fbpx

Ciri-Ciri Ruam Popok akan Sembuh dan Cara Menyembuhkannya

Ciri-Ciri Ruam Popok akan Sembuh dan Cara Menyembuhkannya

Ruam popok adalah jenis iritasi kulit yang rentan terjadi pada bayi. Hal ini dapat timbul akibat penggunaan popok yang jarang ibu ganti maupun kondisi kulit terlalu lembap. Meski begitu, ruam popok bisa sembuh dengan sendirinya secara cepat. Itulah mengapa, ibu perlu memahami ciri-ciri ruam popok akan sembuh.

Pasalnya, jika dalam 2 hari kondisinya belum membaik, sebaiknya lekas kunjungi ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ciri-ciri ruam popok akan sembuh, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Ciri-Ciri Ruam Popok akan Sembuh

Ruam popok adalah peradangan kulit bayi yang ditandai dengan munculnya ruam kemerahan dan iritasi kulit. Meskipun tidak berbahaya dan dapat ibu tangani sendiri, ruam popok cenderung membuat bayi merasa kurang nyaman.

Di sisi lain, ruam popok juga dapat cepat sembuh. Nah, begini adalah beberapa ciri-ciri ruam popok akan sembuh:

1. Bintik-Bintik Menghilang

Salah satu ciri-ciri ruam popok akan sembuh adalah bintik-bintik mulai menghilang. Pada umumnya, tanda-tanda ruam popok adalah adanya bintik-bintik kecil di kulit bayi. Hal ini yang membuat kulit bayi terasa kasar. Nah, ketika mulai sembuh, umumnya bintik-bintik kecil tersebut akan menghilang, sehingga kulit bayi terasa lembut kembali.

2. Ruam Kemerahan Memudar

Ciri-ciri ruam popok akan sembuh selanjutnya adalah ruam kemerahan akan memudar. Bercak-bercak kemerahan kecil umumnya akan muncul di area yang biasa terkena popok, seperti paha bagian atas dan bokong ketika bayi mengalami ruam popok. Namun, ketika ibu secara rutin mengobatinya, maka ruam kemerahan ini akan segera memudar.

3. Hilangnya Rasa Gatal dan Perih

Ciri-ciri ruam popok akan sembuh juga ditunjukkan dengan hilangnya rasa gatal serta perih. Pada dasarnya, gatal dan perih adalah salah satu gejala ruam popok. Hal ini kerap membuat si kecil menggaruk area paha atas maupun pantatnya. Namun, ketika gejala ruam berangsur menghilang, rasa gatal dan perihnya juga turut menghilang.

Baca Juga  7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Bayi, Bantu Melebatkan!

4. Tekstur Kulit Kering dan Bersisik Memudar

Tekstur kulit kering dan bersisik juga akan memudar ketika ruam popok akan sembuh. Biasanya, ibu akan merasakan kulit kering dan kasar ketika bayi mengalami ruam popok. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu perlu mengoleskan krim secara rutin sesuai dengan anjuran dokter. Cara tersebut ternyata dapat membantu memudarkan kulit kering dan bersisik.

5. Kulit Bayi Kembali Halus

Tanda ruam popok akan sembuh lainnya adalah kulit bayi kembali halus dan lembut. Saat terjadi ruam, kulit bayi mungkin akan terasa kasar dan kering. Namun, salep yang ibu oleskan selama bayi mengalami ruam dapat membantu melembapkannya dan menyembuhkan kondisi tersebut. Alhasil, kulit bayi pun perlahan-lahan akan kembali halus.

6. Regenerasi Kulit

Ciri-ciri ruam popok akan sembuh berikutnya adalah terjadi regenerasi kulit. Umumnya, regenerasi kulit terjadi akibat adanya luka di bagian permukaan kulit. Nah, ketika mulai sembuh, sel kulit akan mengalami regenerasi untuk membentuk jaringan kulit baru, sehingga kulit pun tampak normal kembali. Bukan hanya itu, kulit pun juga akan terhidrasi kembali.

7. Bayi Tidak Rewel

Ciri-ciri ruam popok akan sembuh yang terakhir adalah bayi tidak rewel lagi. Biasanya ketika kulit terasa gatal dan perih, bayi akan rewel serta menangis kencang untuk menunjukkan rasa tidak nyamannya. Namun, ketika gejalanya berangsur-angsur menghilang, si kecil tidak rewel lagi dan dapat kembali ceria.

Cara Menyembuhkan Ruam Popok

Ruam popok adalah kondisi yang membuat bayi tidak merasa nyaman, sehingga ibu perlu segera mengobatinya. Adapun beberapa cara menyembuhkan ruam popok adalah sebagai berikut.

1. Mencuci Tangan Sebelum Mengganti Popok

Salah satu cara menyembuhkan ruam popok adalah mencuci tangan sebelum mengganti popok. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan kuman maupun bakteri. Pastikan pula ibu mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir selama kurang lebih 20 detik.

Baca Juga  Ciri-ciri Janin Berkembang dengan Baik, Apa Saja?

2. Sering Mengganti Popok

Cara menyembuhkan ruam popok lainnya adalah dengan sering menggantinya, terlebih lagi ketika bayi usai BAB. Sebab, penumpukan urine dan feses serta kontaknya dengan kulit bayi dapat memperparah dan memicu ruam. Selain itu, kondisi tersebut juga rentan menyebabkan infeksi kulit.

3. Membersihkan Area Kulit yang Tertutup Popok

Cara menyembuhkan ruam popok berikutnya adalah dengan membersihkan area kulit yang tertutup popok. Ibu bisa menggunakan sabun khusus bayi serta air untuk membersihkannya. Selain itu, ibu juga dapat menggunakan tisu basah. Namun, pastikan bahwa sabun dan tisu basah yang ibu gunakan bebas dari pewangi maupun alkohol.

4. Mengeringkan Area yang Tertutup Popok

Tips menyembuhkan ruam popok selanjutnya adalah mengeringkan area yang tertutup popok. Ibu dapat menggunakan kain dengan bahan lembut untuk mengeringkannya. Setelah itu, oleskan krim yang mengandung zinc oxide untuk membantu menyembuhkan ruam popok. Pasalnya, krim tersebut mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan ruam kemerahan serta peradangan.

5. Memastikan Kulit Tetap Kering

Cara menyembuhkan ruam popok yang terakhir adalah memastikan kulit tetap kering. Setelah ibu mengoleskan salep, biarkan kulit kering terlebih dulu, baru mengganti popoknya. Selain itu, usai membasuhnya, ibu juga perlu mengeringkannya dengan handuk halus. Pastikan pula ibu tidak menggunakan popok ketat pada bayi, karena dapat memperparah kondisi ruam kulit.

Penutup

Itulah sederet informasi mengenai ciri-ciri ruam popok akan sembuh dan tips menyembuhkannya. Umumnya, ruam popok adalah kondisi yang sering terjadi pada bayi dan bisa sembuh dengan cepat. Akan tetapi, jika dalam dua hari kondisi tersebut tidak memulih, ibu perlu memeriksakannya ke dokter agar memperoleh pengobatan yang tepat. Nah, untuk mengetahui informasi lain seputar ruam popok pada bayi, yuk cari tahu dalam situs New Life sekarang juga!

Baca Juga  Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Rahim dan Tubuh, Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?