fbpx

Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester Pertama, Simak!

Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester Pertama, Simak!

Hidung berdarah atau mimisan adalah suatu kondisi yang bersifat umum dan bisa menyerang siapapun, termasuk ibu hamil trimester pertama. Hal ini sering menyerang ibu hamil pada trimester pertama dan bisa membuat panik. Maka dari itu, ibu perlu tahu cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama.

Umumnya, ibu bisa mengatasinya dengan cara alami dan biasanya mimisan akan berhenti maksimal selama 10 menit. Nah, untuk memahami penjelasan seputar cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama, mari simak artikel berikut ini!

Cara Mengatasi Mimisan saat Hamil Trimester Pertama

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mimisan pada usia kehamilan trimester pertama adalah hal yang umum terjadi. Meski begitu, tak jarang para ibu hamil yang merasa panik melihat keluarnya dari hidung.

Untuk mengurangi rasa panik tersebut, ibu perlu memahami cara mengatasinya. Adapun beberapa cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama adalah sebagai berikut:

1. Menjepit Hidung

Salah satu cara mengatasi mimisan saat hamil trimester awal adalah dengan menjepit hidung. Ibu bisa menjepit hidung tepat di bagian bawah batang hidung dan jangan sekadar menjepit area lubang hidung saja.

Selama menjepit hidung, ibu bisa bernapas melalui mulut dan tahan posisi tersebut selama kurang lebih 10-15 menit. Apabila darah masih belum berhenti, ibu bisa mencoba mengulangi langkah di atas lagi.

2. Menggunakan Es Batu

Cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama berikutnya adalah dengan menggunakan es batu untuk mengompresnya. Cara ini berperan dalam membantu menghentikan pendarahan dan melancarkan proses pembekuan darah. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengompreskan es batu di area batang hidung dan berikan pula tekanan pada hidung dengan cara menjepitnya.

Baca Juga  9 Manfaat ASI Eksklusif untuk Ibu dan Sang Buah Hati, Catat!

3. Hindari Berbaring Telentang

Cara mengatasi mimisan saat hamil trimester awal selanjutnya adalah dengan menghindari berbaring telentang. Sebab, posisi tidur ini bisa membuat darah mengalir ke belakang tenggorokan. Kondisi tersebut justru bisa membuat ibu menelan darah tanpa sengaja yang bisa memicu rasa mual atau muntah.

4. Hindari Mencondongkan Kepala ke Belakang

Cara menghentikan mimisan saat hamil trimester pertama lainnya adalah dengan menghindari mencondongkan kepala ke arah belakang. Pasalnya, posisi tersebut bisa membuat darah turun ke tenggorokan dan membuat darah tertelan.

Kondisi tersebut justru bisa bisa membuat darah masuk ke perut maupun menyumbat jalan pernapasan. Sebaliknya, ibu harus mengarahkan kepala condong sedikit ke depan untuk membantu menghentikan pendarahan.

5. Hindari Meniup Hidung

Cara mengatasi mimisan pada usia kehamilan trimester 1 yang terakhir adalah menghindari meniup hidung, mengangkat, atau mencungkilnya. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa meregangkan hidung dan membuat mimisan kambuh lagi. Akan tetapi, jika mimisan tetap kambuh meskipun ibu tidak melakukannya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Mimisan saat Hamil Trimester Pertama

Meskipun mimisan adalah kondisi yang sering menyerang ibu hamil, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan upaya pencegahan. Adapun beberapa cara mencegah mimisan saat hamil trimester pertama adalah sebagai berikut:

1. Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu cara mencegah mimisan pada usia kehamilan trimester awal adalah dengan minum air yang cukup. Hal ini penting untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi. Di sisi lain, asupan cairan yang kurang bisa membuat selaput lendir pada hidung mengalami kekeringan dan memicu terjadinya mimisan.

2. Mengatasi Hidung Kering

Cara mencegah mimisan saat hamil trimester pertama berikutnya adalah dengan mengatasi hidung yang kering. Kondisi ini sering terjadi ketika udara sedang terasa begitu panas maupun terlalu dingin. Untuk melembapkan hidung dan mengatasi hidung kering, ibu bisa mengoleskan petroleum jelly dengan kapas ke hidung maupun meneteskan air garam.

Baca Juga  Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu & Cara Mengatasinya, Simak!

3. Menjaga Kelembapan Udara

Cara mencegah mimisan pada usia kehamilan trimester awal lainnya adalah dengan menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Seperti penjelasan sebelumnya, udara yang kurang lembap bisa membuat hidung menjadi kering. Itulah sebabnya, ibu perlu menjaga kelembapan udara di rumah, seperti menggunakan pelembap udara atau menanam tanaman hias indoor.

4. Mengonsumsi Vitamin C

Cara mencegah mimisan pada usia kehamilan trimester 1 selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Sebab, nutrisi ini berperan untuk membuat pembuluh darah kapiler lebih kuat, sehingga bisa mengurangi risiko mimisan saat hamil. Ibu bisa mengonsumsi vitamin C dari sejumlah sumber makanan, misalnya jeruk, tomat, pepaya, maupun buah kiwi.

5. Mengonsumsi Vitamin K

Cara mencegah mimisan pada usia kehamilan trimester pertama yang terakhir adalah dengan mengonsumsi vitamin K. Adapun beberapa sumber vitamin K untuk ibu hamil adalah sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, brokoli, maupun sawi. Manfaat vitamin K sendiri adalah membantu menjaga kelembapan hidung dan mencegah pecahnya pembuluh darah di hidung.

Penutup

Demikian beberapa informasi penting seputar cara mengatasi mimisan saat hamil trimester pertama dan cara mencegahnya. Pada dasarnya, mimisan pada usia kehamilan trimester awal adalah hal yang sering terjadi.

Meski begitu, ibu juga tetap perlu tahu cara mengatasinya agar tidak panik. Di samping itu, ibu juga bisa mengunjungi dokter ketika mimisan tak kunjung berhenti atau melakukan pencegahan untuk menghindari risikonya. Jadi, yuk cegah mimisan selama hamil bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?