fbpx

Lebih Sakit Melahirkan Normal atau Caesar? Ini Plus Minusnya

Lebih Sakit Melahirkan Normal atau Caesar? Ini Plus Minusnya

Pada dasarnya, terdapat dua metode umum untuk melahirkan bayi, yaitu persalinan secara normal atau operasi caesar. Lantas, lebih sakit melahirkan normal atau caesar?

Hal itu adalah pertanyaan yang kerap diajukan untuk mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan dari setiap metode persalinan, sehingga ibu dapat mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelum melahirkan.

Untuk mengetahui penjelasan mengenai lebih sakit melahirkan normal atau caesar, baca artikel berikut ini.

Lebih Sakit Melahirkan Normal atau Caesar?

Melahirkan adalah momen yang menegangkan bagi setiap ibu hamil. Hal itulah yang seringkali membuat ibu mempertimbangkan untuk melahirkan secara normal atau caesar. Lalu, lebih sakit melahirkan normal atau caesar?

Pada dasarnya, melahirkan secara normal lebih menyakitkan daripada melalui operasi caesar. Sebab, ibu akan berusaha mengeluarkan bayi dalam kondisi sadar, sehingga rasa sakitnya akan terasa.

Di sisi lain, saat menjalani operasi caesar, ibu akan melalui prosedur pembedahan perut dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Selain itu, area perut juga akan memperoleh anestesi, sehingga ibu tidak akan merasa kesakitan.

Namun, pasca operasi, kemungkinan ibu akan merasa kesakitan lebih lama daripada persalinan normal. Pasalnya, efek anestesi baru dirasakan paling tidak beberapa jam pasca melahirkan.

Alhasil, rasa nyeri di perut juga akan terasa setelahnya. Selain itu, luka sayatan bekas operasi caesar juga membutuhkan pemulihan hingga 4-6 minggu.

Selama masa pemulihan tersebut, ibu mungkin akan merasa nyeri saat perut tertarik atau mendapatkan tekanan, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Normal

Metode persalinan normal tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan oleh ibu sebelum menjalaninya. Adapun kelebihan dan kekurangan melahirkan normal adalah.

1. Kelebihan Melahirkan Normal

Pada dasarnya, metode melahirkan normal adalah prosedur persalinan yang menyakitkan, karena ibu harus mengejan selama beberapa waktu untuk mengeluarkan bayi. Meski begitu, metode ini memiliki sejumlah kelebihan.

Baca Juga  Ini Dia Penyebab Flek Hitam Di Wajah Saat Hamil!

Berikut ini adalah beberapa kelebihan melahirkan normal yang bisa menjadi pertimbangan.

  • Masa pemulihan lebih cepat, bahkan ibu bisa segera meninggalkan rumah sakit atau tempat bersalin dalam waktu 24 hingga 48 jam pasca melahirkan.
  • Tidak mengalami efek samping dari operasi, seperti stres akibat pembedahan, rasa sakit dalam waktu lama, infeksi luka jahitan, maupun reaksi terhadap obat bius.
  • Mempercepat proses bonding antara ibu serta bayi. Bahkan, ibu juga bisa langsung melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), yaitu proses pemberian ASI eksklusif pasca melahirkan.
  • Risiko gangguan pernapasan pada bayi lebih kecil daripada metode caesar, misalnya alergi, gangguan pernapasan, asma, laktosa intoleran, dan lainnya.
  • Proses melahirkan normal pada kehamilan berikutnya bisa berlangsung lebih singkat dan cepat.

2. Kekurangan Melahirkan Normal

Selain kelebihan, metode persalinan normal juga mempunyai sejumlah kekurangan. Adapun beberapa kekurangan melahirkan normal yang bisa dijadikan pertimbangan adalah.

  • Meningkatkan risiko bayi kekurangan oksigen apabila persalinannya berlangsung lebih lama.
  • Berisiko menimbulkan komplikasi tidak terduga saat melahirkan, misalnya pendarahan hebat.
  • Risiko kulit serta jaringan di area vagina yang robek dan menegang lebih tinggi, sehingga meningkatkan risiko cedera serta inkontinensia urine.
  • Vagina yang robek atau tergunting harus dijahit.
  • Berisiko mengalami rasa sakit di sekitar perineum, yaitu area di antara vagina serta anus. Kondisi ini disebabkan oleh peregangan ketika proses melahirkan.
  • Terdapat kemungkinan penggunaan alat bantuan melahirkan, misalnya forceps atau vakum. 
  • Terdapat kemungkinan cedera yang dialami oleh ibu pasca melahirkan, misalnya memar di kulit dan luka pada jalan lahir.

Kelebihan dan Kekurangan Melahirkan Caesar

Metode caesar adalah proses persalinan yang terjadi apabila ibu memiliki risiko tinggi apabila melahirkan normal. Selain itu, operasi caesar juga bisa dilakukan ketika ibu merencanakannya.

Baca Juga  Kado Untuk Bayi Baru Lahir Sesuai Jenis Kelamin

Metode ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, seperti halnya persalinan normal. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan melahirkan caesar, antara lain.

1. Kelebihan Melahirkan Caesar

Berikut ini adalah beberapa kelebihan melahirkan caesar yang bisa dipertimbangkan oleh ibu hamil.

  • Ibu bisa memilih tanggal persalinan sendiri, terlebih lagi jika menginginkan tanggal cantik.
  • Menurunkan efek samping cedera kelahiran.
  • Ibu tidak perlu mengalami kontraksi hebat selama berjam-jam yang berisiko memicu rasa trauma persalinan.
  • Risiko bayi tertular penyakit infeksi seksual lebih kecil, karena bayi lahir tidak melalui lubang vagina.
  • Risiko terjadinya inkontinensia urine serta prolaps organ panggul lebih kecil daripada persalinan normal.

2. Kekurangan Melahirkan Caesar

Selain mempunyai kelebihan, operasi caesar juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun beberapa kekurangan melahirkan caesar, yaitu.

  • Ibu harus menjalani prosedur pemulihan dan rawat inap yang lebih lama daripada melahirkan secara normal.
  • Luka jahitan pasca operasi caesar menimbulkan rasa nyeri dan sakit berkepanjangan.
  • Berisiko mengalami komplikasi akibat anestesi, misalnya mual, pusing, mengantuk, sakit kepala hebat, hingga kerusakan saraf.
  • Berisiko mengalami komplikasi akibat operasi, seperti penyumbatan pada area pembuluh darah, infeksi pada luka jahitan maupun rahim, adhesi, hingga pendarahan.
  • Berisiko mengalami plasenta previa pada masa kehamilan berikutnya dan saat memutuskan untuk menjalani operasi caesar kembali.
  • Aktivitas sehari-hari perlu dibatasi selama kurang lebih 6 minggu setelah operasi.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai lebih sakit melahirkan normal atau caesar, hingga kelebihan dan kelemahannya. Setelah mengetahui penjelasan di atas, tentu ibu bisa mempertimbangkan metode persalinan yang hendak dijalani.

Di samping itu, ibu juga perlu menggunakan korset untuk membantu memulihkan perut dan pinggul pasca melahirkan, seperti mengenakan korset New Life.

Baca Juga  Bahaya Baby Blues: Risiko dan Dampaknya

Ibu bisa memperolehnya dengan mudah melalui situs New Life Official Store maupun e-commerce. Apabila memiliki pertanyaan, ibu juga bisa mengajukannya melalui WhatsApp.

Jadi, tunggu apa lagi, yuk bantu mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan dengan korset New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?