fbpx

Simak Ini Dia Kisaran Biaya USG Kehamilan!

Kisaran Biaya USG Kehamilan!

Biaya USG kehamilan bervariasi, hal tersebut tergantung pada penyedia layanan kesehatan dan jenis USG yang dilakukan. Ultrasonografi sendiri merupakan tes yang dilakukan menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi. Tujuan dilakukan tes ini untuk memvisualisasikan bayi dalam kandungan, serta organ reproduksi ibu hamil.

Frekuensinya sendiri sangat bervariasi, tergantung pada setiap kehamilan. USG juga membantu memantau perkembangan normal janin dan mengetahui risiko masalah yang mungkin terjadi. Terdapat beberapa jenis USG kehamilan, antara lain 2D, 3D, 4D, dan ekokardiografi janin.

Jika kamu dan pasangan tertarik melakukannya, yuk cari tahu manfaat dan kisaran biaya USG kehamilan pada artikel ini ya!

Manfaat USG Kehamilan

biaya usg kehamilan

Tes USG kehamilan adalah cara sederhana dan mudah untuk memantau perkembangan janin selama masa kehamilan. Hasil USG kehamilan akan memberikan kamu dan pasangan informasi yang berguna tentang perkembangan bayi yang sedang dikandung, seperti: 

  • Konfirmasi kehamilan, misalnya kembar. Moms juga dapat melihat usia kehamilan dan perkiraan tanggal persalinan. 
  • Melihat perkembangan organ tubuh dan struktur janin.  
  • Memeriksa posisi bayi  dalam kandungan. 
  • Memeriksa kondisi serviks dan plasenta.
  • Memeriksa cairan ketuban di sekitar bayi. 

Sedangkan untuk biaya pemeriksaan USG kehamilan  tergantung  jenis kunjungan dan layanan kesehatan yang didatangi.

Jenis USG Kehamilan

USG adalah teknik menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar janin  dalam kandungan. Gambar janin yang tampil dalam USG bisa membantu dokter menilai pertumbuhan dan perkembangan bayi serta memantau selama masa kehamilan. Dalam beberapa kasus, USG kehamilan juga dapat digunakan untuk mengevaluasi potensi masalah atau memastikan diagnosis gangguan penyakit tertentu. 

Test USH kehamilan pertama biasanya dilakukan pada trimester pertama yang berguna untuk memastikan dan memperkirakan usia kehamilan. Kemudian USG berikutnya biasanya dilakukan pada trimester kedua,  ketika detail anatomi janin sudah terlihat.

Baca Juga  Susu Prenagen untuk Ibu Hamil, Dukung Perkembangan Janin!

Biaya USG Kehamilan

biaya usg kehamilan

Biaya USG kehamilan di tiap layanan kesehatan berbeda-beda. Contohnya biaya pada rumah sakit akan berbeda dengan klinik. Perbedaan biaya terjadi karena fasilitas alat yang digunakan dan kualifikasi dokter yang melakukan USG juga berbeda-beda. Bukan itu saja, biaya USG kehamilan di RS umum dan RS swasta juga akan sangat berbeda.

Tergantung jenisnya, biaya USG mulai dari Rp 135.000,00. Biaya yang dikeluarkan sudah termasuk konsultasi, pencetakan 1 lembar USG, biaya alat kesehatan dan administrasi rumah sakit. Jika bunda adalah pasien rujukan, disarankan agar membawa dokumen-dokumen berikut: 

  • Surat dari bidan atau puskesmas
  • Kartu Kesehatan Ibu-Bayi (KIA)
  • Kartu BPJS Kesehatan

Sedangkan biaya USG kehamilan di klinik akan dibedakan menurut jenis USG yang dilakukan. Berikut perkiraan biaya USG kehamilan di klinik: 

  • Rp 235.000,00 untuk 2D
  • Rp 285.000,00 untuk 3D dan 4D
  • Rp 265.000,00 untuk USG transvaginal

Biaya yang dikeluarkan sudah termasuk konsultasi dan cetak 1 lembar USG.

Sebelum memutuskan apakah moms dan pasangan akan melakukan USG di rumah sakit atau puskesmas, disarankan untuk menghubungi dokter terlebih dahulu untuk membuat janji. Jadi moms juga bisa sekalian memastikan terlebih dahulu biaya USG di lokasi tersebut ya.

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?