fbpx

5 Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

5 Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Kaki bengkak pada ibu hamil adalah keluhan yang sering dialami, terlebih lagi saat kondisi kandungan mulai membesar. Meskipun tidak membahayakan, kondisi ini bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Itulah sebabnya, moms perlu mengetahui penyebab kaki bengkak saat hamil dan cara mengatasinya.

Pada dasarnya, kaki bengkak saat hamil disebabkan oleh penumpukan cairan di kaki dan kurang lancarnya peredaran darah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil, yuk simak artikel berikut ini!

Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Kaki bengkak atau edema adalah kondisi penumpukan cairan di area kaki yang berkaitan dengan perubahan hormon dan fisik saat masa kehamilan, terlebih di masa akhir kehamilan. Kondisi ini bisa timbul akibat sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor penyebab kaki bengkak saat hamil adalah sebagai berikut.

1. Berdiri Terlalu Lama

kaki bengkak pada ibu hamil

Salah satu penyebab kaki bengkak pada ibu hamil adalah berdiri terlalu lama. Pasalnya, saat berdiri terlalu lama, gaya gravitasi tubuh akan membuat cairan terkumpul di bagian tubuh bawah dan menyebabkan pembengkakan pada kaki. Untuk mengatasinya, Bunda bisa menyelingi aktivitas berdiri dengan duduk dan meluruskan kaki atau berbaring sambil memosisikan kaki lebih tinggi dari tubuh.

2. Duduk Terlalu Lama

kaki bengkak pada ibu hamil

Penyebab kaki bengkak saat hamil lainnya adalah duduk terlalu lama. Pada dasarnya, volume cairan dalam tubuh selama hamil perlu mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Nah, saat Bunda duduk terlalu lama, maka cairan tersebut akan tertahan pada area tubuh tertentu, khususnya bagian bawah dan memicu pembengkakan.

Untuk itu, Bunda perlu menghindari kebiasaan duduk terlalu lama agar tidak menghambat sirkulasi darah. Di samping itu, jika pekerjaan Bunda menuntut aktivitas duduk cukup lama, sebaiknya selingi dengan berdiri dan menggerakkan tubuh setidaknya selama 6 menit per jam. Cara ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko sakit punggung.

Baca Juga  Ciri-ciri Orang Hamil yang Perlu Diketahui

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

kaki bengkak pada ibu hamil

Mengonsumsi garam terlalu banyak ternyata juga bisa menyebabkan pembengkakan pada kaki saat hamil. Asupan garam atau natrium biasanya banyak dijumpai pada jenis makanan kaleng maupun olahan kering. Nah, kadar natrium yang terlalu tinggi pada darah bisa membuat tubuh menahan air lebih banyak. Alhasil, Bunda akan mengalami pembengkakan di area kaki. Itulah sebabnya, penting untuk mengurangi asupan makanan tinggi natrium dan perbanyak makanan bernutrisi.

4. Kepanasan

kaki bengkak pada ibu hamil

Penyebab kaki bengkak pada ibu hamil berikutnya adalah akibat kepanasan. Hal ini kerap terjadi ketika sebelumnya Bunda berada di ruangan sejuk dan tubuh tiba-tiba kepanasan. Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah melebar demi mendinginkan tubuh. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mencoba mencari tempat teduh dan mengurangi aktivitas di lokasi yang panas agar pembengkakan mereda.

5. Kurang Cairan dalam Tubuh

kaki bengkak pada ibu hamil

Penyebab kaki bengkak saat hamil yang terakhir adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Hal ini bisa membuat Bunda mengalami dehidrasi, sehingga tubuh akan menahan cairan agar dapat mengimbanginya. Akibatnya, intensitas buang air kecil pun meningkat dan menyebabkan pembengkakan di area kaki.

Cara Menyembuhkan Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Meskipun tidak mengkhawatirkan, pembengkakan pada kaki saat hamil bisa membuat Bunda merasa kurang nyaman. Untuk itu, Bunda perlu mengetahui cara penanganannya. Berikut ini adalah sejumlah cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil.

1. Berolahraga Ringan

Salah satu cara menyembuhkan kaki bengkak saat hamil adalah dengan berolahraga ringan. Misalnya adalah berjalan kaki dan melakukan yoga ibu hamil. Berjalan kaki bermanfaat untuk memperkuat otot dan persendian selama masa kehamilan. Di sisi lain, melakukan yoga juga bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kaki, meningkatkan kualitas tidur, serta meringankan stres.

Baca Juga  7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi, Catat!

2. Tidur Miring ke Kiri

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil lainnya adalah dengan tidur miring ke kiri. Tips ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah dan meredakan pembengkakan di area kaki. Di samping itu, tidur dengan miring ke kiri juga bisa membantu menghilangkan tekanan pada rahim dan mengurangi nyeri pinggang saat hamil.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, cara ini juga berperan dalam meredakan pembengkakan dan melancarkan aliran darah. Maka dari itu, jaga asupan air putih setidaknya 10 gelas dalam sehari. Di sisi lain, Bunda juga perlu mengurangi asupan kafein. Sebab, konsumsi kafein yang berlebihan juga memberikan efek diuretik dan memicu pembengkakan.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara menyembuhkan kaki bengkak pada ibu hamil yang terakhir adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Bunda bisa memperbanyak konsumsi makanan berserat, mengandung vitamin, dan mineral. Tujuannya adalah untuk melancarkan kinerja organ tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Di sisi lain, kurangi asupan makanan tinggi karbohidrat, berlemak, dan kaya natrium. Sebab, makanan tersebut bisa memicu pembengkakan pada kaki.

Penutup

Itulah beragam penyebab kaki bengkak pada ibu hamil yang kerap terjadi. Pada dasarnya, kaki bengkak ini terjadi akibat gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, untuk mencegahnya, Bunda perlu memperhatikan pola hidup sehari-hari, baik dari segi asupan makanan maupun aktivitas yang dijalani. Dengan begitu, Bunda akan terhindar dari risiko pembengkakan kaki selama hamil. Untuk mengetahui tips saat hamil lainnya, kunjungi langsung kanal New Life!

Baca Juga  Pelajari Lebih Dalam Tentang Trimester Kehamilan
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?