fbpx

Mengenal Ambeien pada Ibu Hamil dan Ciri-cirinya, Yuk Catat!

Mengenal Ambeien pada Ibu Hamil dan Ciri-cirinya, Yuk Catat!

Ambeien adalah salah satu kondisi ketika terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di anus. Pada dasarnya, setiap orang bisa mengalami ambeien, termasuk ibu hamil. Ambeien pada ibu hamil sendiri lebih sering terjadi pada trimester kedua sampai ketiga kehamilan.

Terjadinya ambeien tentu akan membuat bumil merasa tidak nyaman. Lantas, apa saja penyebab dan ciri-ciri ambeien saat hamil? Jika ingin mengetahui penjelasan lengkap seputar ambeien, yuk simak artikel berikut ini!

Pengertian Ambeien pada Ibu Hamil

Ambeien atau wasir adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di area anus. Pembengkakan ini bisa terjadi di dalam maupun luar anus dan memicu rasa sakit, hingga pendarahan yang bervariasi. Pada umumnya, penyakit ini bisa dialami siapa saja, termasuk ibu hamil. 

Namun ternyata, peluang ibu hamil mengalami wasir cukup tinggi. Hal itu terjadi karena adanya berat tubuh yang bertambah dari membesarnya janin maupun perubahan hormon. Alhasil, wasir pun bisa tumbuh dan umumnya terjadi pada akhir trimester kedua, hingga trimester ketiga. Bahkan, wasir pada ibu hamil juga dapat berlanjut hingga seusai persalinan.

Penyebab Ambeien saat Hamil

Ambeien saat hamil bisa terjadi karena sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor penyebab ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

  • Tekanan pada daerah panggul yang terjadi karena pertumbuhan janin serta uterus, sehingga membuat pembuluh darah di sekitar anus membesar.
  • Adanya perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan. Hal ini dapat memengaruhi fungsi usus serta memicu sulitnya buang air besar. Alhasil, ibu hamil dapat mengalami sembelit yang berdampak pada munculnya hemoroid (wasir).
  • Meningkatnya volume darah dalam tubuh, sehingga memicu pembuluh darah lebih tertekan, termasuk di area anus.
  • Mengejan keras selama buang air besar, sehingga dapat membuat pembuluh darah di area anus tertekan.
  • Kurangnya aktivitas fisik selama masa kehamilan. Hal ini dapat membuat lambatnya pergerakan usus, meningkatkan risiko sembelit, serta wasir.
  • Adanya faktor genetik yang bisa memicu berkembangnya ambeien.
Baca Juga  7 Bahaya Olahraga Malam yang Perlu Disadari, Catat Tipsnya!

Pada dasarnya, wasir adalah salah satu masalah yang kerap ibu hamil alami. Terlebih lagi beberapa kondisi di atas tergolong sebagai hal umum. Itulah mengapa, menjaga diri agar tetap aktif dan mengonsumsi makanan berserat dapat mengurangi risiko wasir saat hamil.

Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, ambeien saat hamil adalah kondisi umum yang sering bumil alami. Meski begitu, ibu hamil perlu mengenali ciri-cirinya agar dapat segera memberikan penanganan yang tepat. Adapun beberapa ciri-ciri ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Adanya Benjolan yang Terasa Panas dan Gatal

Salah satu ciri-ciri ambeien pada ibu hamil adalah munculnya benjolan di sekitar anus. Benjolan tersebut bisa membuat ibu hamil merasa gatal dan panas. Pada dasarnya, benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit.

Meski begitu, ibu hamil akan merasa tidak nyaman saat beraktivitas, terlebih lagi ketika sedang duduk.

2. Pendarahan Setelah Buang Air Besar

Ciri-ciri ambeien saat hamil lainnya adalah terjadinya pendarahan setelah buang air besar. Hal itu berbeda dengan pendarahan yang terjadi setelah mengalami kontraksi atau rasa sakit pada perut. Ketika keluarnya darah dari anus akibat wasir, ibu hamil umumnya tidak akan merasa sakit.

3. Rasa Sakit saat Mengejan

Ciri-ciri ambeien saat hamil selanjutnya adalah munculnya rasa sakit ketika sedang mengejan. Hal ini termasuk sebagai tanda-tanda dari ambeien internal. Adapun ambeien internal sendiri adalah adanya pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus bagian dalam, sehingga tidak akan terasa saat merabanya.

4. Rasa Nyeri dan Gatal di Sekitar Anus

Ciri-ciri ambeien saat hamil yang terakhir adalah sekitar anus akan terasa nyeri dan gatal. Rasa gatal tersebut bisa muncul dalam beberapa situasi. Misalnya adalah ketika ibu hamil hendak buang air besar. Sementara itu, rasa nyeri umumnya akan muncul setelah ibu mengejan keras saat buang air besar.

Baca Juga  Larangan Ibu Hamil Trimester Pertama

Cara Mengatasi Ambeien saat Hamil

Ambeien adalah kondisi yang membuat Moms merasa tidak nyaman selama beraktivitas. Maka dari itu, sebaiknya Moms lekas mengatasinya dengan sejumlah upaya. Adapun beberapa cara mengatasi ambeien saat hamil adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi makanan berserat, seperti sayuran hijau, kentang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan olahan gandum.
  • Melakukan olahraga ringan selama masa kehamilan, seperti senam kegel.
  • Menghindari kebiasaan duduk terlalu lama. Ibu hamil bisa menyelingi aktivitas duduk satu jam dengan berjalan selama kurang lebih 10 menit.
  • Menggunakan bantal empuk dengan lubang di bagian tengah saat sedang duduk. 
  • Rajin membersihkan anus.
  • Menggunakan obat yang ibu peroleh dari dokter.
  • Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, seperti mengonsumsi air mineral.

Di samping menerapkan cara di atas, ibu hamil juga dapat berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi wasirnya. Sebab, dokter umumnya bisa memberikan saran terkait pengobatan yang tepat agar tidak mengganggu kehamilan dan kandungan tetap terjaga dengan baik.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai ambeien pada ibu hamil dan ciri-cirinya. Pada dasarnya, ambeien bisa menyerang bumil pada usia kehamilan trimester kedua maupun ketiga dan dapat mengganggu rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya ambeien, Moms perlu memperbanyak makanan berserat, minum air putih, dan berolahraga secara teratur.

Di samping itu, jika sudah mengalami ambeien, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat. Nah, jika ingin memperoleh informasi lain seputar menjaga kesehatan kehamilan, Moms bisa langsung mengeceknya di situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?