fbpx

10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Yuk Simak!

10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Yuk Simak!

Selama masa kehamilan, penting bagi Bunda untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur yang kaya akan vitamin agar pertumbuhan janin berlangsung dengan baik. Namun, tidak semua buah dan sayur boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Maka dari itu, mengetahui jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil adalah hal penting.

Lantas, apa saja jenis buah yang sebaiknya ibu hamil hindari untuk menjaga kandungan? Simak selengkapnya di artikel berikut!

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Buah-buahan memang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan. Namun, terdapat juga buah-buahan yang sebaiknya ibu hamil hindari karena sejumlah alasan, misalnya mulai dari peningkatan kadar asam dalam perut, hingga risiko terburuk, yaitu potensi menyebabkan cacat pada janin atau bahkan keguguran.

Keguguran adalah momok yang seringkali menakutkan bagi ibu hamil, dan hal ini juga diperkuat oleh penelitian yang terpublikasi dalam Ecology of Food and Nutrition Journal pada tahun 2010, bahwa banyak ibu hamil mengalami rasa cemas akan risiko keguguran, terutama akibat pemanasan tubuh atau pendarahan rahim.

Oleh karena itu, Moms wajar jika sangat berhati-hati dan memilih makanan dengan teliti selama masa kehamilan. Berikut beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil!

1. Nanas

buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Nanas termasuk dalam jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Pasalnya, konsumsi nanas secara berlebihan dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang pada akhirnya bisa memicu keguguran. Hal itu terjadi karena nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang dapat memecah protein. Alhasil, protein yang pecah berakibat pada pelunakan serviks, hingga meningkatkan potensi persalinan prematur. 

2. Durian

Jenis buah yang perlu ibu hamil hindari selanjutnya adalah durian. Buah ini mengandung senyawa asam arachidonat yang berisiko menggugurkan kandungan apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, raja buah satu ini juga tinggi akan kadar gula dan karbohidrat, sehingga rentan meningkatkan risiko kelebihan berat badan saat bumil tidak mengatur kadar konsumsinya.

Baca Juga  Mengatur Jadwal MPASI 6 Bulan yang Ideal

3. Pepaya Muda

Pepaya muda memiliki nutrisi makro dan vitamin penting, tetapi sebaiknya ibu hamil hindari. Pasalnya, konsumsi pepaya muda dapat meningkatkan suhu tubuh, yang tidak menguntungkan selama masa kehamilan. Selain itu, pepaya muda juga mengandung lateks yang dapat memicu kontraksi rahim, pendarahan, dan bahkan dapat mengakibatkan keguguran.

4. Pisang

buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Pisang adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Namun, pada ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes, buah satu ini sebaiknya tidak dikonsumsi.  Sebab, buah ini mengandung senyawa chitinase yang dapat membahayakan kesehatan penderita penyakit tersebut. Tak hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan protein tinggi. Untuk itu, jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya jangan makan berlebihan atau konsultasi pada dokter terlebih dulu agar tahu tingkat keamanannya.

5. Semangka

buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Semangka adalah jenis buah yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengontrol tekanan darah, hingga manjaga kesehatan organ ginjal. Namun sayangnya, semangka tergolong sebagai buah yang perlu ibu hamil hindari. Hal itu karena semangka memiliki sifat diuretik yang bisa membuang nutrisi dalam tubuh.

Bukan hanya itu, kadar gula dalam semangka juga cukup tinggi, sehingga apabila mengonsumsinya secara berlebihan, maka dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional yang berbahaya bagi ibu hamil dan kandungannya.

6. Kurma

buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Kurma adalah sumber vitamin dan nutrisi penting bagi ibu hamil, seperti membantu menambah energi, menyehatkan tulang, hingga menurunkan risiko kelahiran cacat. Akan tetapi, konsumsi kurma yang berlebihan rupanya tidak bagus untuk ibu hamil. Salah satu alasan adalah karena dapat meningkatkan suhu tubuh, hingga menambah berat badan.

7. Frozen Berry

Hindarilah konsumsi buah berry beku atau buah apa pun yang telah dibekukan dalam waktu lama selama kehamilan. Rasa dan nutrisi asli dalam buah berry cenderung berkurang akibat pembekuan. Konsumsi buah beku juga bisa memicu masalah kesehatan bagi ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Baca Juga  Perawatan Setelah Melahirkan yang Diperlukan Ibu

8. Tomat Kalengan

Sebaiknya hindari makanan kaleng, termasuk tomat kalengan, selama kehamilan karena mengandung pengawet dalam jumlah tinggi. Pengawet ini dapat berpotensi membahayakan kondisi ibu hamil serta calon buah hati, hingga berisiko meningkatkan komplikasi kehamilan.

9. Anggur

buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Jenis buah yang sebaiknya ibu hamil hindari selanjutnya adalah anggur. Pasalnya, buah ini mengandung sengawa resveratrol yang bisa membuat hormon menjadi tidak stabil. Padahal, masa kehamilan cukup sensitif dengan adanya perubahan hormon. Jadi, ketika hormon dalam tubuh tidak stabil, bisa membahayakan kondisi kandungan. Itulah sebabnya, ibu hamil perlu menghindarinya.

10. Persik

Buah persik sebaiknya juga ibu hamil hindari apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, buah ini dapat menimbulkan peningkatan suhu tubuh, sehingga rentan memicu pendarahan internal dan risiko keguguran.

Tips Mengonsumsi Buah untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, buah-buahan adalah salah satu sumber nutrisi untuk ibu hamil. Akan tetapi, sesuatu yang ibu konsumsi secara berlebihan memang dapat menimbulkan komplikasi maupun membahayakan kandungan. Untuk itu, jika ingin mengonsumsi buah-buahan, pastikan tidak dalam jumlah berlebihan dan pilih buah yang bebas pestisida agar nutrisinya terjaga.

Penutup

Itulah informasi mengenai jenis buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Sangat penting untuk mengontrol seberapa banyak  buah yang hendak ibu konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Jika Bunda masih ragu dan bingung mengonsumsi buah apa saja yang baik, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan terpercaya Bunda ya! Jika ingin tahu seputar info kehamilan lainnya, kunjungi web New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?