fbpx

Larangan Ibu Hamil Tua yang Sering Diabaikan

Larangan ibu hamil tua seringkali diabaikan oleh calon ibu yang sedang mengandung. Padahal, larangan tersebut sangat penting untuk diperhatikan demi kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Larangan yang Wajib Dihindari

larangan ibu hamil tua

Trimester 3 kehamilan merupakan periode kritis yang memerlukan perhatian khusus. Ibu hamil tua, yang umumnya berusia di atas 35 tahun, harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan selama kehamilan.

Beberapa larangan yang wajib dihindari pada masa ini antara lain:

Konsumsi Alkohol dan Merokok

Larangan ini mungkin sudah umum, namun masih banyak ibu hamil tua yang mengabaikannya. Selain itu, penting juga untuk menyadari bahwa konsumsi alkohol dan merokok adalah tindakan yang sangat tidak disarankan selama kehamilan.

Ini dikarenakan, dua zat tersebut dapat berdampak negatif terhadap kesehatan janin dan mengakibatkan berbagai komplikasi kehamilan. Oleh karena itu, segera setelah mengetahui Anda hamil, sebaiknya Anda menghindari konsumsi alkohol dan berhenti merokok.

Mengonsumsi Makanan Berisiko

Makanan mentah atau setengah matang, seperti sushi, daging mentah, dan telur mentah, bisa membawa risiko infeksi yang berbahaya selama kehamilan. Pastikan untuk memasak makanan dengan baik dan menghindari makanan yang berpotensi membahayakan kesehatan kamu dan janin.

Terlalu Banyak Kafein

Kafein yang berlebihan dapat memengaruhi pertumbuhan janin dan menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Batasi asupan kafein Anda dan pilih minuman bebas kafein jika perlu.

Kurang Istirahat

Ibu hamil tua sering memiliki banyak tanggung jawab di luar kehamilan, tetapi kurang istirahat dapat mengakibatkan kelelahan dan stres yang tidak diinginkan. Luangkan waktu untuk beristirahat dan tidur yang cukup untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan Anda.

Stres yang Berlebihan

Stres dapat berdampak negatif pada kehamilan. Coba temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau berkonsultasi dengan seorang konselor jika diperlukan.

Baca Juga  Posisi Mengurangi Nyeri Kontraksi

Diatas merupakan beberapa larangan yang perlu dihindari supaya bumil dan calon bayi kesehatannya tetap terjaga.

Hal yang Perlu Dihindari di Trimester 3

Selain larangan-larangan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu dihindari di trimester 3 kehamilan. Semua ini bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu hamil tua dan janinnya. Beberapa hal yang perlu dihindari adalah:

1. Aktivitas yang Terlalu Berat

Terlalu banyak aktivitas fisik yang berat dapat mengakibatkan ketegangan dan cedera pada tubuh Anda. Hindari aktivitas yang berisiko dan fokus pada latihan ringan seperti prenatal yoga atau berenang.

2. Mengabaikan Perubahan pada Tubuh

Tubuh ibu hamil tua mengalami perubahan signifikan, termasuk peningkatan berat badan dan pembengkakan. Jangan abaikan tanda-tanda ini dan segera konsultasikan dengan dokter jika kamu merasa ada yang tidak normal.

3. Mengabaikan Konsultasi Medis

Periksakan diri secara teratur kepada dokter kandungan adalah hal yang sangat penting selama kehamilan, terutama di trimester 3. Jangan abaikan janji temu medis dan selalu berbicara terbuka dengan dokter tentang kondisi dan keluhan Anda.

4. Mengonsumsi Obat-obatan Tanpa Persetujuan Dokter

Jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa persetujuan dokter, bahkan jika itu adalah obat bebas. Beberapa obat dapat berdampak buruk pada janin, jadi selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.

5. Mengabaikan Pola Makan yang Sehat

Asupan makanan yang sehat sangat penting untuk perkembangan janin. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari makanan yang tidak sehat atau berisiko.

Larangan Ibu Hamil Tua yang Berbahaya

Selain larangan-larangan yang wajib dihindari di trimester ketiga, ada juga larangan-larangan yang sangat berbahaya bagi ibu hamil tua. Larangan-larangan tersebut antara lain:

Baca Juga  7 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil & Aturan Melakukannya, Simak!

1. Tidak melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin

Pemeriksaan kehamilan secara rutin sangat penting dilakukan oleh ibu hamil tua. Pemeriksaan kehamilan dapat membantu dokter untuk memantau perkembangan janin dan memastikan bahwa ibu hamil tua dan janin yang dikandung dalam keadaan sehat.

2. Tidak mengonsumsi vitamin dan suplemen kehamilan

Vitamin dan suplemen kehamilan sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil tua. Vitamin dan suplemen kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil tua dan janin yang dikandung.

3. Tidak istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil tua. Pada trimester ketiga, ibu hamil tua harus memperhatikan waktu istirahatnya. Hindari melakukan aktivitas yang terlalu berat dan beristirahatlah yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

4. Tidak mempersiapkan persalinan dengan baik

Persiapan persalinan yang baik sangat penting dilakukan oleh ibu hamil tua. Persiapan persalinan dapat membantu ibu hamil tua untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan memastikan bahwa persalinan berjalan dengan lancar.

5. Tidak memperhatikan tanda-tanda persalinan

Tanda-tanda persalinan harus diperhatikan oleh ibu hamil tua. Tanda-tanda persalinan antara lain kontraksi yang semakin sering dan semakin kuat, keluarnya lendir atau darah dari vagina, dan pecahnya ketuban. Oleh karena itu, jika ibu hamil tua mengalami tanda-tanda persalinan, segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Itulah beberapa larangan yang perlu di perhatikan bagi kamu yang sedang mengalami masa kehamilan. Kunjungi situs New Life untuk memperoleh informasi lainnya seputar kehamilan.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?