fbpx

Perlengkapan Ibu Setelah Melahirkan Agar Cepat Pulih

perlengkapan-ibu-setelah-melahirkan-agar-cepat-pulih

Perlengkapan ibu setelah melahirkan dapat mendukung dalam mempercepat proses recovery pasca persalinan. Setelah melahirkan, ibu memerlukan dukungan untuk mengembalika tubuhnya agar fit seperti semula. Perlengkapan berikut bisa kamu gunakan untuk mempercepat pemulihan.

Perlengkapan yang Mempercepat Proses Pemulihan Pascapersalinan

Untuk kamu yang baru saja melahirkan dan mencari perlengkapan yang dapat membantu proses pemulihan, berikut beberapa rekomendasinya.

2. Bantal Alas Duduk

Bila kamu baru saja melewati proses melahirkan secara normal, sebaiknya hindari duduk terlalu lama. Saat melahirkan secara normal, akan ada robekan yang terjadi pada vagina. Bekas jahitan yang masih baru perlu hati-hati dalam mempertahankannya. Bantal alas duduk yang empuk dapat menjadi alat bantu.

Bantal alas duduk ini berguna agar kamu bisa duduk dengan nyaman. Hal ini karena bantalan duduk dapat mengurangi tekanan pada perineum.

2. Makanan Pembantu Recovery

Ketika melahirkan, ibu akan kehilangan banyak tenaga dan darah. Kondisi ini akan menyebabkan kamu lemas karena tidak ada stamina. Hal yang bisa membantu adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan kaya akan nutrisi. 

Selain mengembalikan stamina, mengonsumsi makanan yang tepat akan mempercepat proses recovery. Tubuh yang tercukupi kebutuhan gizi akan lebih cepat dalam regenerasi bagian yang luka. Makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai pemercepat proses pemulihan antara lain telur, susu rendah lemak, kurma, apel, dan oatmeal.

3. Krim Kulit Khusus

Bekas melahirkan yang dibiarkan akan meninggalkan garis-garis atau lebih dikenal dengan sebutan strech mark. Secara medis, strech mark adalah garis-garis yang timbul akibat lapisan dermis pada kulit yang rusak. Selain itu, orang yang melewati proses persalinan juga mengalami munculnya selulit, yaitu sel lemak berlebih yang menempel pada jaringan kulit. 

Baca Juga  Manfaat Alat Bantu Menyusui, Risiko, dan Tips Penggunaannya

Kedua masalah kulit tadi seringkali membuat ibu muda tidak percaya diri. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan krim kulit khusus yang dapat memudarkan bekas luka dan menyamarkan permukaan kulit yang tidak rata. Kamu bisa memeroleh benda ini dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

4. Korset

Perlengkapan ibu setelah melahirkan agar cepat pulih berikutnya adalah korset melahirkan. Korset memiliki cara kerja mengikat perut dan pinggang sehingga membuat kulit yang sempat terpisah menjadi lebih cepat kembali ke tempatnya semula.

Menggunakan korset dipercaya mampu membantu mempercepat pemulihan ibu melahirkan. Pilihlah korset dengan kualitas premium yang sudah teruji nyaman baik dari segi bahan dan segi penggunaan.

Salah satu korset melahirkan yang bisa kamu jadikan opsi adalah Korset New Life. Kamu bisa melihat katalog modelnya dengan mengunjungi laman New Life Official.

5. Obat Dokter

Perlengkapan ibu setelah melahirkan yang tidak boleh terlewatkan agar lekas pulih tentunya obat. Obat yang sudah diperoleh dari dokter seyogyanya dikonsumsi secara rutin sesuai anjuran. Tentunya hal itu untuk membantu mempercepat keringnya bekas jahitan operasi. Jika terdapat obat yang harus kembali ditebus ketika habis, usahakan diikuti sebagaimana yang disarankan oleh dokter. 

Jika memerlukan obat tambahan seperti vitamin atau pereda nyeri, sebaiknya berkonsultasi juga kepada dokter apakah hal tersebut aman atau tidak. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila kamu adalah ibu yang menyusui anaknya. Sebab setiap yang menjadi konsumsi ibu akan masuk juga ke dalam tubuh bayi melalui cairan asi yang ia minum.

Itulah beberapa perlengkapan untuk mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Untuk lebihnya, berikut tips yang bisa dipraktekan untuk menjalani proses pemulihan.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Minum Jus Sirsak?

Tips Untuk Ibu Melahirkan

1. Kelola Stres

Kondisi mental yang sehat akan berdampak pada terjaganya kondisi tubuh. Fisik yang sehat pun akan lebih cepat dalam meregenerasi dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain itu, ibu yang bahagia tanpa tekanan juga akan menghasilkan cairan asi yang lancar.

Maka dari itu, penting untuk mengelola kondisi pikiran dengan mengurangi memikirkan hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Peran suami dan dukungan keluarga sangat dibutuhkan di sini. Usahakan tidak memberi beban apapun pada sang ibu, terlebih membahas tentang kondisi badannya yang mungkin berubah sejak melahirkan.

Berilah motivasi atau ajak melakukan hal-hal yang meningkatkan mood positif seperti menonton film atau bercengkrama dengan sahabat.

2. Rutin Periksa ke Dokter

Untuk memantau perkembangan kondisi ibu, perlu adanya jadwal rutin untuk sesi kontrol oleh dokter. Nantinya dapat terlihat bagaimana kondisi terkini ibu, apakah membaik atau mengalami sebuah indikasi khusus. Dokter yang spesialis di bidangnya pun dapat memberikan solusi terkait penanda yang muncul.

Periksa rutin ini bisa kamu lakukan bersamaan dengan ketika memeriksakan perkebangan sang buah hati. Jangan menunggu menemui suatu gejala untuk menemui dokter. Ingatlah bahwa kamu bertanggungjawab pada diri sendiri dan menjadi pelindung bagi sang bayi.

3. Jaga Kebersihan

Terakhir, jagalah kebersihan tubuh. Setelah melahirkan kamu akan melewati masa nifas yang membuat daerah kewanitaan berpotensi menjadi sarang bakteri. Maka untuk mengantisipasinya, bersihkan organ reproduksi sesering mungkin. Gunakan air hangat agar tidak melukai. Kamu juga bisa menggunakan kain lembut untuk menyeka sisa-sisa buang air kecil.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu mempercepat proses pemulihan pascapersalinan.

Kesimpulan

Perawatan tidak hanya perlu ketika menjelang melahirkan, tapi juga setelahnya. Menggunakan beberapa perlengkapan yang mendukung dapat menjadi opsi untuk mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan. Gunakan alat yang kamu perlukan dan konsultasikan kepada dokter bila terjadi indikasi yang tidak wajar.

Baca Juga  Kalkulator Kehamilan: Hitung Usia Kehamilan dengan Mudah

Untuk mendapat informasi lengkap lainnya seputar melahirkan bisa kamu temukan melalui New Life

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?