fbpx

Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang yang Aman Dilakukan

Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang yang Aman Dilakukan

Sebelum memasuki usia kehamilan 36 minggu, posisi bayi dalam kandungan umumnya akan terus berubah-ubah. Namun, ketika menjelang persalinan dan kepala bayi masih belum memasuki jalan lahir, bisa jadi ibu mengalami bayi sungsang. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan sejumlah cara, salah satunya adalah menerapkan senam hamil untuk bayi sungsang.

Ada beberapa gerakan senam yang aman untuk ibu hamil dan memberikan berbagai manfaat bagi kondisi kehamilan. Nah, agar lebih paham mengenai gerakan senam hamil untuk bayi sungsang, yuk simak artikel berikut ini!

Gerakan Senam Hamil untuk Bayi Sungsang

Senam ibu hamil adalah salah satu jenis olahraga yang baik untuk membantu menjaga kesehatan bumil maupun tumbuh kembang janin dalam kandungannya. Di samping itu, senam hamil ternyata dapat membantu mengatasi janin sungsang, lho.

Adapun beberapa gerakan senam hamil untuk bayi sungsang adalah sebagai berikut.

1. Mengangkat Panggul

Salah satu gerakan senam hamil untuk bayi sungsang adalah posisi mengangkat panggul. Gerakan ini bisa ibu mulai dengan tidur telentang, menekuk lutut, lalu telapak kaki menyentuh lantai. Di sisi lain, letakkan kedua tangan secara sejajar di samping kanan dan kiri tubuh.

Tarik napas perlahan-lahan, lalu angkat panggul dengan pelan sampai tingginya mencapai 30 cm dan tahan beberapa saat. Jika sudah, turunkan panggul lagi sembari mengembuskan napas. Jika ingin memperoleh hasil maksimal, lakukan gerakan tersebut selama 10-15 menit sebanyak tiga kali per hari. Untuk menjaga keamanannya, bumil juga bisa mengganjal panggul dengan bantal.

2. Memiringkan Panggul

Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang lainnya, yaitu memiringkan panggul. Untuk menerapkannya, ibu hamil bisa berbaring di atas matras terlebih dulu. Setelah itu, tekuk kedua kaki dan biarkan telapak kaki menyentuh permukaan lantai.

Baca Juga  4 Perbedaan Sakit Pinggang Haid dan Hamil yang Tampak Mirip

Selanjutnya, angkat panggul perlahan-lahan sampai membentuk posisi bridge dan tahan posisi tersebut selama kurang lebih 10-20 menit. Jika sudah, turunkan panggul secara perlahan-lahan. Apabila ingin memperoleh manfaatnya secara maksimal, ibu hamil bisa mengulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali per hari.

3. Pelvic Rocking 

Senam hamil untuk bayi sungsang selanjutnya adalah pelvic rocking. Gerakan ini dilakukan dengan memanfaatkan bantuan bola besar atau birth ball. Untuk melakukannya, ibu hamil bisa duduk di atas bola dengan kaki terbuka. Setelah itu, goyangkan pinggul perlahan-lahan.

4. Child Pose

Child pose juga termasuk sebagai gerakan senam hamil untuk janin sungsang. Gerakan yoga ini bisa membantu mendorong kepala bayi agar turun ke bawah. Adapun cara melakukan child pose adalah sebagai berikut:

  • Silakan duduk bersimpuh terlebih dulu di atas matras.
  • Setelah itu, angkat kedua tangan ke atas.
  • Jika sudah, gerakkan kedua tangan ke depan sampai tangan serta dahi menyentuh permukaan matras. Ibu hamil bisa menggerakkannya bersamaan dengan tubuh bagian atas.
  • Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Gerakan yoga tersebut memanfaatkan gravitasi untuk mendorong bayi agar berputar. Selain bermanfaat untuk bayi sungsang, child pose juga berfungsi untuk mengendurkan otot panggul serta rahim.

5. Posisi Bersujud

Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang lainnya adalah menerapkan posisi bersujud. Bumil bisa meletakkan lutut di atas matras dan tungkai terbuka lebar, lalu angkat bokong ke atas. Di sisi lain, kepala dan lengan berada dalam posisi menempel di matras, seolah-olah sedang bersujud.

Tahan posisi sujud tersebut selama kurang lebih 15 menit dan lakukan sebanyak tiga kali per hari. Tujuan dari posisi sujud adalah untuk memperluas ruang gerak janin dalam kandungan. Dengan begitu, dirinya dapat memperoleh posisi optimal di panggul.

Baca Juga  6 Penyebab Sakit Pinggang Belakang, Gejala, & Pengobatannya

6. Squat

Gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang terakhir adalah squat. Ibu bisa memulai gerakannya dengan berjongkok dan kaki terbuka sedikit lebih lebar dari bahu. Selanjutnya, letakkan letakkan kedua telapak tangan agar saling berhadapan di depan dada. Ibu bisa memanfaatkan siku untuk membantu menahan bukaan kaki, lalu tahan sekitar 30 detik. Apabila perut sudah membesar, ibu hamil bisa bersandar di dinding agar keseimbangan tetap terjaga.

Cara Mengatasi Bayi Sungsang Lainnya

Selain melakukan senam ibu hamil, ada pula cara mengatasi kehamilan sungsang lainnya, baik secara alami maupun medis. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bayi sungsang yang bisa bumil terapkan.

  • Meletakkan barang yang dingin ke perut bagian bawah untuk mendorong pergerakan bayi agar mendapatkan posisi optimal.
  • Memperdengarkan musik pada perut ibu hamil untuk merangsang bayi agar bisa berputar dan menemukan posisi yang tepat.
  • Menerapkan posisi tidur yang tepat, yaitu dengan miring dan meletakkan bantal di antara lutut serta kaki. Cara tidur ini berperan dalam mendukung posisi optimal bagi bayi.
  • Melakukan terapi akupuntur untuk membantu mengendurkan rahim serta mendorong pergerakan janin.
  • Menerapkan teknik Webster, yaitu metode chiropractic untuk membantu mensejajarkan panggul serta mengendurkan rahim.
  • Metode ECV yang dokter lakukan dengan memberikan tekanan pada perut bumil.

Apabila beberapa cara di atas masih belum membantu mengubah posisi janin, dokter umumnya akan melakukan tindakan persalinan caesar. Cara ini adalah solusi bagi kebanyakan kasus kehamilan sungsang. Namun, bagi kehamilan kembar yang hanya satu bayi memiliki posisi sungsang, persalinan caesar perlu bumil hindari untuk menurunkan risiko melahirkan.

Penutup

Itulah sejumlah gerakan senam hamil untuk bayi sungsang yang bisa ibu terapkan. Pada dasarnya, melakukan senam ibu hamil bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan sang buah hati dalam kandungan.

Baca Juga  Kelahiran Bayi Prematur: Penyebab, Tanda, dan Penanganannya

Hal itu juga berperan dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin agar bisa terlahir sehat dan normal. Di samping itu, untuk mengubah posisi bayi sungsang, bumil juga bisa berkonsultasi ke dokter. Jadi, yuk jaga kesehatan kehamilan agar persalinan normal bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?