fbpx

Ini Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut Ibu

Kebanyakan orang tentu sudah mengetahui bahwa terlambat menstruasi merupakan salah satu ciri-ciri kehamilan. Namun, kita juga dapat melihat tanda tanda hamil muda pada perut ibu. Pada masa awal kehamilan, tentunya perut ibu belum membesar. Jadi, tanda-tanda apa yang ditunjukkan oleh perut ibu? Yuk, kita sama-sama simak informasinya di bawah ini.

Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut

Saat hamil muda, ibu mungkin kesulitan untuk mengenalinya melalui tanda-tanda umum. Berikut ini adalah tanda yang dapat dilihat dari kondisi perut:

1. Merasa Mual

Tanda tanda hamil muda pada perut yang pertama adalah perut terasa mual. Hal ini umumnya terjadi karena adanya lonjakan hormone progesterone dan esterogen serta produksi hormone hCG dalam tubuh ibu hamil muda.

Gejala ini juga dinamakan morning sickness. Walau begitu, ibu bisa saja merasakan gejala ini pada pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Pada trimester kedua, gejala ini akan berkurang dan berangsur menghilang.

2. Kram Perut

Kram pada perut biasanya akan terjadi bersamaan dengan muncul bercak darah. Terjadinya kram perut ini merupakan pertanda bahwa sel telur telah dibuahi dan menempel pada dinding Rahim. Rasa nyeri yang dialami saat kram perut akan terasa lebih ringan dibanding saat menstruasi. Ibu hamil dapat melakukan beberapa gerkan pelan, kompres air hangat, ataupun berbaring untuk mengurangi rasa nyerinya.

3. Perut Terasa Kencang

Sensasi seperti ditusuk, ditarik, ataupun diregangkan pada bagian perut merupakan salah satu tanda-tanda hamil muda pada perut. Ini terjadi untuk menyesuaikan pertumbuhan janin dalam perut sehingga ligament dan jaringan perut meregang dengan cepat. Perbedaannya dengan perut gemuk adalah ketika duduk, perut ibu hamil muda akan terasa keras dan kencang meskipun terlihat buncit.

Baca Juga  9 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Simak!

4. Sembelit

Karena adanya perubahan hormone, ibu mungkin akan mengalami sembelit. Kondisi ini dapat terjadi karena pencernaan yang melambat. Oleh karena itu, ibu perlu mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kandungan serat di dalamnya untuk mencegah terjadinya sembelit saat hamil.

5. Perut Terasa Kembung

Kembung pada perut juga terjadi karena adanya peningkatan hormone dalam tubuh, yaitu hormone progesterone. Hormon ini menyebabkan gas dan juga makanan tertahan dalam perut lebih lama.

Selain itu, asupan makanan yang mengandung gas juga dapat mempengaruhi perut terasa kembung saat hamil. Gejala yang satu ini biasanya dibarengi datangnya dengan sembelit. Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan serat dan minum air putih yang cukup.

Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Mengalami Tanda Hamil Muda

Jika ibu mengalami tanda tanda hamil muda di atas, maka ada beberapa hal yang perlu ibu lakukan. Berikut ini hal yang perlu dilakukan beserta penjelasannya:

Berkunjung ke dokter kandungan

Berkonsultasi dengan dokter kandungan secara langsung sangatlah penting. Hal ini agar dokter dapat langsung melakukan pemeriksaan terhadap ibu dan janin sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Jangan melakukan pantangan kehamilan

Sebagai ibu yang tengah hamil muda, jiwa penasarannya masih cukup tinggi sehingga tidak jarang ibu hamil muda melakukan pantangan kehamilannya. Sebaiknya jangan lakukan hal ini karena dapat menyebabkan kecacatan janin hingga keguguran. 

Itu dia tanda-tanda hamil muda pada perut dan hal yang perlu dilakukan jika mengalaminya. Beberapa gejala yang ada mungkin terasa mirip dengan gejala yang dialami ibu saat menstruasi. Maka dari itu, terkadang ibu tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Selain tanda-tanda hamil pada perut, ibu juga sebaiknya mencari tau tanda-tanda hamil secara umum. 

Baca Juga  Ini Dia Gerakan Yang Menyebabkan Keguguran!

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?