fbpx

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Kelapa? Inilah Khasiatnya

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Kelapa? Inilah Khasiatnya

Air kelapa adalah minuman yang menyegarkan dan menawarkan berbagai khasiat untuk tubuh. Namun, bolehkah ibu menyusui minum air kelapa? Pada dasarnya, selama ibu mengonsumsinya dalam kadar yang cukup, air kelapa justru bisa memberikan beragam manfaat, lho.

Salah satu manfaatnya adalah membantu melancarkan produksi ASI. Nah, jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut seputar bolehkah ibu menyusui minum air kelapa, simak penjelasannya dalam artikel berikut!

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Kelapa?

Setelah melahirkan, mungkin banyak wanita bertanya-tanya, bolehkah ibu menyusui minum air kelapa? Pada dasarnya, tidak ada larangan minum air kelapa selama ibu dalam kondisi sehat dan tidak mempunyai riwayat penyakit parah yang melarang ibu mengonsumsinya. Terlebih lagi, air kelapa juga bisa menambah kadar cairan untuk tubuh selain air putih.

Di samping itu, air kelapa juga mengandung sejumlah nutrisi, seperti protein, kalori, gula, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, kalium, vitamin C, magnesium, fosfor, natrium, dan asam amino. Dengan berbagai kandungan tersebut, air kelapa bisa memberikan sejumlah manfaat bagi busui selama mengonsumsinya dalam kadar yang cukup.

Adapun rekomendasi asupan air kelapa per hari adalah sebanyak satu sampai dua cangkir. Namun, ibu juga perlu memastikannya kepada dokter untuk mengetahui perkiraan asupan yang lebih tepat. Sebab, setiap ibu menyusui mempunyai kondisi yang berbeda, sehingga dapat memengaruhi kebutuhan nutrisinya.

Khasiat Minum Air Kelapa saat Menyusui

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, air kelapa bisa memberikan berbagai manfaat untuk ibu menyusui. Adapun sederet khasiat air kelapa untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Menghidrasi Tubuh

Salah satu khasiat air kelapa untuk tubuh adalah membantu menghidrasi tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi. Sebab, air kelapa memiliki kandungan zat gizi mikro yang berperan dalam proses hidrasi tubuh. Selain itu, air kelapa juga bisa menjadi pengganti alami minuman tinggi gula maupun minuman berkafein.

Baca Juga  Makanan yang Menyebabkan Bayi Lahir Prematur untuk Dihindari

2. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui lainnya adalah membantu melancarkan produksi ASI. Manfaat ini bisa ibu peroleh selama minum air kelapa disertai dengan menjaga pola makan seimbang.

Di samping itu, air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan karbohidrat, sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh untuk mendorong produksi ASI.

Terlebih lagi, air kelapa juga kaya akan kandungan nutrisi, sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas ASI untuk bayi. Dengan begitu, si kecil pun bisa tumbuh sehat dan terhindar dari risiko penyakit.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat air kelapa untuk busui berikutnya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, air kelapa memiliki kandungan antioksidan serta asam laurat yang bersifat antimikroba, imunostimulan, serta anti inflamasi.

Selain itu, konsumsi air kelapa dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu mencegah radikal bebas, sehingga ibu bisa terhindar dari risiko penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Khasiat air kelapa untuk busui selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebab, air kelapa memiliki kandungan asam laurat yang berperan dalam proses penyerapan nutrisi serta meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain itu, air kelapa juga baik untuk meredakan sejumlah masalah pencernaan, seperti sembelit.

5. Menyehatkan Tubuh secara Keseluruhan

Manfaat air kelapa untuk busui lainnya adalah menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, minuman ini memiliki sifat antihipertensi, hipoglikemik, serta hepatoprotektif.

Dalam hal ini, minum air kelapa bisa membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, hingga melindungi kesehatan organ hati.

6. Diuretik Alami

Manfaat air kelapa untuk busui lainnya adalah bisa menjadi diuretik alami serta meningkatkan produksi urine. Dalam hal ini, air kelapa berperan dalam meningkatkan kinerja sistem ekskresi, membantu menghilangkan ion, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Baca Juga  5 Penyebab Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Bukan hanya itu, konsumsi air kelapa juga berperan dalam mengurangi produksi protein dalam reabsorpsi air, sehingga minuman ini bisa ibu jadikan sebagai diuretik alami untuk tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui selanjutnya adalah mendukung kesehatan tulang. Hal ini bisa ibu peroleh karena air kelapa mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tulang, seperti magnesium, kalsium, serta fosfor. Berbagai nutrisi tersebut berperan dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

8. Sumber Tenaga

Pada dasarnya, air kelapa mengandung berbagai nutrisi yang bisa menjadi sumber energi, seperti gula, karbohidrat, kalori, dan fosfor. Terlebih lagi, selama menyusui, ibu tentu membutuhkan energi lebih untuk bekerja dan memproduksi ASI. Apabila nutrisi ibu tidak terpenuhi, tentu ibu akan mudah lemas. Itulah sebabnya, air kelapa dapat menjadi sumber tenaga bagi busui.

9. Mengatasi Stres

Mengasuh bayi mungkin akan membuat ibu mudah mengalami stres. Untuk itu, ibu bisa mengonsumsi air kelapa sebagai alternatif untuk meredakan stres. Pasalnya, kandungan magnesium yang terdapat dalam air kelapa berperan dalam mengendalikan respons stres, sehingga kesehatan mental ibu pun tetap terjaga.

Penutup

Itulah jawaban mengenai bolehkah ibu menyusui minum air kelapa dan khasiatnya. Pada dasarnya, air kelapa adalah minuman berkhasiat untuk ibu menyusui selama dikonsumsi dalam kadar yang wajar.

Meski begitu, ibu juga perlu mengonsumsi sumber nutrisi lainnya untuk mendukung kesehatan tubuh. Untuk itu, jangan ragu mengonsumsi air kelapa saat sedang menyusui dan selalu jaga kesehatan tubuh bersama New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?