fbpx

Kaki Bengkak saat Hamil: Penyebab dan Cara Menanganinya

Kaki Bengkak saat Hamil: Penyebab dan Cara Menanganinya

Kaki bengkak saat hamil adalah kondisi yang rentan bumil alami akibat penumpukan cairan dalam jaringan tubuh. Kondisi ini juga disebut dengan istilah edema dan biasanya menyerang beberapa bagian kaki, seperti tungkai, pergelangan kaki, maupun jari. Saat ibu mengalaminya, tentu akan timbul rasa tidak nyaman ketika beraktivitas.

Itulah sebabnya, ibu perlu segera menanganinya agar tidak merasa terganggu selama menjalani rutinitas harian. Nah, jika ingin mengetahui penyebab dan cara menangani kaki bengkak pada ibu hamil, simak selengkapnya di artikel berikut!

Mengapa Kaki Bengkak saat Hamil?

Edema atau pembengkakan di area kaki pada ibu hamil adalah kondisi umum. Hal ini lebih rentan terjadi pada ibu hamil akibat peningkatan produksi darah serta cairan melebihi 50% daripada saat kondisi normal. Pada dasarnya, peningkatan kadar darah dan cairan dalam tubuh tersebut bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Akan tetapi, terjadinya pembengkakan kaki tentu akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman selama beraktivitas. Kondisi tersebut juga bisa timbul akibat faktor lainnya. Adapun beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan bisa menimbulkan pembengkakan di area kaki. Hal ini karena tubuh yang menahan lebih banyak cairan untuk kebutuhan janin dalam kandungan.
  • Pertumbuhan janin dalam kandungan seiring berjalannya usia kehamilan tentu akan semakin membesar. Kondisi tersebut bisa memengaruhi kembalinya darah ke jantung yang dapat menyebabkan kaki bengkak pada bumil.
  • Cairan yang tertahan selama masa kehamilan. Pada dasarnya, tubuh akan menahan lebih banyak cairan selama masa kehamilan untuk mendukung kesehatan kandungan.
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan garam, sehingga tubuh menjadi lebih banyak menahan cairan.
  • Mengonsumsi kafein secara berlebihan yang menimbulkan tekanan di area pembuluh darah.
  • Intensitas berjalan yang terlalu sering, sehingga menyebabkan beban berlebih pada kaki.
  • Kurangnya asupan air putih, sehingga menimbulkan dehidrasi dan ketidaklancaran aliran darah.
  • Asupan makanan dengan gizi tidak seimbang.
Baca Juga  10 Program Hamil Alami yang Tepat dan Aman Dilakukan, Catat!

Itulah sebabnya, selama masa kehamilan, ibu perlu memperhatikan aktivitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya pembengkakan di area kaki. Dengan begitu, kondisi ibu pun bisa lebih sehat dan tidak mengganggu rutinitas sehari-hari. Selain itu, kondisi ibu yang sehat juga dapat mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Cara Menangani Kaki Bengkak saat Hamil

Seperti penjelasan sebelumnya, pembengkakan pada kaki selama masa kehamilan bukan hanya terjadi karena faktor biologis tubuh, tetapi juga bisa timbul akibat kebiasaan buruk. Itulah sebabnya, ibu perlu menanganinya dengan memperbaiki kebiasaan sehari-hari.

Adapun beberapa cara menangani kaki bengkak saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki Posisi Duduk

Salah satu cara mengatasi pembengkakan kaki saat hamil adalah dengan memperbaiki posisi duduk. Pasalnya, posisi yang keliru bisa menghambat sirkulasi darah, sehingga memicu nyeri punggung maupun pembengkakan kaki. Untuk itu, ibu bisa duduk dengan posisi kaki yang lebih tinggi daripada jantung, sehingga peredaran darah lebih lancar.

2. Memperbaiki Posisi Tidur

Cara menangani kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah memperbaiki posisi tidur. Ibu bisa mencoba tidur dengan miring ke arah kiri. Cara ini berperan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena, sehingga bisa mengurangi pembengkakan. Selain itu, ibu juga bisa meninggikan posisi kaki dengan meletakkan bantal di bawahnya.

3. Tidak Berdiri atau Berjalan Terlalu Lama

Cara menangani pembengkakan kaki pada bumil juga bisa dilakukan dengan tidak berdiri maupun berjalan terlalu lama. Hal ini akan membuat kaki terasa pegal, sehingga memicu kelelahan otot dan mengganggu peredaran darah. Maka dari itu, ibu perlu menyelinginya dengan melakukan peregangan maupun duduk.

4. Perhatikan Penggunaan Alas Kaki

Cara mengurangi kaki bengkak pada bumil berikutnya adalah memperhatikan penggunaan alas kaki setiap hari. Pada umumnya, alas kaki yang keras dan kekecilan bisa menghambat peredaran darah, sehingga memicu terjadinya pembengkakan. Itulah sebabnya, ibu perlu memilih alas kaki yang memberikan ruang untuk jari-jari kaki dan tidak terlalu tinggi agar lebih nyaman.

Baca Juga  Apa itu Bayi Sungsang? Simak Jenis Posisi dan Penyebabnya!

5. Rajin Menggerakkan Kaki

Cara menangani pembengkakan kaki saat hamil selanjutnya adalah rajin menggerakkan kaki untuk melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah. Ketika sedang duduk, ibu bisa memutar pergelangan kaki maupun melakukan gerakan kaki menekuk. Hal itu akan membantu mengurangi retensi cairan di kaki yang menimbulkan pembengkakan.

6. Olahraga yang Rajin

Cara menyembuhkan kaki bengkak saat hamil berikutnya adalah dengan berolahraga yang rajin. Olahraga selama masa kehamilan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, melancarkan peredaran darah, melatih pernapasan, mendukung pertumbuhan janin, hingga mengatasi kaki yang bengkak. Maka dari itu, ibu perlu menjaga tubuh agar tetap aktif, seperti melakukan peregangan, renang, jalan kaki, ataupun olahraga ringan lainnya.

7. Jaga Asupan Makanan dan Minuman

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang terakhir adalah dengan menjaga asupan makanan dan minuman sehari-hari. Pada dasarnya, setiap makanan atau minuman yang ibu konsumsi bisa memengaruhi kondisi tubuh bumil maupun sang buah hati. Itulah sebabnya, ibu perlu memperhatikan pola makan dan minum sehari-hari.

Nah, untuk membantu mengatasi pembengkakan kaki, ibu perlu mengurangi asupan garam karena bisa memicu tertahannya cairan tubuh. Sebaliknya, ibu harus menerapkan pola makan yang seimbang, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral, hingga vitamin. Bukan hanya itu, kurangi asupan kafein dan biasakan untuk minum air putih yang cukup.

Penutup

Itulah sejumlah informasi seputar kaki bengkak saat hamil yang perlu ibu pahami. Pada dasarnya, kondisi ini cenderung rentan terjadi, terlebih lagi pada usia kehamilan akhir. Hal itu timbul karena berat janin yang meningkat dan ditambah dengan padatnya rutinitas harian.

Itulah sebabnya, ibu perlu memperhatikan aktivitas sehari-hari untuk mencegah pembengkakan kaki saat hamil. Nah, jika ibu ingin mengetahui cara menjaga kesehatan saat hamil lainnya, simak selengkapnya dalam situs New Life!

Baca Juga  7 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengecilkannya, Yuk Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?