fbpx

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit perlu disiapkan jauh hari. Alasannya jika terjadi kontraksi sewaktu-waktu, suami bisa fokus mengurus sang istri. Namun, apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang harus anda bawa ke rumah sakit? Berikut daftar yang bisa calon ayah siapkan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit 

Pada calon orangtua yang baru pertama kali memiliki anak mungkin belum mengerti barang apa saja yang berguna untuk keperluan di rumah sakit. Terkadang beberapa orang bingung hingga membawa banyak barang yang malah merepotkan untuk membawa kembali ketika pulang.

Beberapa barang yang bisa menjadi pilihan calon ayah sebagai perlengkapan yang untuk dibawa ke rumah sakit adalah sebagai berikut:

1. Pakaian Bayi

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Siapkan beberapa potong pakaian bayi untuk dibawa ke rumah sakit. Bayi yang baru lahir biasanya akan menginap selama tiga hari sebelum mendapat persetujuan pulang. Biasanya pihak rumah sakit akan memberikan pakaian khusus bayi, tetapi tidak ada salahnya membawa beberapa baju bayi dari rumah. Nantinya bisa anda pakaikan kepada bayi ketika perjalanan pulang dari rumah sait

2. Selimut Bayi

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Bayi yang baru lahir memerlukan kehangatan yang cukup. Selain baju bayi, anda bisa menambahkan selimut swaddling agar bayi tak kedinginan. Selimut bayi ini juga akan memudahkan ketika menggendong bayi dalam perjalanan pulang nanti.

3. Popok

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Popok atau pampers adalah barang yang selalu berdampingan dengan bayi. Maka popok pun masuk dalam perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit. Bawa popok secukupnya saja agar lebih memudahkan proses membawanya dan tidak makan tempat dalam tas barang bawaan anda ke rumah sakit.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil, Yuk Simak!

4. Sarung Tangan dan Sarung Kaki

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Selain baju dan selimut, perlengkapan untuk menghangatkan tubuh bayi lainnya adalah sarung tangan dan sarung kaki. Memakaikan sarung tangan dan sarung kaki pada bayi dapat mencegah angin atau hawa dingin yang membahayakan kesehatannya. Pilihlah sarung tangan dan sarung kaki dengan bahan yang lembut tapi tebal sehingga hangat dan nyaman pada kulit bayi yang baru lahir.

5. Gunting Kuku

perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit

Mungkin terdengar aneh karena untuk apa membawa gunting kuku ke rumah sakit. Namun, bayi yang baru lahir terkadang memiliki kuku yang sudah tumbuh. Demi mencegah gerak jari-jari bayi yang dapat menggores permukaan kulitnya, maka jangan lupa membawa gunting kuku untuk memotong kuku-kuku yang telah tumbuh tersebut.

Itulah beberapa barang bawaan untuk bayi yang perlu kamu bawa ke rumah sakit. Kamu bisa menambahkannya bila masih ada barang yang berguna ketika di rumah sakit nantinya.

Tips Untuk Ayah yang Baru Pertama Kali Menemani Istri Melahirkan

Jika kamu adalah calon ayah dan suami yang baru pertama kali mempunyai anak, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut sebagai persiapan menemani istri melahirkan.

Persiapkan Perlengkapan yang Harus Dibawa

Mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit adalah bagian dari tugas suami. Sebagai calon ayah, biarkan istri tetap fokus pada proses persalinan yang akan ia lakukan. Anda bisa menyiapkan perlengkapan tersebut ketika sudah memasuki trimester ketiga agar tidak gelagapan nantinya. 

Pilihlah barang bawaan yang memang pasti berguna, dan kemaslah dalam tas-tas sesuai jenisnya. Anda juga bisa meletakkannya di tempat yang dekat dengan kamar atau letak yang mudah mengambilnya sewaktu-waktu.

Jadilah Support System

Pada beberapa kasus, calon ibu cenderung merasa takut ketika sudah mendekati proses persalinan. Tugas suami di sini adalah menjadi support system-nya atau sebagai pemberi semangat agar calon ibu mampu melewati tahapan persalinan dengan lancar. 

Baca Juga  Dampak Baby Blues, Apa Saja?

Berilah kata-kata yang mendukung agar calon ibu senantiasa berani dan tidak merasa sendiri menghadapi proses melahirkan ini. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih dan memuji sang ibu ketika berhasil melewati proses persalinan nantinya.

Kuatkan Mental Selama Persalinan Berlangsung

Peran suami selama menemani ibu melahirkan adalah pemberi keputusan. Selain membantu menguatkan mental calon ibu, calon ayah juga perlu menyiapkan mentalnya untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu hal yang tidak terduga. Ikutilah kelas pranatal atau membaca buku-buku terkait agar lebih bijak dalam menyikapi apapun yang berlangsung selama proses persalinan nantinya.

Kamu juga bisa bertanya langsung pada teman atau keluarga yang pernah mendampingi istri melahirkan untuk mendapat gambaran. Jangan sampai ketika istri sedang berjuang untuk melahirkan sang suami justru pingsan karena akan merepotkan para dokter dan perawat yang sedang bekerja.

Itulah beberapa tips untuk ayah yang pertama kali menemani ibu melahirkan. Fase pertama kali mungkin akan sangat mendebarkan, tapi dengan kesiapan yang cukup, semua akan teratasi.

Penutup

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa ke rumah sakit adalah salah satu bagian dari persiapan proses persalinan. Maka memerhatikan barang yang perlu dan penting untuk kebutuhan selama di rumah sakit akan lebih efisien nantinya. Selain barang bawaan, persiapkan juga kebutuhan lainnya untuk menemani istri selama proses persalinan.

Untuk mengetahui fakta dan informasi lainnya terkait persalinan bisa mengunjungi laman artikel di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?