hal yang mempengaruhi perkembangannya di dalam kandungan, salah satunya adalah makanan yang ibu hamil konsumsi. 

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil Muda

Alangkah baiknya jika ibu hamil selalu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan untuk janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Banyak makanan bergizi yang dapat ditemukan ibu temukan. Berikut adalah daftar pilihan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas.

1. Ikan

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas yang pertama adalah ikan. Ibu dapat memilih ikan laut sebagai pilihan ibu karena ikana laut dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Salah satu contoh ikan yang dibutuhkan adalah salmon karena ikan salmon memiliki asam lemak omega-3, dan asam lemak omega-3 itu sendiri merupakan bagian integral dari perkembangan otak bayi. Selain salmon, ibu juga dapat memakan tuna atau sarden.

2. Sayuran Hijau

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Selain ikan, sayuran hijau juga memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan janin sehingga dapat melindungi otak janin dari kerusakan jaringan. Sayur merupakan sumber serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk ibu hamil dan untuk janin yang sedang di dalam kandungan.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan asam folat yang penting bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat saat masa kehamilan dapat meningkatkan resiko bayi mengalami cacat lahir. Sayur yang bisa menjadi pilihan ibu hamil muda adalah brokoli, wortel, selada, dan sawi.

Baca Juga  Berapa Lama Operasi Caesar? Ini Persiapan dan Prosedurnya

3. Blueberry

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Blueberry merupakan buah yang kaya antioksidan, yang akan membantu kognitif bayi dan merupakan salah satu pilihan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas. Selain blueberry, ada berbagai macam pilihan buah lain yang dapat ibu coba, yaitu pisang, pepaya, apel, mangga. Namun, kandungan antioksidan yang paling tinggi terdapat dalam blueberry.

4. Telur

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Telur mengandung protein dan rendah kalori, terutama telur rebus, yang dapat membantu perkembangan otak dan juga daya ingat. Selain itu juga mengandung kolin yang bermanfaat dalam membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar anak, dan juga menurunkan resiko cacat tabung saraf pada janin.

5. Kacang-Kacangan

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Kacang kacangan bisa dijadikan cemilan untuk ibu yang sedang hamil muda. Selain kaya akan protein, kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin E sendiri untuk mendukung DHA dan juga guna melindungi membran sel otak bayi dalam janin. Salah satu kacang yang dapat dijadikan opsi adalah kacang almond. 

6. Polong polongan

Polong polongan juga termasuk salah satu yang mengandung zat besi tinggi. Karena itu, polong polongan dapat membantu mencegah bayi lahir prematur, menjaga kadar oksigen yang masuk kedalam janin. 

7. Alpukat

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang cukup banyak di minati adalah alpukat. Didalam alpukat terdapat lemak baik dan otak sangat membutuhkan asupan lemak baik. Ketika bayi sedang didalam kandungan otak bayi banyak tersusun dari lemak. Oleh karena itu alpukat salah satu buah yang disarankan untuk mendukung tumbuh kembang otak bayi agar terlahir cerdas.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang dapat di konsumsi saat hamil muda. Penting untuk mengonsumsi nutrisi yang baik agar perkembangan janin sehat.

Baca Juga  Kegiatan Ibu Hamil yang Sehat dan Aman

Tips Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Selain dari makanan, ternyata kegiatan ibu hamil juga mempengaruhi kecerdasan anak. Berikut tips yang dapat dilakukan agar anak cerdas sejak dalam kandungan.

Olahraga teratur

Selain membuat tubuh ibu hamil sehat dan bugar, berolahraga juga dapat meningkatkan kecerdasan janin. Ketika berolahraga, tubuh melepas hormon endorfin yang dapat mempengaruhi suasana hati dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga berdampak terhadap perkembangan otak janin dan meningkatkan fungsi otak.

Berbicara dan membaca

Ketika seorang ibu sering memberikan janin mendengar rekaman-rekaman saat usia akhir kehamilan, maka dia akan mengenali kata tersebut setelah lahir. Jadi, ibu sudah dapat membantu si kecil mendapatkan pembelajaran sejak dalam rahim.

Kesimpulan

Tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan berpengaruh besar dengan makanan yang ibunya konsumsi setiap hari. Untuk itu, jika menginginkan anak ibu lahir dengan cerdas, maka sangat penting sekali untuk memperhatikan asupan yang dikonsumsi setiap harinya.

Carilah makanan yang mengandung vitamin, protein, kalsium, lemak baik, yang mampu mendukung perkembangan otak si kecil. Selain makanan bergizi dapat mencerdaskan si bayi, makanan yang mengandung tinggi gizi juga dapat membuat ibu hamil menjadi sangat sehat dan terhindar dari resiko penyakit selama masa kehamilannya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?